Traveling   

7 Destinasi Wisata Menarik di Cimahi


7 Destinasi Wisata Menarik di Cimahi 1

Cimahi, salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Barat memiliki julukan Kota Tentara. Ini karena Kota Cimahi pernah menjadi pusat pelatihan militer selama era kolonial. Namun, sampai sekarang, kamu masih bisa bertemu dengan pusat pelatihan militer di Cimahi.

Tidak hanya itu, di Cimahi kamu bisa menjelajahi destinasi wisata yang menarik. Dengan udara sejuk, panorama yang indah, dan lokasi yang strategis. Berikut ini adalah tempat-tempat wisata di Cimahi dan sekitarnya yang dapat dijadikan referensi wisata.

1. Curug Cimahi

description

Curug Cimahi adalah air terjun tertinggi di Kota Cimahi. Daerah air terjun ini memiliki pemandangan yang indah dan udaranya sangat segar. Tempat wisata seluas sekitar 2 hektar ini cukup terkenal dan memiliki keistimewaan tersendiri.

Ketinggian air terjun ini sendiri sekitar 87 meter dan sebagai salah satu curug tertinggi di provinsi Bandung. Nama air terjun ini sendiri diambil dari Sungai Cimahi yang mengalir dari air terjun. Sungai Cimahi memiliki hulu di Danau Lembang dan mengalir melalui kota Cimahi.

Untuk sampai ke tempat ini, pengunjung dapat menggunakan dua akses. Yang pertama adalah menggunakan jalur Cimahi melalui jalur Cihanjuang dan Parongpong. Jalur kedua dapat dicapai dari Lembang Bandung. Jika melalui kota Cimahi, kamu bisa menuju jalan Kolonel Matsuri dekat alun-alun Cimahi. Di ujung jalan akan membawa pengunjung ke Cihanjuang dan juga Parongpong. Langsung ke utara ke daerah Lembang.

Jika lewat Bandung, kamu bisa pergi ke pusat kota Bandung dan kemudian mengendarai kendaraan melalui Lembang dan ke Jalan Sersan Bajuri. Kedua rute jalan ini akan dapat saling bertemu. Jangan khawatir karena rutenya halus dan beraspal.

 

2. Alam Wisata Cimahi

description

Alam Wisata Cimahi juga dikenal dengan AWC, menawarkan wisata yang merupakan perpaduan antara pemandangan alam yang indah dengan arena yang mengasyikkan dan menyenangkan. Alam Wisata Cimahi didirikan oleh CV Tanu Anugrah Garden yang menjadi wujud keinginan pengusaha untuk mengembangkan potensi pariwisata di bidang pertanian, perkebunan dan kuliner. Keinginan tersebut didasarkan pada potensi kota Cimahi yang berkualitas dan memiliki potensi besar di dunia pariwisata.

Baca juga  Tips Traveling Santai Tanpa Mikirin Kerjaan!

Alam Wisata Cimahi diresmikan pada 18 Oktober 2009. Pelantikan dilakukan oleh walikota Cimahi pada waktu itu yaitu Ir. H. Itoch Tochija. Memang, ketika diresmikan fokus dari tempat wisata ini adalah kuliner tetapi seiring dengan perkembangan, berbagai fasilitas juga muncul. Beberapa permainan yang ada adalah rocking bridge dan flying fox. Fasilitas lainnya termasuk kolam renang, kolam pemancingan, hingga restoran dan tempat makan dengan menu yang beragam.

Tempat ini cocok untuk dijadikan tempat wisata bersama keluarga, terutama dengan anak-anak. Udara segar dan pemandangan hijau cocok bagi kamu yang ingin mencari kedamaian jauh dari hiruk pikuk keramaian.

 

3. Wisata Petik Strawberry

description

Bagi kamu yang suka buah strawberry jangan lupa mampir dan kunjungi tempat wisata yang satu ini. Itu karena semua barang yang berbau seperti strawberry ada di sini. Sesampainya di objek wisata yang terletak di Jalan Cihaunjang Km 2, kamu bisa merasakan pengalaman memetik strawberry yang menarik.

Selain itu, lokasinya sangat cocok untuk tempat santai dan menyegarkan mata kembali. Di sini suasananya begitu segar dengan area bermain untuk anak-anak. Sebelum pulang, kamu bisa berbelanja berbagai pernak-pernik strawberry sebagai oleh-oleh.

Dapat dikatakan bahwa adanya tempat wisata di sini adalah karena harga tiketnya yang murah. Setelah membayar tiket, pengunjung yang datang ke sini bisa mendapatkan satu gelas strawberry secara gratis sebagai ucapan selamat datang. Memang lokasi tur di sini tidak luas, tetapi mengesankan.

Bagi yang membawa anak, kamu bisa membawa anakmu ke rumah koboi. Anakmu bisa naik kuda seperti koboi. Selain strawberry, bagi yang ingin berwisata kuliner juga bisa berada di sini dengan mencicipi tahu gejrot, colenak, pisang penyet dan masih banyak lagi.

 

4. Desa Cireundeu

description

Desa yang lokasinya di Cimahi Selatan ini masih menganut adat-istiadat leluhurnya. Kehidupan orang-orang di sini unik karena makanan pokok mereka bukan nasi, tetapi singkong. Nah, di sini kamu bisa melihat peninggalan sejarah, keindahan alam, adat istiadat yang semuanya pasti menarik perhatian pengunjung atau wisatawan. Nama desa ini berasal dari Pohon Reundeu.

Baca juga  5 Tips Untuk Kamu Yang Ingin Solo Traveling Tetap Asik Walaupun Sendirian

Dulunya desa ini ditumbuhi pohon reundeu sehingga disebut Desa Cireundeu. Lokasi desa ini berada di Desa Leuwigajah, Kabupaten Cimahi Selatan. Di desa ini tidak dihuni oleh banyak orang seperti desa umum lainnya. Desa Cireundeu hanya dihuni oleh 50 keluarga dan setidaknya ada 800 orang di desa ini.

Mata pencaharian orang-orang yang tinggal di sini adalah membudidayakan singkong. Penduduk di sini konsisten dalam menegakkan apa yang mereka yakini dan mereka suka melestarikan budaya sampai sekarang. Kepercayaan yang dipegang teguh oleh masyarakat desa adat ini adalah Sunda Wiwitan. Seperti halnya nama kampung adat, orang-orang yang tinggal di sini melestarikan adat istiadat yang diwariskan oleh nenek moyang mereka.

 

5. Air Terjun Malela

description

Resor berikutnya adalah Curug Malela. Curug ini tingginya antara 60 hingga 70 meter dan memiliki lebar sekitar 50 meter. Dengan hulu berasal dari bagian utara Gunung Kendeng, kemudian mengalir dari aliran Sungai Cidadap, dan bermuara ke Cisokan.

Aliran airnya begitu deras, terkadang kamu juga bisa melihat monyet berekor panjang minum di dasar Air Terjun Malela. Curug Malela termasuk dalam serangkaian air terjun sepanjang 1 kilometer. Yang jika disortir dari atas adalah Curug Malela, Katumiri, Manglid, Ngebul, Sumpel, Palisir, dengan Curug Pamengpeuk. Semua berada di Desa Cicadas, Bandung Barat.

Air terjun ini sangat indah karena terdiri dari beberapa aliran air terjun di bawahnya. Begitu indah, banyak yang mengatakan bahwa curug ini adalah Niagara Falls mini. Meski cantik, untuk mencapai tempat wisata yang satu ini cukup melelahkan sehingga dibutuhkan fisik dan persiapan makanan atau minuman yang lengkap.

Kalau mau datang ke air terjun ini sebaiknya jangan saat hujan, karena akses jalannya tidak bagus dan memadai. Ketika jalan akses utama licin dan juga becek membuat sulit bagi pengunjung yang datang ke sana.

Baca juga  7 Tips Untuk Kalian Yang Hobinya Liburan

 

6. Kampung Gajah

description

Wah, pasti kita bisa melihat banyak gajah, di sini! Salah, Kampung Gajah hanyalah nama. Di dalamnya berisi berbagai wahana permainan tidak hanya untuk anak-anak tetapi untuk keluarga. Tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang ingin berlibur bersama keluarga.

Bagi yang ingin bermain air pun bisa berada di tempat ini. Kampung Gajah sangat mengasyikkan untuk dijadikan tujuan wisata, sehingga bagi kamu yang datang ke Cimahi Bandung jangan lupa meluangkan waktu untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Berbagai macam fasilitas yang ada di Kampung Gajah sangat lengkap. Biaya masuk dihargai Rp 10.000 (Senin-Kamis) dan Rp 20.000 (Jumat-Minggu). Tiket di Kampung Gajah bervariasi, ada tiket reguler, tiket terusan dan ada juga tiket atraksi. Objek wisata di sini bervariasi tergantung pada jenis daya tariknya masing-masing.

 

7. Taman Wisata Paku Haji

description

Tujuan selanjutnya adalah Taman Wisata Paku Haji yang terletak di Jalan Haji Ghofur. Tempat ini menawarkan pengalaman berkuda, rintangan, hingga permainan ATV. Selain itu, kamu dapat melihat berbagai satwa di kebun binatang dan ada juga kolam renang.

Untuk mencapai lokasi wisata ini harus melewati jalan-jalan ekstrem, tetapi semuanya akan terbayar ketika kamu melihat hamparan hijau yang mendinginkan mata setibanya di Taman Paku Haji yang luasnya sekitar 10 hektar.

Lokasi yang sangat strategis akan membuat situs wisata Paku Haji sering dikunjungi oleh wisatawan. Selama akhir pekan atau ketika musim liburan tiba, tur ini selalu dikunjungi oleh wisatawan dari dalam atau dari luar daerah.

Fasilitas wisata yang ada di tempat ini cukup lumayan, bahkan tempat wisata ini sangat strategis dengan tempat wisata lainnya seperti wisata kota Lembang dan juga pasar terapung Lembang. Pengunjung yang datang ke sini dapat mencoba berbagai kegiatan wisata seperti menunggang kuda dan juga naik ATV.

Itulah beberapa tempat menarik di Cimahi untuk dikunjungi. Jangan lupa membawa persediaan seperti obat-obatan kapan pun diperlukan.

7 Destinasi Wisata Menarik di Cimahi 3


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments