Traveling   

7 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Tampaksiring, Bali


7 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Tampaksiring, Bali 1

Ada banyak hal yang dapat dilakukan di Gianyar, Bali. Jika kamu ingin menjelajahi daerah lain di sekitar Ubud untuk menemukan kedamaian, maka Tampaksiring adalah jawabannya. Terletak di Kabupaten Gianyar, kabupaten yang sama dengan Ubud, Kecamatan Tampaksiring sebenarnya cukup dekat dari Ubud. Ini adalah rumah bagi perjalanan spiritual dan menyenangkan serta penjelajahan kuliner lokal.

Jika kamu suka memiliki liburan yang menyenangkan di mana kamu mencoba untuk menghargai kehidupan dan lebih terhubung dengan alam maupun roh suci, maka cobalah 7 hal menyenangkan ini untuk dilakukan di Tampaksiring ke dalam daftarmu.

Mengunjungi Pura Air Tirta Empul

7 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Tampaksiring, Bali 3

Cobalah menuju ke utara Ubud selama 30 menit. Kamu akan menemukan Tirta Empul, sebuah kuil musim semi suci yang sangat dihormati oleh orang Bali karena merupakan tempat untuk melakukan ritual mandi pembersihan dan pemurnian. Sayangnya, ritual mandi suci hanya untuk para penyembah. Tapi tetap saja, kamu dapat menikmati untuk menjelajahi kompleks dan menyaksikan sendiri bagaimana ritual dilakukan.

Kuil ini dibangun sekitar abad ke 10 Masehi selama Dinasti Warmadewa dan air di pemandian pemurnian berasal dari mata air di sebelah pemandian. Untuk memasuki kuil, kamu diharuskan mengenakan sarung atau kamen yang menutupi lututmu sebagai salah satu etika saat mengunjungi kuil di Bali.

Kamu tidak perlu khawatir jika tidak memilikinya karena kamu dapat menyewanya di pintu masuk kuil. Kamu juga dapat menyewa pemandu lokal yang akan membantu menjelaskan ritual untukmu. Tirta Empul buka setiap hari pada jam 9 pagi sampai 5 sore. Biasanya ramai pada hari-hari besar upacara Hindu.

 

Melihat Arsitektur Kuil

7 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Tampaksiring, Bali 4

Ada hal-hal yang dapat dilakukan di Pura Bali, termasuk Pura Tirta Empul. Saat menjelajahi kuil, kamu dapat melihat arsitektur tradisional yang megah dari Kuil Tirta Empul kuno ini. Selain kolam, mata air, dan pemandian, ada juga beberapa area sholat di mana orang Hindu Bali berdoa setelah melakukan ritual pemurnian.

Baca juga  4 Tempat Angker Di Yogyakarta. Jangan Kesini

Arsitekturnya sebagian besar melibatkan penggunaan batu alam dan ukiran klasik Bali. Selama eksplorasi, kamu akan melihat bahwa area kuil Hindu Bali biasanya dibagi menjadi tiga bagian: Jaba Pura atau halaman depan, Jaba Tengah atau halaman tengah, dan Jeroan atau halaman dalam di mana orang Hindu Bali berdoa.

Kamu juga akan melihat bahwa di sebuah bukit yang menghadap ke kuil, berdiri sebuah vila modern dan dikelola secara baik dengan ratusan tangga untuk pergi ke sana. Itu dibangun untuk presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno pada tahun 1954. Sayangnya, turis, termasuk penduduk setempat, tidak diizinkan memasuki istana itu.

 

Belanja Oleh-oleh dan Sarung

7 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Tampaksiring, Bali 5

Setelah menyaksikan ritual pemurnian dan melihat arsitektur Tirta Empul yang tradisional namun megah, kamu dapat berbelanja oleh-oleh dan sarung di luar kuil. Ada deretan panjang toko-toko yang menjual barang-barang ini di sana yang dibuat secara lokal oleh pengrajin tangan Bali. Ada juga barang-barang kayu yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh.

Dengan membeli produk, kamu telah mendukung bisnis lokal di Bali untuk terus berjalan dan bernafas. Ingatlah untuk mencoba tawar-menawar jika kamu merasa barang tersebut terlalu mahal. Para penjual biasanya terbuka untuk penawaran dan itu bahkan merupakan salah satu ciri khas ketika membeli oleh-oleh di pasar tradisional Bali.

 

Mengunjungi Pura Gunung Kawi

7 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Tampaksiring, Bali 6

Kuil Gunung Kawi adalah kuil kuno lain di Tampaksiring yang dibangun sekitar abad ke-11. Kebo Iwa, diyakini sebagai dewa yang membangun kuil dalam satu malam. Kuil ini dikelilingi oleh tanaman hijau subur dan sungai yang memberikan suasana menyenangkan serta damai karena suara aliran sungai dapat didengar dari kuil.

Baca juga  6 Tempat Menyelam Terbaik di Kepulauan Sulawesi

Jika ingin menjelajahi tempat damai lain di dekat Tampaksiring dan Ubud, maka kamu dapat mengunjungi Goa Gajah. Ini adalah gua dan kuil kuno yang ditandai dengan wajah-wajah mengancam yang diukir di batu. Lihatlah hal-hal yang dapat dikunjungi di Goa Gajah ini untuk mengatur rencana perjalanan wisatamu.

 

Minum Seteguk Kopi di Perkebunan Kopi Segara Windhu

7 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Tampaksiring, Bali 7

Ketika kamu memesan tur ke Tampaksiring, mengunjungi Perkebunan Kopi Segara Windhu biasanya disertakan juga sebagai tambahan. Di perkebunan kopi ini, kamu dapat melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk dilakukan karena kamu akan diperkenalkan dengan proses penanaman pohon kopi dan dilengkapi dengan demo tentang bagaimana kopi dibuat serta cara menyeduhnya.

Kamu juga dapat mempelajari bagaimana kopi luwak, kopi terkemuka dan mewah dari Indonesia dibuat. Plus, kamu bisa berjalan di sekitar tanaman dan hewan di perkebunan kopi ini. Kamu akan memiliki panduan yang menjelaskan semua yang kamu butuhkan dan mungkin ingin tahu tentang kopi.

Selain itu, kamu dapat menyeruput kopi gratis dari piring yang terdiri dari 14 kopi dan teh dengan rasa yang berbeda. Lingkungan sekitar perkebunan kopi sepi dan menenangkan, sehingga menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati kopimu serta mengingat perjalanan spiritual dan menyenangkan yang telah kamu alami di Tampaksiring, Bali.

Perkebunan kopi ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga 5 sore, jadi pastikan kamu mengatur rencana perjalanan wisatamu agar memiliki waktu untuk mengunjungi perkebunan ini, terutama jika kamu adalah penggemar kopi.

 

Mengunjungi Museum Seni Jero Bang Pinatih

7 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Tampaksiring, Bali 8

Jika ingin melihat lebih dalam tentang kehidupan orang Hindu Bali, maka kamu dapat mengunjungi Museum Seni Jero Bang Pinatih di Tampaksiring. Ini adalah tempat di mana kamu dapat melihat dan menikmati bangunan lengkap rumah Bali yang terdiri dari empat bangunan utama yang disebut bale dangin di timur, bale daja di utara, bale dauh di barat, bale delod di selatan, plus sebuah dapur bernama paon yang biasanya dibangun di dekat bale delod.

Baca juga  7 Pantai Eksotis di Cilacap yang Wajib Kamu Kunjungi

Rumah Bali dibangun dengan mengikuti kepercayaan tradisional yang berasal dari kepercayaan agama Bali, yang disebut Asta Kosala Kosali. Selain bangunan-bangunan yang biasa digunakan sebagai hunian, kamu juga bisa melihat kuil keluarga orang Bali di mana sebuah keluarga biasanya berdoa. Setiap keluarga orang Bali biasanya memiliki kuil di rumah mereka yang umumnya dibangun di sisi timur laut rumah.

 

Mencoba Masakan Lokal Bali

7 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Tampaksiring, Bali 9

Selain perjalanan spiritual, Tampaksiring juga memiliki berbagai pilihan tempat makanan lokal yang disebut warung di mana kamu dapat menikmati mencicipi makanan lokal yang lezat di Bali. Kamu dapat mencoba lawar, pesan, sate lilit, babi guling, dan banyak lagi. Orang Bali diperbolehkan makan daging babi, jadi sebagian besar makanan lokal dibuat dari daging babi atau ayam.

Jika kamu tidak bisa makan daging babi, selalu ada pilihan makanan halal di Bali atau makanan vegan, jadi tidak perlu khawatir karena pulau ini dilengkapi dengan semua akomodasi yang kamu butuhkan, termasuk makanan.

Seperti yang kamu lihat, Kecamatan kecil Tampaksiring bukanlah tempat yang tepat bagi mereka yang suka mengadakan pesta dan menikmati kehidupan malam di Bali. Sebaliknya, ini adalah tempat yang bagus untuk orang-orang yang mendambakan pengalaman damai dan menyenangkan yang ditawarkan oleh tradisi, budaya, dan sifat Bali.

Wilayah Tampaksiring cukup kecil, sehingga kamu dapat benar-benar melakukan semua hal dalam daftar selama 1 hingga 2 hari. Ingatlah untuk memesan hotel di sekitar Tampaksiring atau Ubud dan siapkan semua yang kamu butuhkan.

7 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Tampaksiring, Bali 10

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado