Traveling   

7 Tempat Aneh yang Mungkin Bisa Jadi Wisata Terakhirmu


7 Tempat Aneh yang Mungkin Bisa Jadi Wisata Terakhirmu 1

Sebagian besar orang ingin melihat situs-situs utama seperti Patung Liberty, Menara Eiffel, atau Piramida. Tapi mungkin kamu ingin sedikit berbeda. Mungkin kamu ingin jauh berbeda. Atau mungkin kamu ingin pergi ke tempat-tempat yang begitu aneh, terisolasi, atau menakutkan sehingga sulit untuk mendefinisikannya sebagai aneh.

Nah, berikut ini adalah tempat yang cocok untukmu! Bahkan mungkin bisa menjadi perjalanan terakhirmu.

Ilha da Queimada Grande

7 Tempat Aneh yang Mungkin Bisa Jadi Wisata Terakhirmu 3

Pernahkah kamu berjalan di pulau di mana benar-benar tidak pernah bisa pergi lebih dari selangkah dari ular berbisa yang mematikan? Ilha da Queimada Grande, atau “Pulau Ular” adalah tempat yang cocok untukmu!

Pulau yang terletak sekitar 20 mil di lepas pantai Brasil ini adalah titik pemberhentian yang populer untuk migrasi burung. Bagi banyak dari burung-burung tersebut, ini juga perhentian terakhir karena Pulau kecil itu adalah tempat hidup bersama Golden Lancehead, seekor ular dengan racun yang mulai melarutkan daging korbannya yang terkena dampak beberapa saat setelah disuntikkan. Ketika racun dengan cepat memasuki sistem sirkulasi, ia mulai melarutkan bagian lain dari organ dalam korbannya. Dengan kata lain, ia mulai mencerna mangsanya sebelum benar-benar menelannya.

Legenda lokal menyatakan bahwa ada hingga 5 ular per meter persegi, atau sekitar sepuluh kaki persegi. Untungnya, sensus ilmiah memperkirakan bahwa jumlahnya tidak lebih dari 1 per meter persegi.

Pemerintah Brasil telah dengan bijak menentukan bahwa ini bukan tempat yang harus dikunjungi sehingga hanya ekspedisi ilmiah yang terlindungi dengan baik yang diizinkan. Jadi, jika ingin pergi ke sini, kamu harus melakukannya secara ilegal.

Bir Tawil

7 Tempat Aneh yang Mungkin Bisa Jadi Wisata Terakhirmu 4

Pernahkah kamu ingin pergi ke daerah yang tidak berpenghuni tanpa pembangunan dan sumber daya yang bahkan tidak ada yang mengklaimnya? Maka, Bir Tawil adalah tempat untukmu!

Bir Tawil adalah bagian dari Sahara antara Mesir dan Sudan yang merupakan bagian dari kesalahan survei sekitar 100 tahun yang lalu. Satu sisi meletakkan tanah di Mesir, yang lain di Sudan. Tetapi tidak seperti konflik lainnya dalam sejarah, kedua belah pihak tidak pernah berdebat tentang siapa yang memilikinya, melainkan siapa yang harus mengambilnya, menjadikannya anak tiri wilayah geografis.

Tanpa penduduk, tanpa infrastruktur, dan tanpa sumber daya, wilayah seluas 800 mil persegi ini adalah satu-satunya daratan di Bumi, selain Antartika, yang tidak diklaim oleh negara mana pun.

Baca juga  6 Destinasi Wisata Asyik di Karawang, Cobain Yuk!

Kijong Dong

7 Tempat Aneh yang Mungkin Bisa Jadi Wisata Terakhirmu 5

Apakah selalu menjadi impianmu untuk mengunjungi desa di mana bangunannya hanyalah kerangka kosong yang tidak memiliki perabotan atau interior? Sebuah desa yang “dihuni” oleh tentara dan warga yang tampaknya muncul secara bergiliran? Maka, Kijong Dong adalah tempat untukmu!

Kijong Dong dikenal sebagai desa propaganda Korea Utara. Tempat ini adalah satu-satunya pemukiman mereka di dalam Zona Demiliterisasi dan satu-satunya penyelesaian di Korea Utara yang terlihat dari Korea Selatan.

Berbeda dengan struktur menjemukan dan suram yang membentuk bagian lain negara, Kijong Dong dibangun dengan arsitektur yang sangat estetis. Hotel ini juga dikelilingi oleh ladang subur yang sedang digarap dengan riang oleh penghuni yang tampak bahagia.

Tempat itu dibangun tak lama setelah gencatan senjata yang mengakhiri Perang Korea sebagai propaganda untuk meyakinkan Korea Selatan untuk membelot ke utara. Ini menunjukkan standar hidup jauh di atas di mana saja di Semenanjung Korea pada saat itu karena selatan juga merupakan negara yang sangat primitif.

Cukup melihat desa dengan teropong akan mengungkapkan bahwa bangunan tidak memiliki jendela, tidak ada interior, dan listrik tampaknya menyala pada waktu yang seragam. Desa ini juga memiliki kehadiran militer yang konstan dan ladang tampaknya hanya dikerjakan oleh para aktor beserta warga negara setia lainnya yang jelas-jelas menunjukkan kinerja.

Jadi jika kamu ingin melihat seperti apa sebenarnya kehidupan di Korea Utara, maka menyelinap melintasi perbatasan dan kunjungilah Kijong Dong.

Kota Hantu Cina

7 Tempat Aneh yang Mungkin Bisa Jadi Wisata Terakhirmu 6

Apakah selalu menjadi impianmu untuk mengunjungi kota baru dengan teater mewah, pusat perbelanjaan, dan restoran? Lebih baik lagi, apakah selalu menjadi impianmu untuk memiliki tempat yang hampir seluruhnya kosong?

Maka, salah satu dari beberapa kota hantu di Cina adalah tempat yang cocok untukmu. Bukan rahasia lagi bahwa ekonomi Cina telah berkembang dalam 20 tahun terakhir karena beralih dari negara komunis sederhana menjadi masyarakat industri kapitalis.

Ketika negara-negara maju lainnya bertransisi dari masyarakat pertanian ke industri, populasi biasanya bertransisi dari pedesaan ke perkotaan. Akibatnya, kota-kota besar dibangun di sekitar kawasan industri.

Cina mengambil pendekatan yang berlawanan dengan membangun kota-kota yang indah dengan harapan bahwa pusat industri dan keuangan akan mengikuti. Akibatnya ada beberapa lokasi dengan perumahan yang indah dan layanan mewah tersedia untuk jutaan orang, tetapi saat ini dihuni oleh sebagian kecil dari jumlah itu.

Baca juga  Belajar sambil Rekreasi di Berbagai Tempat Wisata Pendidikan di Indonesia

Tidak perlu dikatakan bahwa ini adalah investasi yang sangat beresiko. Menyebutnya kota hantu juga sedikit keliru karena kota hantu biasanya dikaitkan dengan tempat yang dulunya hebat yang ekonominya runtuh dan ditinggalkan oleh warganya, tidak meninggalkan apa pun kecuali hantu di masa lalu. Apa yang kita miliki di Cina adalah bayangan, atau tempat yang bagus untuk merekam film zombie.

Jadi pergilah ke sana dan suatu hari kamu mungkin akan memberitahu orang-orang bahwa kamu ingat ketika tidak ada orang di sana.

Mulut Sungai Catatumbo

7 Tempat Aneh yang Mungkin Bisa Jadi Wisata Terakhirmu 7

Pernahkah kamu ingin mengunjungi tempat di mana setiap tahun ada badai petir sepanjang malam?

Mulut sungai Catatumbo di sepanjang Danau Maracaibo di Venezuela adalah tempat yang cocok untukmu! Ini adalah fenomena yang sangat tidak biasa di mana hampir setiap malam tak lama setelah matahari terbenam di lokasi yang sama terbentuk badai besar dan menghasilkan banyak kilat hingga 10 jam. Ya, fenomena itu terjadi selama 200 malam setahun.

Yang aneh adalah bahwa tidak ada penjelasan yang jelas mengapa tempat ini sangat terpengaruh. Mulut sungai adalah rawa yang mungkin memiliki tingkat metana yang luar biasa tinggi. Mulut sungai dikelilingi di tiga sisi oleh gunung sehingga udara mudah terjebak memungkinkan untuk debit statis. Tetapi ada banyak situs lain di Bumi yang dapat membuat fenomena serupa. Jadi mengapa sesuatu yang sangat kejam, tetapi sangat indah, terjadi di sini pada frekuensi yang mengkhawatirkan tidak diketahui. Tak perlu dikatakan banyak mitos dan legenda berlimpah tentang fenomena tersebut.

Tempat ini juga menjadi tempat yang cukup populer untuk dikunjungi karena pertunjukannya spektakuler dan hanya bisa dinikmati dari kejauhan.

Miyakejima

7 Tempat Aneh yang Mungkin Bisa Jadi Wisata Terakhirmu 8

Pernahkah kamu ingin pergi ke pulau vulkanik yang dibanjiri belerang sehingga penduduk harus membawa masker gas setiap saat?

Maka, Miyakejima di Kepulauan Izu adalah tempat yang cocok untukmu! Kepulauan Izu adalah serangkaian gunung berapi yang membentang ke selatan dari Pulau utama Jepang. Karena pulau-pulau itu vulkanik, mereka terkadang mengalami letusan gunung berapi.

Ledakan dan muntahan lava telah mengakibatkan banyak kematian dan evakuasi. Ini juga berarti memiliki tingkat emisi berbahaya sulfur dioksida. Dosis kecil sulfur dioksida tidak berbahaya, dosis yang lebih besar dapat menyebabkan kerusakan paru-paru dan jaringan permanen. Dosis yang diterima penduduk Miyakejima secara rutin berakibat fatal, oleh karena itu wajib bagi semua penduduk untuk membawa masker gas setiap saat. Tentunya itu hanya tindakan pencegahan, bukan? Bagaimanapun, kita semua memiliki detektor asap tetapi jarang menggunakannya.

Baca juga  7 Tempat Bersejarah di Surabaya yang Cocok Buat Liburan

Banyak bagian pulau tidak dapat dikunjungi tanpa masker, dan banyak penduduk memakainya setiap kali tidur atau ketika tidak ada alasan bagus untuk tidak memakainya. Kamu akan senang mengetahui bahwa wisatawan lain memang mengunjungi pulau-pulau dan disediakan masker sekali pakai. Ketahuilah bahwa foto selfie-mu tidak akan terlalu luar biasa karena kamu akan terlihat seperti orang lain.

Chimborazo

7 Tempat Aneh yang Mungkin Bisa Jadi Wisata Terakhirmu 9

Apakah selalu menjadi impianmu untuk berada sejauh mungkin dari pusat bumi? Maka, Chimborazo adalah tempat yang cocok untukmu! Puncak 20.564 kaki di Ekuador ini memiliki perbedaan menjadi titik terjauh dari pusat bumi. Sekarang bagaimana mungkin jika Gunung Everest lebih dari 8000 kaki lebih tinggi? Bukankah ada gunung lain di pegunungan Andes yang lebih tinggi?

Ya, tetapi perhatikan bahwa itu terletak di Ekuador. Sebuah negara yang namanya sangat dekat dengan garis khatulistiwa. Itu karena garis khatulistiwa berada di tengah-tengah negara. Sesuai dengan bentuk Chimborazo, hanya berjarak 1° Lintang Selatan. Bumi tidak bulat sempurna, lebih berbentuk bujur dan tonjolan di dekat khatulistiwa.

Gunung Everest hampir tidak dekat dengan kutub. Bahkan hanya di 27° Lintang Utara yang membuatnya lebih dekat ke garis khatulistiwa daripada kutub. Tetapi setiap derajat utara membuat perbedaan beberapa ratus kaki dari pusat bumi sehingga permukaan laut pada garis lintang itu sekitar 10.000 kaki lebih dekat ke pusat daripada di khatulistiwa. Itu cukup untuk memberi Chimborazo keuntungan 2.000 kaki dalam mengklaim gelar unik.

Meskipun kita mengaitkan suhu hangat dengan lebih dekat ke garis khatulistiwa, tidak ada yang tingginya 20.000 kaki. Chimborazo secara permanen ditutupi oleh paket es tebal di gletser dan hanya pendaki paling berpengalaman yang cocok untuk pergi ke sana.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk berkunjung ke berbagai tempat tersebut?

7 Tempat Aneh yang Mungkin Bisa Jadi Wisata Terakhirmu 10


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments