Traveling   

7 Tempat Wisata Di Rangkasbitung Yang Keren Abis


7 Tempat Wisata Di Rangkasbitung Yang Keren Abis 1

Berlibur bersama keluarga merupakan pilihan yang tepat untuk mengisi waktu liburan, sudah banyak tempat wisata keluarga yang tersebar diberbagai kota. Setiap rekomendasi wisata mungkin kita lebih sering mendengar kota-kota besar seperti Bandung, Jogja, Surabaya, dan lain sebagainya. Namun pernahkah kamu berkunjung serta berlibur ke rangkasbitung?

Bagi kamu yang belum tau, Rangkasbitung merupakan sebuah kota yang terletak di Lebak, Banten. Terdapat banyak surga dunia yang tersembunyi dan jarang dikunjungi oleh wisatawan dari luar kota. Rangkasbitung terkenal dengan tempat wisatanya yang keren namun tidak banyak yang tahu, seperti wisata keluarga, wisata alam, wisata kuliner, dan wisata edukasi. Berikut tempat wisata di Rangkasbitung yang wajib dikunjungi.

Alun – Alun Rangkasbitung

7 Tempat Wisata Di Rangkasbitung Yang Keren Abis 3

Tempat pertama yang bisa kamu temui dirangkas tentu saja Alun-alun rangkasbitung, sesampainya di stasiun Rangkasbitung kamu hanya perlu berjalan sedikit untuk sampai ke Alun-alun rangkasbitung. Tempat ini cocok untukmu yang sekedar ingin bersantai bersama keluarga, biasanya Alun-alun Rangkasbitung ramai dikunjungi masyarakat setempat, namun tidak jarang juga ada wisatawan dari luar kota yang turut meramaikan suasana di Alun-alun Rangkasbitung.

Tepat disamping alun-alun Rangkasbitung terdapat sebuah masjid bernama Masjid Agung Al-A’raf yang berdiri megah dan indah. Masjid yang dibangun pada tahun 1932 tersebut mampu menampung jama’an sebanyak 2.500 jama’ah. Terdiri dari dua lantai dengan ruangan yang sangat luas, lantai dasar digunakan sebagai perkantoran Departemen Agama Kab. Lebak, dan kantor kepengerusan masjid.

Saat malam tiba, alun-alun rangkasbitung akan dipenuhi oleh pengunjung serta pedagang yang tersebar diberbagai titik. Selain itu, terdapat wahana permainan untuk anak kecil seperti mobil mini, odong-odong, dan lain sebagainya. Alun-alun Rangkasbitung terletak di Muara Ciujung Tim., Kec. Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten 42312.

Baca juga  Nikmati Surga Tropis 4 Tempat Wisata di Maluku Utara

 

Gua Maria Bukit Kanada

7 Tempat Wisata Di Rangkasbitung Yang Keren Abis 4
Katolikpedia.id

Berbeda dengan alun-alun yang terletak dipusat kota Rangkasbitung, sedangkan Gua Maria Bukit Kanada terletak jauh dari pusat keramaian kota, lebih tepatnya di Jatimulya, Kec. Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten 42315. Kamu bisa menemukan objek wisata religi ini tepat dibelakang kampus Akademi Keperawatan (Akper) Yatna Yuana.

Kata “Kanada” dinama Gua Maria Bukit Kanada tidaklah berhubungan dengan suatu negara, melainkan kata tersebut merupakan suatu singkatan yang artinya Kampung Narimbang Dalam. Saat berkunjung kesana, tidak jarang kamu akan menemukan umat Katholik yang sedang beribadah.

 

Museum Multatuli Lebak

7 Tempat Wisata Di Rangkasbitung Yang Keren Abis 5
Bappeda.bantenprov.go.id

Selain wisata keluarga dan wisata religi, kamu juga bisa menemukan wisata edukasi di Rangkasbitung, salah satunya Museum Multatuli Lebak. Museum tersebut belum lama diresmikan oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya serta Direktur Jendral Kebudayaan Hilmar Farid, tepatnya pada tanggal 11 Februari 2018. Lokasinya sangat berdekatan dengan Alun-alun Rangkasbitung sehingga kamu dapat mengunjugi dua tempat sekaligus ketika berkunjung ke Rangkasbitung.

Menariknya tempat yang dijadikan Museum Multatuli merupakan sebuah bangunan kuno yang dibangun sekitar 1923. Awalnya bangunan tersebut berfungsi sebagai kantor serta kediaman wedana lebak, sebelum dibangun Museum Multatuli Lebak. Terdapat banyak benda bersejarah yang disimpan di museum tersebut, salah satunya dua surat penting yakni Surat Soekarno untuk sahabatnya Samuel Koperberg, dan surat Eduart Douwes Dekker untuk Raja William III.

Selain benda-benda bersejarah, disini kamu bisa menemukan Patung Multatuli, Saidjah, dan Adinda yang dipahat oleh Dolorosa Sinaga. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan patung yang ada disana seperti berfoto, duduk bersama patung, dan lain sebagainya.

Baca juga  Sapi Bisa Dibawa Oleh Wisatawan Yang Datang Sebagai Oleh-oleh ?

 

Balong Ranca Lentah

7 Tempat Wisata Di Rangkasbitung Yang Keren Abis 6
Bantenhits.com

Balong Ranca Lentah merupakan bendungan yang terletak tidak jauh dari alun-alun rangkasbitung, disini terdapat banyak pedagang yang tersebar di sepanjang jalan. Selain pedagang, terdapat juga wahana permainan anak-anak yang turut meramaikan Balon Ranca Lentah.

Saat malam tiba, suasana di Balon Ranca Lentah semakin ramai. Kelap-kelip lampu yang berasal dari pedagang kali lima turut memeriahkan suasana disana, puncak keramaiannya sekitar jam 8 malam dimana Balon Ranca Lentah dipadati oleh pengunjung dari warga lokal maupun luar kota.

Kamu bisa menikmati hidangan kuliner yang ada di Balong Ranca Lentah sambil melihat keindahan bendungan. Semakin malam suasana ramai semakin terasa, tidak sedikit kendaraan yang lalu lalang menyempatkan diri berhenti disalah satu pedagang kaki lima untuk membeli sesuatu.

 

Pantai Karang Bokor

7 Tempat Wisata Di Rangkasbitung Yang Keren Abis 7
Redaksi24.com

Pantai Karang Bokor Sawarna memang tidak terletak di Rangkasbitung, namun satu kabupaten yang letaknya tidak terlalu jauh dengan kota Rangkasbitung. Meskipun tidak seterkenal tetangganya Pantai Pelaburan Ratu, namun Pantai Karang Bokor memiliki keindahannya tersendiri yang bisa memanjakan matamu.

Daya tarik Pantai Karang Bokor adalah sebuah Jembatan Gantung membentang sepanjang pantai yang menghadap langsung ke laut lepas. Keindahan Pantai Karang Bokor ditambah dengan tebing-tebing yang berada disekitar pantai, membuat pantai ini seperti surga dunia yang tersembunyi.

Nama Karang Bokor sendiri diambil dari salah satu karang yang terdapat disekitar pantai, bentuk karang tersebut mirip seperti bokor atau periuk yang terbuat dari logam dengan bentuk cekung. Selain menikmati keindahan, pengunjung dapat melakukan aktifitas memancing yang tentu saja tangkapannya berupa ikan laut seperti ikan tuna, ikan kerapu, dan ikan kuwe.

 

Pantai Ciantir

7 Tempat Wisata Di Rangkasbitung Yang Keren Abis 8
banten.travel

Jika sebelumnya terdapat pantai yang dipenuhi oleh tebing-tebing tinggi, sekarang ada pantai yang keindahannya tidak kalah dengah pantai lainnya. Sebagai negara kepulauan, tentu Indonesia memiliki banyak pantai yang tersebar diseluruh kabupaten di Indonesia. Dari sekian banyak pantai itu, kamu wajib berkunjung ke Pantai Ciantir yang memiliki keindahan sangat memukau.

Baca juga  Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berlibur ke Taiwan

Dengan hamparan pasir putih yang indah, ditambah dengan pemandangan laut biru yang sangat luas membuat kita betah berlama-lama disini. Jika memang kamu tertarik untuk berlama-lama di Pantai Ciantir, kamu bisa bermalam disini dengan mendirikan tenda. Namun bagi yang tidak suka bermalam di luar, sekitaran pantai terdapat penginapan murah yang bisa kamu datangi dengan berjalan kaki.

Ketika sehabis berenang umumnya kita akan merasa lapar, jangan khawatir karena disini tersedia wisata kuliner yang menyediakan seafood serta hidangan makanan lainnya. Disini juga pengunjung dapat menikmat sunset yang terbenam diantara horizon pantai.

 

Perpustakaan Saidjah Adinda

7 Tempat Wisata Di Rangkasbitung Yang Keren Abis 9
Sapadunia.com

Setelah sebelumnya membahas soal Museum Multatuli yang merupakan salah satu wisata edukasi di Rangkasbitung, Lebak. Tidak lengkap rasanya bila tidak membahas wisata edukasi yang bertetanggaan dengan alun-alun rangkasbitung, yaitu Perpustakaan Saidjah Adinda.

Nama Saidjah Adinda diambil dari salah satu buku karangan Multatuli berjudul Max Havelaar yang menceritakan tentang seorang anak petani bernama Saidjah yang diperlakukan tidak adil oleh kolonial serta bupati setempat. Akhirnya Saidjah pergi ke kota Batavia untuk mencari nafkah agar dapat menikahi pujaan hatinya yaitu Adinda.

Namun sayang tidak lama setelahnya, Adinda pindah dari Rangkasbitung ke Lampung bersama keluarganya. Disana Adina beserta keluarganya harus membayar pajak kepada pemerintah, namun sayangnya mereka tidak dapat membayar pajak. Sehingga Saidjah yang ketika itu menemui Adinda di Lampung ternyata sudah keadaan tidak bernyata, akhirnya Saidjah menghujamkan tubuhnya ke bayonet milik tentara tentara.

7 Tempat Wisata Di Rangkasbitung Yang Keren Abis 10

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !