Traveling   

7 Tips Untuk Kalian Yang Hobinya Liburan


7 Tips Untuk Kalian Yang Hobinya Liburan 1

Apakah kalian senang berlibur ke tempat- tempat tertentu ? atau mungkin punya jadwal khusus untuk setiap liburan kalian di akhir bulan ? salah satu kendala yang kadang sering di hadapi kita saat akan berlibur adalah pengambilan perencanaan yang kurang matang dan segala kebutuhan yang membuatnya semakin ribet.

Tidak jarang kadang seseorang malahan merasa capek duluan sebelum semua rencana perjalanan terlaksanakan. Tapi tahu nggak sih ? beberapa orang kadang punya tips tersendiri untuk menyiasati segala perencanaan liburan mereka. Mulai dari perancanaan yang efektif sampai beberapa alternatif yang pastinya sangat bermanfaat unutk liburan kalian. Berikut beberapa tips yang cukup berguna untuk keperluan liburan kalian.

Mode penyamaran Browser

7 Tips Untuk Kalian Yang Hobinya Liburan 3

Nah ini salah satu cara paling awal untuk kalian yang sedang mempersiapkan liburan. Lantas apa hubungannya dengan mode penyamaran di Browser ? biasanya ada beberapa situs- situ pemesanan tiket, hotel atau penerbangan yang mampu membaca data dari hasil pencarian di Browsermu. Sehingga ketika kita membuka kembali situs tersebut harganya sedikit berubah misalnya jadi lebih mahal.

Istilah ini biasanya di namakan sebagai Dynamic Pricing dimana harga yang awalnya lebih murah bisa berubah menjadi lebih mahal atau ada beberapa kebijakan yang kadang kita sendiri tidak menyadarinya. Mode penyamaran ini cukup disarankan karena memang telah terbukti dan banyak orang mengalami sendiri Dynamic Pricing tersebut. Jika tidak percaya kalian bisa membuktikannya sendiri.

 

Menginap Gratis

7 Tips Untuk Kalian Yang Hobinya Liburan 4

Salah satu situs yang paling terkenal mungkin adalah Couchsurfing. Situs yang sudah ada sejak tahun 2014 ini adalah sebuah situs penyedia penginapan murah dan tidak jarang sesama anggota justru akan saling menggratiskan. selain dengan cara diatas, bergabung dengan komunitas- komunitas traveling dari berbagai daerah juga dapat memberi keuntungan tersendiri untuk bisa mendapatkan penginapan gratis. Tentunya setelah kita membangun hubungan sosial yang dekat dengan para anggota di dalam komunitas. Apalagi jika kita mempunyai satu hobi diluar kegemaran traveling yang bisa mengkoneksikan hubungan sosial kita dengan orang dari berbagai daerah. Itu akan lebih membantu, sebab hubungan sosial yang dekat sudah dibangun sejak awal.

Baca juga  12 Danau Terindah Ini Patut Kamu Kunjungi di Austria

Namun dalam berbagai situasi kita juga wajib berhati- hati, karena tindak kejahatan terkadang tidak pandang bulu. Apalagi jika kalian berlibur di tempat yang jauh dari domisili kalian. Ada baiknya kita tetap waspada dan senantiasa mempersiapkan planning untuk rencana diluar perkiraan.

 

Duplikasi seluruh Dokumen

7 Tips Untuk Kalian Yang Hobinya Liburan 5

Jika kita menginap selama beberapa hari di daerah yang sangat jauh bahkan asing bagi kita. Ada baiknya untuk menduplikat seluruh berkas yang dirasa penting seperti Paspor, KTP atau berkas- berkas lain yang berhubungan dengan sistem perijinan. Kadang situasi tidak terduga bisa saja terjadi seperti kehilangan dompet atau beberapa barang hilang dicuri orang. Lalu dimana kita menyimpan dokumen tersebut ? kita bisa memisahkannya dalam bagian yang lain seperti tas kecil yang memang kita bawa kemanapun atau simpan saja di penginapan. Jika pada saat berjalan- jalan kemudian dompet kita hilang setidaknya masih punya beberapa bukti dari dokumen yang telah kita duplikat sejak awal.

Kegiatan menduplikat ini tidak semata untuk dokumen loh, tetapi bisa dengan uang tunai. Kadang kita harus memisahkan beberapa lembar uang tunai untuk keperluan darurat atau berhemat. Kalian bisa menggunakan bungkus permen karet atau beberapa barang tidak mencolok yang dapat dijadikan tempat penyimpanan uang. Tapi jangan sampai lupa juga telah menyimpan beberapa lembar disana.

 

Baca juga  7 Pantai Eksotis di Cilacap yang Wajib Kamu Kunjungi

Menggulung Pakaian

7 Tips Untuk Kalian Yang Hobinya Liburan 6

Kalau yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui dan dilakukan oleh banyak orang. Mengapa pakaian harus di gulung ? karena hal tersebut akan lebih menghemat tempat dan memberi ruang yang lebih lebar untuk masuknya barang- barang lainnya. Selain itu kalian bisa menggulung beberapa pakaian menjadi satu atau melipatnya dengan cara yang lebih ringkas. Misalnya dengan menggulung bersama t-Shirt dan kaus kaki. Hal ini tentu akan lebih mudah, karena dengan cara memasangkan beberapa pakaian yang diperlukan kita tidak akan merasa sulit untuk menghitung berapa jumlah pakaian yang akan kita bawa.

 

Botol air minum dan Teh Kantung

7 Tips Untuk Kalian Yang Hobinya Liburan 7

Pertama mengapa kita harus membawa botol air minum adalah sebagai sarana penghematan. Hal lainnya adalah untuk mengukur kadar lapar yang kita rasakan sehingga cenderung tidak boros dalam mengeluarkan anggaran konsumsi. Kadang kita hanya merasa haus atau merasa ingin makan saja tanpa benar- benar lapar dan harus makan. Untuk itulah membawa sebotol air mineral itu penting. Jika air di dalam botol habis, jangan langsung dibuang karena siapa tau ada sumber air gratis untuk kita mengisi kembali perbekalan air minum kita

Lalu untuk apa teh kantung ? fungsinya adalah untuk menghilangkan bau sepatu yang menyengat. Dalam setiap liburan, terlalu repot jika harus membawa lebih dari satu pasang sepatu. Alhasil kita cukup membawa satu buah untuk keperluan tertentu. Nah disini Teh kantung dapat diandalkan, saat sepatu sedang tidak dipakai kalian bisa memasukan masing- masing satu buah kedalamnya untuk menghilangkan bau. Selain itu salah satu kemampuan teh adalah menyerap kelembapan dan ini juga bisa bermanfaat untuk menjaga beberapa barang elektronik yang kalian bawa contohnya kamera yang memang rentan terhadap kelembapan dan suhu.

 

Travel Plan

7 Tips Untuk Kalian Yang Hobinya Liburan 8

Kalau kalian adalah orang yang patuh terhadap jadwal apapun, kalian bisa membuat travel plan. Sebab biasanya waktu yang diperkirakan tidak akan pernah sesuai dengan kondisi sebenarnya. Tetapi jika kalian membuat sebuah travel plan, efektifitas waktu akan lebih terlihat dan dapat diatasi. Apalagi jika kalian seorang pengusaha yang sibuk dan hanya mendapat sedikit jadwal longgar di akhir pekan. Selain itu kegunaan catatan ini adalah untuk memilah prioritas tempat liburan mana yang harus dikunjungi terlebih dahulu atau dikurangi saat jadwal tidak sesuai karena banyaknya kendala.

Baca juga  8 Tips yang Perlu Diingat untuk Menghindari Sakit Saat Kamu Bepergian

Travel plan ini juga berisi tentang banyak hal seputar keperluanmu dalam berlibur. Imbasnya rencana liburan tidak akan serumit sebelumnya, karena telah diatur sedemikian rupa. Mulai dari jadwal, keperluan barang, destinasi bahkan kita pun sudah mencatat siapa saja yang harus diberi buah tangan sekembalinya dari liburan diluar daerah atau luar negeri.

 

Mapping

7 Tips Untuk Kalian Yang Hobinya Liburan 9

Walaupun kita baru pertama kali menuju ke suatu tempat untuk berlibur, pemetaan lokasi menjadi satu hal yang cukup penting dan bermanfaat. Salah satu manfaat pemetaan adalah membuat diri kita lebih mudah dalam menemukan tempat- tempat yang kita cari. Sekalipun kita sering lupa dalam menghafalkan jalan tapi setidaknya kita tau apa nama tempat yang akan kita kunjungi dan apa saja yang ada disekitarnya. Itu juga memudahkan kita saat bertanya kepada penduduk lokal.

Itulah tadi beberapa tips untuk kalian sebelum memulai liburan. Ada baiknya dalam setiap agenda berlibur memang harus dipersiapkan dengan matang segala sesuatunya. Hal ini juga untuk kemudahan selama perjalanan dan tidak membebani kita. Liburan adalah kegiatan yang menyenangkan dan salah satu waktu beristirahat dari rutinitas yang melelahkan. Jadi jangan buat diri kalian semakin lelah karena persiapan dan perencanaan yang buruk.

7 Tips Untuk Kalian Yang Hobinya Liburan 10

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Ade Firman Saputra

   

Selain menulis, rutin bersosialisasi serta jalan- jalan ke berbagai tempat asing menjadi kegiatan bagi saya. Kita akan lebih mengenal banyak hal dan memperkuat jiwa