7 Wisata Bahari Menarik di Maluku, Surganya Pecinta Laut!

Keindahan laut Indonesia Timur gak ada habisnya!4 menit


59
59 upvote
7 Wisata Bahari Menarik di Maluku, Surganya Pecinta Laut! 1

Indonesia Timur telah sangat terkenal dengan wisata bahari. Kamu mungkin tahu salah satu yang terbaik adalah Raja Ampat di Papua Barat yang telah dikenal banyak orang. Sebenarnya kamu bisa menemukan lebih banyak destinasi laut yang indah di Indonesia Timur, seperti di Maluku. Inilah 7 wisata bahari di Maluku yang wajib kamu kunjungi!

Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurtafur

Ada pantai yang unik di Kabupaten Maluku Tenggara dimana pasir pantai hanya bisa dilihat ketika air laut surut. Ini adalah Pantai Ngurtafur. Tidak ada pohon di sini, hanya pantai dan air laut. Pasir putihnya bisa terlihat jelas dengan panjang mencapai 2 kilometer saat air laut surut.

Air laut di Pantai Ngurtafur terlihat biru dan sangat jernih. Terkadang kamu dapat menemukan beberapa bangau sedang beristirahat setelah mencari ikan. Jika beruntung, kamu bahkan dapat melihat sekelompok penyu, dan juga penyu tertua di Pantai Ngurtafur bernama Tabob. Jika kamu berencana untuk datang ke sini, jangan lupa untuk menyiapkan persediaanmu sendiri. Itu karena daerah ini tidak berpenghuni.

 

Pantai Ora

Pantai Ora

Di Pulau Seram, Maluku Tengah, ada pantai yang sangat indah, yaitu Pantai Ora. Bagian terkenal dari Pantai Ora adalah taman bawah lautnya yang menakjubkan. Pantai dan airnya juga bersih. Beberapa orang mengatakan Pantai Ora terlihat mirip dengan pantai di Maladewa.

Kamu bisa menyiapkan banyak hal untuk dilakukan di Pantai Ora Maluku. Untuk melihat keindahan terumbu karangnya, kamu hanya perlu menyelam sekitar 2 hingga 3 meter. Selain menyelam, kamu juga bisa melakukan snorkeling di sini.

Baca juga  10 Arena Seluncur Es Spektakuler yang Patut Kamu Cobain

Pantai Ora terletak di sebelah Desa Saleman dan Desa Sawai. Pantai itu juga berada di tepi hutan Taman Nasional Manusela. Kamu tidak perlu membayar tiket masuk, dan ada Ora Beach Resort jika ingin bermalam di sana. Pantai ini adalah pilihan yang baik untukmu yang membutuhkan ketenangan.

 

Tanjung Bongo

Tanjung Bongo

Di Kecamatan Galega, Halmahera Utara, ada sebuah wisata bahari yang sering disebut sebagai kembaran Raja Ampat. Itu adalah Tanjung Bongo. Tempat ini sebenarnya lebih kecil dari Raja Ampat, tetapi keindahannya juga sama menakjubkannya dengan Raja Ampat.

7 Wisata Bahari Menarik di Maluku, Surganya Pecinta Laut! 3

Tanjung Bongo tidak pernah sepi dari pengunjung, terutama pada hari libur. Salah satu hal yang paling menarik di sini adalah tempat foto. Setidaknya ada 20 tempat yang bisa kamu jelajahi untuk mengambil foto.

Selain mengambil foto, kamu juga bisa melakukan diving dan snorkeling. Ini akan sangat menarik karena air laut terlihat hijau. Kamu bahkan dapat melihat terumbu karang meskipun tidak menyelam karena airnya sangat jernih. Tapi untuk menyelam dan snorkeling, hanya bisa dinikmati di beberapa hari tertentu saja.

 

Pulau Dodola

Pulau Dodola

Apakah kamu pernah mendengar sebuah pulau yang disebut mutiara di bibir pasifik? Itu adalah Pulau Dodola di Morotai, Maluku Utara. Karena disebut mutiara, pulau ini pasti sangat indah! Mengunjungi pulau ini adalah salah satu hal yang harus dilakukan di Maluku Utara. Tempat ini awalnya terdiri dari 2 pulau, Dodola Besar dan Dodola Kecil.

Baca juga  10 Wisata Tak Lazim di Dunia yang Bisa Kamu Cobain

Kedua pulau ini hanya terpisah dalam jarak 500 meter. Ketika air laut tinggi, kedua pulau ini terlihat seperti sebuah pulau. Ketika air laut surut, mereka akan dipisahkan lagi. Kamu bisa melihat Pulau Dodola menjadi dua pulau sekitar pukul 10.30 hingga 19.00.

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan di Pulau Dodola, seperti menyelam, jet ski, memancing, dan snorkeling. Jika menyelam, kamu mungkin akan melihat beberapa bangkai kapal di bawah laut. Jika kamu berencana untuk bermalam di sini, ada juga pondok untuk menginap. Hal penting lainnya tentang Pulau Dodola adalah masih belum ada listrik, tetapi sinyal telepon masih bisa berfungsi di sana.

 

Pantai Guraici

Pantai Guraici

Indonesia dilewati oleh garis khatulistiwa. Di Halmahera Selatan, Maluku Utara, ada pantai yang terletak tepat di garis katulistiwa, yaitu Pantai Guraici. Kamu mungkin bisa membayangkan betapa panasnya cuaca.

Meski pasti ada yang begitu panas, namun pantai Guraici sangat populer bagi pengunjung dan penyelam asing. Kata Guraici sendiri berasal dari kata gura dan ici. Gura berarti taman, sedangkan ici berarti kecil.

Kamu bisa menyelam dan snorkeling di sini. Kamu juga dapat menangkap dan memanggang beberapa ikan. Ini adalah salah satu tempat memancing terbaik di Indonesia. Kamu juga bisa menginap di sini, tetapi listrik dibatasi hanya dari pukul 18.00 hingga 24.00 karena hanya bergantung pada generator kecil.

Baca juga  5 Tempat Wisata Bernuansa Alam Di Bandung

Jika kamu berencana untuk datang ke sini, disarankan bagimu untuk datang pada bulan Juli karena ada Festival Guraici setiap bulan Juli. Di festival ini, kamu dapat melihat beberapa pertunjukan, seperti tarian soya-soya, tarian malaikat, tarian cakalele, dan lain-lain.

 

Pantai Kupa-kupa

Pantai Kupa-kupa

Ada juga pantai lain untuk mendapatkan ketenangan dan keindahan surga laut sekaligus, seperti Pantai Ora. Ini adalah Pantai Kupa-kupa. Pantai ini terletak di Desa Kupa-kupa, Halmahera Utara, Maluku Utara.

Apa yang membuat pantai ini sangat menenangkan adalah aliran air lautnya yang sangat tenang. Pantai Kupa-kupa dikelilingi oleh pohon-pohon beringin di sekitar pantai. Ada juga banyak terumbu karang yang indah di sini.

 

Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha

Yang terakhir adalah pantai paling terkenal di Ternate. Ini adalah Pantai Sulamadaha yang terletak di Teluk Hol Sulamadaha, Maluku Utara. Datang ke sini adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan di Ternate. Pantai ini juga populer di kalangan pengunjung asing.

Pantai ini dikelilingi oleh beberapa tebing. Setelah kamu memasuki pantai akan ada jalan setapak menuju Saomadaha, yang merupakan teluk kecil dengan air yang sangat jernih. Pantai Sulamadaha biasanya ramai di akhir pekan. Tidak ada tiket masuk. Aktivitas di sini dikelola oleh orang lokal. Jadi, jika ingin menyelam misalnya, kamu harus menyiapkan peralatan sendiri.

Itulah 7 wisata bahari yang menakjubkan di Maluku. Berbagai tempat itu seperti surga laut, bukan?


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

59
59 upvote
Rado

Emperor