Traveling   

8 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan dengan Panorama Menawan yang Sulit Dilupakan


8 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan dengan Panorama Menawan yang Sulit Dilupakan 1

Salah satu propinsi yang kaya akan keanekaragaman budayanya adalah Sulawesi Selatan, karena di propinsi ini banyak tinggal suku-suku besar, seperti Suku Mandar, Suku Bugis, Suku Makasar, dan Suku Toraja. Dengan banyaknya suku-suku besar tersebut dengan sendirinya wisata budaya yang ada di sini juga cukup beragam dan menarik untuk dipelajari.

Selain itu propinsi yang beribukota di Makassar ini juga memiliki potensi alam yang layak untuk dijual guna mendukung industri pariwisata. Bahkan, panorama yang menawan banyak bertebaran di setiap sudut wilayah Sulawesi Selatan dengan keindahannya yang sulit untuk dilupakan.

Berikut 8 objek wisata di Sulawesi Selatan dengan keindahan alam yang luar biasa.

Pulau Bulupoloe

pulau bulupoloe

Pulau Bulupoloe menyuguhkan wisata bahari yang berbeda bagi para wisatawan. Selain menghadirkan panorama pantai dengan pasir putihnya yang mengelilingi pulau, juga menyajikan keelokan alam pegunungan yang rindang dan asri.

Pulau yang masuk wilayah Kabupaten Luwu Timur ini kondisi pantainya masih alami, airnya sangat jernih dihiasi dengan terumbu karang yang masih terjaga ditambah warna-warni ikan beserta biota laut yang tinggal di dasar air.

Bagi mereka yang memiliki hobby diving dan snorkeling, pulau ini tentunya akan sangat menggoda. Terlebih suasana sekeliling pulau masih sangat sepi sehingga serasa berlibur di pulau pribadi.

 

Hutan Malino

Hutan Malino

Tempat wisata ini berada di atas ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Merupakan hutan wisata yang banyak ditumbuhi pohon-pohon pinus sehingga lebih akrab disebut hutan pinus. Uniknya di sini tumbuh beberapa pohon yang dulu ditanam oleh Belanda, seperti pohon turi dengan bunganya yang berwarna oranye, tumbuhan edelweiss, bunga masamba yang warna bunganya berubah setiap bulan, dan beberapa tumbuhan lainnya.

Di sekitar kawasan wisata ini juga terdapat Air Terjun Takapala, Air Terjun Lembanna, perkebunan teh dan tanaman holtikultura, Pemandian Lembah Biru, serta Perkebunan Markisa yang merupakan minuman khas Kota Malino.

Baca juga  10 Tempat Mitos yang Sebenarnya Ada di Dunia Nyata

 

Pantai Losari

Pantai Losari

Objek wisata di Sulawesi Selatan lainnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Pantai Losari. Tempat wisata yang terletak di jantung kota Makassar ini, selain memiliki panorama yang indah, juga menyajikan wisata kuliner dengan makanan khas Makassar, seperti coto Makassar, pisang ijo, pisang epek, sop konro dan berbagai menu masakah tradisional lainnya.

Di kawasan pantai juga terdapat banyak penginapan, mulai dari hotel berbintang sampai kelas melati. Di sini juga berdiri rumah sakit, serta pusat perbelanjaan perhiasan emas dan souvenir. Dengan fasilitas lengkap dan akses transportasi yang sangat mudah membuat Pantai Losari dapat dikunjungi kapanpun, bahkan pada larut malam sekalipun.

 

Pulau Samalona

Pulau Samalona

Memiliki pantai yang berhias karang-karang laut dengan berbagai bentuk yang unik serta beragam ikan tropis dan berbagai biota laut lainnya membuat Pulau Samalona tidak saja menarik perhatian wisatawan lokal tapi juga wisatawan manca.

Dengan luas sekitar 2,34 hektar, pulau ini memiliki pemandangan yang menawan baik di kawasan sekitar pantai maupun pemandangan bawah laut. Itu sebabnya banyak wisatawan yang menghabiskan waktunya dengan melakukan diving dan snorkeling untuk menikmati keindahan taman bawah laut.

 

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Terhampar di area seluas 43.750 hektar di wilayah Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) dan Kabupaten Maros, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul) menawarkan panorama yang unik dan tidak dijumpai di tempat-tempat lain.

Keunikan dari TN Babul tersebut adalah banyaknya goa-goa karst berhias stalaktit dan stalakmit yang menawan serta banyaknya spesies kupu-kupu yang hidup di sini. Sehingga objek wisata ini mendapat julukan The Kingdom of Butterfly.

Baca juga  9 Tempat Ini Cocok Dijadikan Tema Film Horor

Tidak kurang dari 250 spesies kupu-kupu yang beterbangan diantara pepohonan di hutan TN Babul, 20 diantaranya merupakan jenis kupu-kupu yang dilindungi pemerintah karena unik dan langka, seperti spesies Chetosia Myrana, Troides Hypolitus, Tolides Helena Linne serta yang lain.

Tidak hanya ratusan kupu-kupu saja yang membuat wisatawan betah saat berada di lokasi, tapi juga keberadaan air terjun serta 80 gua prasejarah dan gua alam yang terhampar di kawasan karst, dua diantaranya dimanfaatkan untuk wisata minat khusus yaitu Gua Mimpi dan Gua Batu.

 

Pulau Kapoposang

8 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan dengan Panorama Menawan yang Sulit Dilupakan 3

Memiliki bentuk persegi panjang seluas 50.000 hektar, pulau ini berhias deretan pantai dengan pasirnya yang putih bersih. Keindahan pesisirnya menjadi semakin menawan dengan banyaknya pohon-pohon kelapa yang tumbuh di atas pasir serta berbagai jenis pohon lainnya yang membuat suasana di pinggir pantai terasa teduh.

Selain bersantai menikmati indahnya panorama di sekeliling pulau, wisatawan juga dapat mandi,  berenang bahkan menyelam untuk menikmati keindahan taman bawah laut. Bagi mereka yang memiliki hobi diving dan snorkeling, Pulau Kapoposang menjadi surga tersendiri karena terumbu karang seluas 995,6 hektar yang ada di sini, konon merupakan terumbu karang paling indah di Sulawesi Selatan.

Untuk dapat berkunjung ke Pulau Kapoposang, wisatawan harus menempuh perjalanan dari Makassar selama 4 jam dengan menggunakan perahu motor, karena jarak yang harus dilalui sejauh 68 km. Tepatnya di kawasan paling ujung sebelah barat perairan Makassar atau di gugusan terjauh kepulauan Spermonde yang menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Pangkep.

 

Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira

Inilah salah satu objek wisata di Sulawesi Selatan yang banyak dikunjungi wisatawan asing. Tidak heran jika fasilitas yang ada di sini terbilang komplit termasuk hotel-hotel berbintang, restoran yang menghidangkan berbagai menu Nusantara dan masakan luar negeri serta sarana untuk berbelanja.

Baca juga  5 Etika yang Perlu Diperhatikan Saat Mengunjungi Suku Badui

Banyaknya wisatawan asing yang berkunjung tidak lain karena suguhan panorama pantai dan lautnya yang indah dengan warna air laut yang memiliki gradasi 2 – 3 warna serta pasir putih lembut yang terhampar di luasnya pesisir.

Wisatawan yang berkunjung kesini, dapat melakukan berbagai macam aktifitas seru, mulai dari jalan-jalan di sepanjang pesisir, menyewa perahu dan mengunjungi pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya serta menikmati keindahan terumbu karang dan berbagai jenis ikan dengan melakukan aktifitas diving dan snorkeling.

Karena Pantai Tanjung Bira juga menjadi tempat berlabuh perahu-perahu nelayan, wisatawan juga dapat membeli ikan-ikan hasil tangkapan para nelayan untuk dibakar di lokasi atau dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

 

Taman Laut Takabonerate

Taman Laut Takabonerate

Taman Laut yang merupakan Taman Nasional ini berlokasi di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar. Membentang di kawasan atol terbesar ketiga di dunia, menjadikan tempat wisata ini memiliki reputasi dunia sebagai destinasi selam. Tentu saja disebabkan oleh atol dan keindahan terumbu karang yang dimilikinya.

Luas atol yang ada di sini mencapai 220.000 hektar yang membentang di 15 pulau dengan sebaran terumbu karang seluas 500 km2. Anugerah alam yang luar biasa itulah yang menjadikan Taman Laut Takabonerate setiap tahun menjadi tuan rumah Sail Takabonerate atau Takabonerate Island Expedition (TIE). Selain itu Taman Nasional ini juga telah didaftarkan ke UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

Demikian 8 objek wisata di Sulawesi Selatan yang menawan dan sulit untuk dilupakan usai berkunjung dan menikmati keindahan panoramanya.

8 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan dengan Panorama Menawan yang Sulit Dilupakan 4


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments