Traveling   

8 Tips yang Perlu Diingat untuk Menghindari Sakit Saat Kamu Bepergian


8 Tips yang Perlu Diingat untuk Menghindari Sakit Saat Kamu Bepergian 1

Sakit adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Penyakit atau jatuh sakit juga tidak bisa diprediksi datangnya. Terkadang semakin lama kita bepergian, semakin besar kemungkinan kita akan mengalami sakit.

Namun, kita dapat meminimalkan faktor-faktor risiko yang akan membuat kita sakit karena pencegahan jauh lebih baik daripada penyembuhan yang mungkin dilakukan.

Nah, berikut adalah langkah-langkah yang pasti akan menghindarkan kita dari sakit saat traveling.

Cuci tanganmu

description

Cuci tangan adalah kegiatan yang cukup mendasar untuk menjaga kesehatan. Tetapi kamu akan terkejut betapa banyak orang yang melupakannya.

Tindakan sederhana seperti mencuci tangan adalah komponen kunci dalam mencegah infeksi penyakit tetapi memiliki dampak besar dalam upaya menjaga kesehatan.

Kebersihan tangan sangat penting untuk menghentikan penyebaran infeksi dan dapat mengurangi kemungkinan muntah, keracunan makanan, diare, gastroenteritis, flu atau bahkan hepatitis A.

Cuci tanganmu tepat di bawah air panas selama setidaknya 30 detik tepat sebelum dan sesudah makan maupun setelah ke toilet.

Minum dari air kemasan

description

Ketika kita tidak yakin akan kemurnian air setempat atau bepergian di daerah yang sanitasinya tidak terlalu bagus, maka akan lebih baik jika kamu

Kita harus selalu minum air kemasan dan memastikan bahwa kemasannya tersegel dengan baik. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk menggunakan air kemasan untuk menyikat gigi. Kita juga dapat menggunakan botol air dengan filter bawaan karena mengurangi kebutuhan untuk membeli botol air terus-menerus.

Baca juga  10 Tips Terbaik Bagi Traveler Pemula

Hati-hati terhadap kontaminasi makanan

description

Kontaminasi makanan diketahui sebagai penyebab terbesar diare dan masalah pencernaan bagi setiap wisatawan. Jika kita berhati-hati dengan makanan saat bepergian, maka dapat menyelamatkan diri dari berbagai bakteri. Kita harus selalu memastikan bahwa kita makan makanan segar dan matang yang disajikan panas.

Itulah salah satu alasan utama mengapa seseorang harus melihat praktik kebersihan yang ada, baik di warung kaki lima atau food court tempat kita makan. Periksa apakah orang yang memegang makanan tersebut selalu menjaga kebersihannya.

Jika kamu ingin menghindari sakit perut saat traveling, maka tentu lebih baik untuk mengikuti praktik kebersihan makanan yang baik dan secara ketat mengikutinya sebisa mungkin.

Jangan pernah takut mengonsumsi makanan yang sudah biasa

description

Makan makanan lokal atau mencicipi masakan lokal tentu saja merupakan salah satu kenikmatan sejati saat traveling dan sesuatu yang tidak boleh kita lewatkan. Nah, sekarang jika kita menyukai makanan pedas maka mungkin akan mengalami gangguan pencernaan.

Intoleransi makanan biasanya terjadi ketika usus kita tidak dapat mencerna makanan atau memperkenalkan sesuatu yang baru dan berbeda sehingga dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan yang menyebabkan rasa sakit di perut, kram, diare, muntah dan mulas. Cobalah makanan baru jika kamu mau.

Jika kamu memiliki perut yang sensitif maka mulailah dengan porsi sedikit dahulu dan jangan pernah takut untuk makan makanan yang sudah biasa dari waktu ke waktu.

Baca juga  5 Destinasi Wisata Terbaik Bagi Para Penggemar Cokelat

Tetap aktif

description

Salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat melawan infeksi yang tidak diinginkan adalah dengan berolahraga yang tepat. Manfaat dari setiap latihan dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh yang akan membuat kita lebih kuat terhadap penyakit.

Jika kita sakit maka tubuh dapat melawan infeksi dengan lebih baik dan kita akan kembali sehat. Tetap bugar pasti akan mencegah tubuh kita dari penyakit yang mengganggu. Coba dan pertahankan gaya hidup sehat. Lakukan perjalanan di hutan, hiking ke pedesaan, naik gunung, berenang di laut atau jogging.

Melindungi diri dari sinar matahari

description

Sinar matahari menyengat benar-benar dapat merusak pengalaman traveling yang sempurna. Melindungi diri kita dari sinar matahari tentunya lebih dari sekadar mencegah sengatan matahari yang buruk. Kita harus tetap terhidrasi dengan baik jika bepergian di suatu negara atau wilayah dengan iklim panas atau tropis serta menutupi tubuh dengan pakaian longgar, topi atau syal.

Nah, jika tidak maka dehidrasi dapat dengan mudah terjadi secara cepat yang mengarah ke kondisi lebih serius seperti kelelahan, sengatan panas, dan paparan menjadi keadaan darurat medis.

Mendapatkan vaksinasi

description

Vaksinasi mungkin merupakan masalah kesehatan dalam traveling yang umum. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati dan tidak ada yang lebih baik daripada melindungi dari resiko tertular penyakit daripada divaksinasi.

Baca juga  Kepulauan Banda, Cantiknya Luar Biasa!

Tidak semua individu memerlukan vaksinasi untuk setiap perjalanannya karena tergantung pada vaksinasi yang sudah ada seperti riwayat medis pribadi, lamanya kita bepergian atau apa yang akan kita lakukan. Itulah alasan mengapa penting untuk mendapatkan saran pribadi langsung dari klinik atau dokter sebelum kita traveling ke tempat-tempat tertentu.

Melindungi diri dari gigitan nyamuk

description

Gigitan nyamuk benar-benar mimpi buruk bagi setiap wisatawan. Paling-paling, mereka hanya akan mengganggu kita dengan luka yang menyakitkan dan gatal. Nyamuk dapat menularkan berbagai macam penyakit seperti demam kuning, demam berdarah, chikungunya dan juga malaria.

Nyamuk pasti bisa menjadi masalah di berbagai belahan dunia. Ini masih merupakan ide yang baik untuk mencegah nyamuk menggigit kita sejak awal untuk menghindari gangguan gigitan yang menyakitkan. Hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk melindungi diri agar tidak digigit adalah menggunakan tindakan pencegahan, seperti mengenakan pakaian yang tepat. Kenakan pakaian katun ringan dan longgar yang menutupi sebagian besar kulit terutama di sekitar tempat yang paling terbuka. Kita juga bisa menggunakan obat anti nyamuk di sekitar ruangan kita atau mengoleskannya ke tubuh.

Semoga beberapa tips tersebut bermanfaat untukmu, ya.

8 Tips yang Perlu Diingat untuk Menghindari Sakit Saat Kamu Bepergian 3


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments