Traveling   

9 Destinasi Wisata di Rumania yang Tak Ingin Kamu Lewatkan


9 Destinasi Wisata di Rumania yang Tak Ingin Kamu Lewatkan 1

Terletak di Eropa Timur dan bagian dari bekas Tirai Besi, Rumania tidak menarik banyak wisatawan dibandingkan banyak negara lain di Uni Eropa. Namun demikian, dalam beberapa tahun terakhir jumlah mereka terus meningkat hingga mencapai  9,3 juta wisatawan internasional per tahun. Mengingat geografi dan masa lalu geopolitiknya, negara ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan baik dari segi warisan budaya maupun lanskap yang beragam.

Ini adalah perpaduan Timur dan Barat, campuran yang dapat ditemukan dalam segala hal mulai dari gaya arsitekturnya hingga masakannya dan adat istiadat setempat. Berikut adalah 9 tempat wisata di Rumania yang tidak ingin kamu lewatkan.

1. Bucharest dan Istana Parlemen

description

Sebagai turis internasional yang datang ke Rumania, kemungkinan pemberhentian pertamamu adalah ibu kota negara itu, Bucharest. Sebagai kota terbesar keenam di Uni Eropa dan berumur lebih dari 555 tahun, Bucharest memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada orang-orang yang datang dan berkunjung.

Rumania mengembangkan arsitekturnya sendiri yang berbeda pada akhir abad ke-17 dan awal abad ke-18, yang dikenal sebagai gaya Brâncovenesc, yang kemudian diperbaiki pada akhir abad ke-19. Arsitektur ini dapat ditemukan di seluruh pusat kota, tetapi dapat lebih baik dialami di lingkungan tertentu seperti Cotroceni atau Dorobanti. Dan sejauh menyangkut kehidupan malam, Kota Tua adalah salah satu distrik terindah di seluruh Uni Eropa.

Salah satu fitur mengesankan yang segera menjadi jelas bagi siapa pun yang mengunjungi Bucharest untuk pertama kalinya adalah Istana Parlemen. Dibangun oleh diktator Nicolae Ceausescu selama Era Komunis negara itu, bangunan ini mendominasi lanskap kota berkilo-kilometer jauhnya. Lebih dari seperlima kota bersejarah itu dihancurkan pada 1980-an untuk memberi ruang bagi jalan-jalan besar dan bangunan apartemen bergaya Soviet. Seluruh lingkungan juga diratakan dengan tanah untuk membangun Istana Parlemen, yang merupakan gedung administrasi terbesar di dunia, dan struktur terberat yang pernah dibangun. Dengan lebih dari 1.100 kamar, Istana adalah contoh megalomania yang bisa kamu kunjungi.

2. Kastil Peles

description

Dibangun oleh Raja Carol I dari Rumania pada tahun 1873 dan selesai 10 tahun kemudian, Kastil Peles dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu yang paling indah di seluruh Eropa. Dibangun dalam gaya arsitektur Renaissance baru Jerman, Peles terletak di kaki Pegunungan Bucegi, di kota Sinaia yang indah – juga merupakan resor hiking dan ski yang disukai. Kastil ini bertindak sebagai tempat tinggal musim panas untuk keluarga kerajaan sejak saat itu dibangun, hingga tahun 1947. Interiornya, dengan 160 kamarnya, sama-sama didekorasi dengan luar – dengan masing-masing kamar mempertahankan dekorasi dan tema masing-masing. Weapons Room menampung lebih dari 4.000 karya baik dari Eropa maupun Asia, sedangkan teater film kastil diyakini sebagai tempat pertama di mana proyeksi film berlangsung di Rumania.

Baca juga  5 Pantai Tersembunyi yang Ada di Bali, Gak Kalah dari Kuta

3. Delta Danube

description

Terletak di pinggiran tenggara Rumania, di mana Sungai Danube bertemu Laut Hitam, ada tanah rawa terbesar kedua di Eropa, yang dikenal sebagai Delta Danube. Yang kedua setelah Volga Delta di Rusia, yang satu ini memiliki total luas 1.994 mil persegi. Delta tersebut tetap menjadi salah satu lokasi paling murni di benua ini dan merupakan tempat pemberhentian penting bagi banyak burung bermigrasi yang datang dari Afrika dan Eropa. Delta Danube juga merupakan rumah bagi koloni pelikan terbesar di dunia, 300 spesies burung lainnya dan 45 spesies ikan air tawar.

4. Old Wine Road

description

Mengingat lokasi geografisnya, Rumania memiliki hubungan yang sangat panjang dengan anggur. Baik bukti arkeologis dan historis menunjukkan fakta bahwa kebun anggur telah tumbuh di wilayah ini setidaknya selama 2.700 tahun. Beberapa sejarawan bahkan mengatakan bahwa dewa anggur Yunani, Dionysus, dan versi Romawi-nya, Bacchus, didasarkan pada dewa Thracian dan Dacian, Sabazios. Bahkan hingga saat ini, Rumania adalah produsen anggur terbesar ke-13 di dunia dan ke-6 di Uni Eropa.

Hanya saja, wilayah yang relatif kecil di pusat negara tidak cocok untuk produksi anggur karena ketinggiannya. Namun demikian, ada lebih dari 250 gudang anggur di seluruh negeri yang dapat dikunjungi sepanjang tahun. Waktu terbaik untuk pergi adalah antara April dan Oktober. Old Wine Road mengikuti sisi selatan dan tenggara Pegunungan Carpathian dan melewati banyak kebun anggur, manor, biara, museum anggur, dan situs bersejarah lainnya di sepanjang jalan. Tapi ini bukan satu-satunya tempat untuk memiliki segelas anggur yang hebat, dan di mana pun kamu berakhir, mencicipi anggur adalah suatu keharusan bagi setiap wisatawan (menikmati minuman dewasa sesekali) yang mengunjungi Rumania.

Baca juga  Indahnya Pesona Palawan Island, Dinobatkan Sebagai Pulau Terbaik di Dunia

5. Benteng Dasia

description

Untuk merasakan masa lalu Rumania yang kuno, tempat terbaik untuk dikunjungi adalah di pegunungan. Sarmizegetusa Regia adalah ibukota dari orang-orang Dasia yang mendiami daerah tersebut pada masa Kekaisaran Romawi. Dibangun sekitar abad ke-1 SM, benteng ini, bersama lima lainnya di daerah itu, bertindak sebagai pusat Kerajaan Dasia, serta sistem pertahanan unik yang digunakan dalam perang melawan Romawi. Benteng utama juga merupakan yang terbesar, dipisahkan menjadi tiga area: benteng itu sendiri, tempat sipil, dan situs suci. Daerah suci ini dibangun di atas dua teras dan didedikasikan untuk para dewa setempat. Great Sanctuary memiliki struktur lingkaran, agak mirip dengan Stonehenge, dan berfungsi sebagai situs ritual dan kalender astronomi.

Sekarang, meskipun keenam benteng itu tidak lebih dari reruntuhan, masing-masingnya unik dengan caranya sendiri, baik karena fungsinya atau lokasinya yang sulit dijangkau. Legenda juga mengatakan bahwa Raja Dasia terakhir mengubur harta karun besar di suatu tempat di pegunungan itu. Sebelum kedatangan orang Romawi, ia memiliki sungai yang sementara dialihkan dari jalurnya, dan menyembunyikan harta karun di bawah dasar sungai. Tetapi sebelum kamu memutuskan untuk pergi dan mencarinya, sang legenda juga berbicara tentang kutukan. Siapa pun yang pergi mencari harta karun akan digigit ular berbisa dan mati.

6. Kota Sighisoara

description

Tepat di jantung Transylvania terletak kota Sighisoara. Meskipun ada permukiman di daerah itu pada zaman Romawi, kota yang kita kenal sekarang didirikan oleh Saxon Transylvania selama abad ke-13. Selama abad ke 14 dan 15, kekuatan ekonomi Sighisoara yang meningkat memastikan kelangsungan hidupnya selama berabad-abad sebagai salah satu dari “tujuh benteng berdinding Saxon”. Dan meskipun itu bukan yang terkaya atau yang terbesar dari ketujuh lainnya, Sighisoara telah menjadi yang paling populer belakangan ini. Saat ini, kota tersebut terkenal dengan arsitekturnya yang berwarna cerah, lorong-lorong berbatu, tangga curam, banyak menara pertahanan, gereja abad pertengahan, dan benteng utama itu sendiri.

Baca juga  Taman Nasional Wakatobi, Keindahan Surga Bawah Laut yang Tak Tertandingi!

7. Biara Bucovina

description

Wilayah timur laut Rumania membanggakan dirinya dengan banyak biara. Dibangun pada abad ke-15 dan ke-16, gereja-gereja abad pertengahan ini unik di Eropa dan terkenal. Dibangun dengan menggabungkan gaya arsitektur Gotik dan Bizantium, serta bercampur dengan elemen unik mereka sendiri, biara-biara ini adalah warisan budaya abadi yang dapat dilihat oleh dunia. Dibangun oleh Pangeran Stephen dan penggantinya Petru Rares, masing-masing dari 40 biara dan gereja dikatakan telah dibangun setelah berbagai kemenangan dalam pertempuran melawan perampok Tatar dari timur.

8. Turda Gorge dan Salt Mine

description

Kembali pada masa dinosaurus, banyak dari apa yang saat ini ada di Rumania adalah bagian dari dasar laut kuno. Karena itu, daerah tertentu yang kaya adalah endapan garam, seperti pusat Transylvania. Di sinilah kamu dapat menemukan Turda Gorge dan Salt Mine. Ngarai luar menawarkan pemandangan spektakuler tebing vertikal sempit, air terjun, gua, hutan yang rimbun, padang rumput, dan desa-desa yang indah. Lebih dari 1.000 spesies tumbuhan dan hewan menyebut tempat ini sebagai rumah, dan banyak dari mereka terancam punah. Seluruh area adalah tujuan hiking yang disukai, dengan lebih dari 250 trek pendakian dengan berbagai kesulitan.

9. Kastil Dracula

description

Kastil Bran terkenal karena mitos yang diciptakan di sekitar Dramula Bram Stoker. Bertengger di atas batu setinggi 200 kaki, kastil ini dibangun oleh Transylvania Saxon selama abad ke-15, di situs bekas benteng Ordo Teutonik dari tahun 1100-an. Dan meskipun Stoker tidak pernah mengunjungi Transylvania, ia membayangkan Kastil Dracula berdasarkan deskripsi Inggris tentang benteng khusus ini. Jadi, sejauh menyangkut vampir penghisap darah, kastil ini adalah tempat untuk dikunjungi.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke tempat-tempat ini?

9 Destinasi Wisata di Rumania yang Tak Ingin Kamu Lewatkan 3


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments