Traveling    , Kriminal   

Awas, 10 Penipuan Ini Pernah Terjadi Kepada Turis di Asia


penipuan turis

Ada banyak hal di Asia yang luar biasa untuk dijelajahi. Ketika kamu berada di luar negeri lalu tersesat dan bertemu dengan penduduk asli, itu adalah cara terbaik untuk mengalami budaya baru. Tetapi itu juga membuka peluang bagi penipuan karena beberapa penduduk setempat yang sama ini mencoba dan menyedot uang dompetmu.

Penipuan membelikan susu formula bayi

description

Di banyak negara, kemiskinan terlihat ada di mana-mana – bahkan di sekitar banyak tempat wisata. Turis biasanya mengerti untuk menghindari memberi uang kepada pengemis karena mereka kemungkinan profesional atau dieksploitasi oleh orang lain untuk mengemis. Maklum, orang asing masih ingin membantu, terutama ketika menyangkut anak-anak kecil. Jadi ketika turis didekati oleh seorang ibu miskin yang menolak uang tetapi memintanya untuk membeli susu formula, mereka mengambil kesempatan itu karena “itu untuk bayinya, bukan untuk narkoba”. Apa benar? Ternyata tidak juga!

Itu adalah penipuan. Susu formula memang dibeli, seringkali dengan harga yang melambung, dan diserahkan kepada sang ibu tetapi segera setelah turis yang murah hati pergi, sang ibu mengembalikannya ke toko untuk mendapatkan uang tunai. Dalam skenario terburuk, anak tersebut disewa oleh “ibu” miskin serta sering dibius untuk menjadi pendiam dan manis.

Penipuan pertunjukan harimau

description

Di Thailand ada Kuil Harimau – tempat magis beberapa predator paling berbahaya di planet ini, Macan Indochinese, hidup damai dan harmonis dengan manusia. Slogannya adalah “Kamu juga dapat mengambil bagian dalam harmoni” dengan harga tertentu. Turis menyerahkan sejumlah besar uang untuk mendapatkan foto sempurna dari mereka yang berpose, atau bahkan menyentuh sang harimau. Biksu berpakaian oranye mistis mengklaim bahwa harimau adalah hewan yang jinak.

Ternyata ini semua bohong. Satu-satunya alasan predator yang sangat besar itu tidak merobek leher setiap turis di dekatnya adalah karena mereka dibius hingga pingsan, begitu tinggi sehingga mereka nyaris tidak bisa bergerak. Ketika Kebun Binatang atau Kuil akhirnya digerebek pada tahun 2016, pihak berwenang Thailand menemukan lusinan anak harimau yang terbungkus plastik dalam freezer besar. Temuan lain tentang tanduk dan kulit hewan menyiratkan bahwa semacam perdagangan bagian-bagian hewan ilegal sedang berlangsung oleh apa yang disebut biksu altruistik. Menghadapi tuduhan ini, pusat harimau pun ditutup, tetapi akan dibuka kembali dengan nama baru.

Sama seperti candi lama, candi baru itu hanya akan menjadi sirkus harimau. Pertunjukan harimau di Thailand dan di seluruh dunia harus dihindari. Penasihat satwa liar senior di World Animal Protection, Dr. Jan Schmidt-Burbach, mengatakan bahwa peternakan harimau tidak ada hubungannya dengan konservasi – mereka hanya membawa penderitaan ekstrem pada hewan-hewan liar ini sementara hidup dalam kondisi yang mengerikan.

Baca juga  5 Pantai Malang Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berlibur Ke sini, Indah dan Eksotis

Penipuan Lintas Batas

description

Di banyak perbatasan di Asia, ada biaya saat kamu mencoba untuk menyeberang. Di perbatasan Thailand-Kamboja, ada orang yang mencoba dan menyisipkan dirimu dengan pejabat perbatasan untuk salah satu biaya ini. Mereka akan membuat segala macam klaim, termasuk bahwa kamu memerlukan bantuan untuk mengisi formulir, atau bahwa kamu dapat mengunjungi tempat khusus untuk melacak VISA dengan cepat.

Lakukan riset untuk perbatasan yang akan kamu lintasi dan bersiaplah untuk apa yang kamu lakukan dan tidak perlu membayar.

Penipuan dengan pembiusan

description

Untuk wisatawan, Jepang adalah salah satu negara teraman di Asia dan dunia pada umumnya. Ibukotanya, dan kota metropolis terbesar di dunia, Tokyo, juga menduduki peringkat teraman di Indeks Kota Aman 2015. Dari semua distrik khusus yang membentuk Tokyo, Roppongi adalah salah satu pusat hiburan yang lebih besar. Melayani orang asing dan sejumlah besar personel militer Amerika yang ditempatkan di negara itu, Roppongi juga merupakan salah satu tempat paling ramai untuk berpesta. Tetapi dengan Tokyo menjadi tempat yang aman, orang cenderung untuk lengah.

Beberapa kabar mengatakan bahwa orang jahat telah mengambil keuntungan dari ini. Ratusan pria melaporkan didekati oleh wanita cantik yang menawarkan minuman. Tersanjung dengan keramahan ini, para pria setuju dan meminum minuman hanya untuk bangun keesokan harinya pingsan di jalan tanpa barang-barang dan ribuan dolar dalam biaya kartu kredit menumpuk di rekening mereka. Masalahnya menjadi sangat buruk sehingga kedutaan AS di Jepang harus mengeluarkan peringatan untuk distrik tersebut.

Penipuan objek wisata ditutup

description

Penipuan ini biasa terjadi di seluruh Asia. Seorang turis yang dipersenjatai dengan peta atau pemandu akan berjalan menyusuri jalan menuju atraksi terkenal setempat. Warga lokal yang membantu akan datang dan bertanya ke mana mereka akan pergi. Bersemangat untuk berinteraksi dengan penduduk setempat, pengunjung akan mengatakan bahwa mereka akan ke objek wisata ini dan itu. Orang lokal yang membantu kemudian akan menjelaskan bahwa objek wisata itu sebenarnya ditutup hari itu, atau sedang dibangun. Tapi jangan khawatir – ada banyak kuil lain yang dekat dan keluar dari jalur wisata.

Baca juga  Mau Jalan-jalan ke Tempat-tempat Wisata? Jangan Lupa Membawa Perlengkapan Traveling Backpacker Berikut Ini

Turis akan berterima kasih kepada penduduk setempat atas saran mereka yang berharga dan mengunjungi tempat budaya yang “belum ditemukan” ini, yang lebih sering berubah menjadi toko suvenir atau area perbelanjaan di mana orang ditekan untuk membeli barang tak berguna. Selalu periksa untuk melihat apakah candi atau objek wisata itu memang benar-benar tertutup atau tidak.

Penipuan upacara minum teh

description

Di tempat-tempat wisata populer di Cina dan Asia Tenggara, gadis-gadis muda setempat akan menyapa turis dan memulai percakapan. Mereka akan membuat ikatan dan menawarkan untuk menunjukkan kepada para turis situs-situs lokal dengan kedok berlatih bahasa Inggris atau pelatihan untuk pekerjaan pariwisata di masa depan.

Turis akan senang mengalami budaya otentik dengan beberapa orang yang benar-benar baik, dan “siswa” muda akan memikat hati mereka untuk kepercayaan dirinya dan begitu kepercayaan telah diperoleh, mereka menyarankan untuk pergi ke toko upacara minum teh (beberapa tempat itu akan menjadi kerajinan bir, atau sembarang bilah). Turis setuju dan berpikir mungkin itu hanya akan menghabiskan sedikit dolar saja.

Kemudian, setelah demonstrasi yang rumit dari teh, bir lokal atau kerajinan, mereka diberi tagihan besar sebesar ratusan dolar Amerika. Pada titik itu, kamu terjebak. Kamu dapat menolak untuk membayar tetapi polisi akan dipanggil dan kemungkinan besar berpihak pada pemiliknya. Maka, berhati-hatilah.

Penipuan memenangkan hadiah liburan gratis

description

Ini adalah salah satu penipuan paling umum di dunia. Ada perusahaan di seluruh dunia secara terkenal menawarkan “hadiah” atau “liburan gratis” kepada orang-orang yang tidak menaruh curiga yang bahkan tidak tahu bahwa mereka telah mengikuti kontes. Ketika muncul untuk mengklaim hadiah, mereka menemukan bahwa hadiah yang dijanjikan tidak ada atau memiliki begitu banyak rintangan untuk dilewati sehingga hadiah itu tidak sepadan.

Penipuan ini ada dimana-mana, di mana kelompok-kelompok muda setempat akan mendekati turis dengan tiket awal. Turis yang terjerat akan mengikuti promosi penjualan yang sulit.

Mereka sering dikunci dalam kontrak yang sangat sulit untuk dipatahkan dan mereka membayar biaya pemeliharaan tahunan yang besar bahkan jika mereka tidak pernah berkunjung.

Sekarang ada penipuan baru di mana perusahaan menjamin untuk mengeluarkan pelanggan dari perjanjian dengan biaya kecil beberapa ratus dolar. Kemudian ketika begitu uang itu diserahkan, perusahaan yang terdengar sangat resmi akan menghilang dari muka bumi.

Baca juga  10 Tempat Mistis di Inggris yang Bisa Kamu Kunjungi

Penipuan nomor kartu kredit

description

Ini memiliki banyak bentuk, tetapi ketika kamu sedang berlibur mungkin yang paling umum adalah panggilan telepon palsu. Di sinilah seseorang akan berpura-pura menelepon, meminta detail kartu kredit dan lebih banyak informasi pribadimu. Metode umum lainnya adalah skimmers kartu di ATM yang tidak hanya mendapatkan nomormu, tetapi juga PIN.

Selalu perhatikan orang-orang yang mengawasimu saat mengetik PIN atau mencoba membantumu dengan ATM. Satu-satunya hal yang mereka coba bantu adalah mempercepat hilangnya uang dari dompetmu.

Penipuan kotoran burung

description

Umum di seluruh dunia, serta Asia, waspadalah untuk orang-orang dengan kotoran burung. Pengunjung akan berkeliling, memeriksa situs-situs kota baru, ketika tiba-tiba seekor “burung” akan mengosongkan isi perutnya. Ternyata dalam banyak kasus, ini benar-benar hanyalah penipuan. Kotoran burung mungkin hanya mustard dan pewarna makanan tetapi terlihat cukup nyata.

Malu dengan kehadiran tiba-tiba dari kotoran, turis dengan senang hati akan menyambut penduduk setempat yang ramah dan secara ajaib muncul dengan botol air untuk membersihkan kotoran. Sementara para pengunjung terfokus pada kotoran, penduduk setempat yang membantu akan mencoba mencopet barangmu.

Penipuan panti asuhan

description

Baru-baru ini telah menjadi umum untuk mengintegrasikan kegiatan yang lebih bertanggung jawab secara sosial ke dalam rencana perjalanan. Alih-alih minum di pantai selama berhari-hari, orang memilih perjalanan untuk mendukung program seni lokal atau upaya konservasi. Dalam nada ini, industri untuk mengunjungi panti asuhan telah dibuat. Di permukaan sepertinya ini ide yang bagus. Anak-anak dapat mengalami tokoh-tokoh dewasa dalam kehidupan mereka sementara pada saat yang sama mengalami budaya yang berbeda. Uang yang dibayarkan atau disumbangkan turis membantu menutupi biaya hidup anak-anak.

Sebagai kompleks industri, panti asuhan berkembang itu berubah menjadi kebun binatang untuk anak-anak. Alih-alih komunitas lokal mengadopsi anak-anak ke dalam keluarga mereka, anak-anak yatim dipaksa untuk tinggal di panti asuhan, dan beberapa bahkan bukan anak yatim. Mereka disimpan di sana hanya untuk tujuan menarik lebih banyak turis yang membayar. Ini menciptakan siklus eksploitasi yang akan membuat pengunjung asing ketakutan jika mereka mengetahuinya.

Semoga informasi ini bermanfaat saat kamu sedang berwisata.

Awas, 10 Penipuan Ini Pernah Terjadi Kepada Turis di Asia 1


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments