Traveling   

Jelajahi Museum Angkut, Museum Transportasi Pertama di Asia Tenggara


Jelajahi Museum Angkut, Museum Transportasi Pertama di Asia Tenggara 1

Ada banyak hal yang dapat dilakukan di Malang, sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur, mulai dari menjelajahi surga pantai tersembunyi dan air terjun di Malang hingga mengunjungi tujuan wisata modernnya.

Kota Batu di Kabupaten Malang adalah pilihan yang baik untuk dipilih sebagai tujuanmu berikutnya karena ada banyak hal yang dapat dilakukan di kota Batu dengan atraksi alam maupun modern yang dapat mengisi agenda liburanmu.

Salah satu atraksi paling menonjol di kota Batu adalah Museum Angkut, sebuah museum transportasi yang memamerkan lebih dari 300 koleksi kendaraan dari seluruh dunia yang digunakan dari waktu ke waktu.

Terletak di area 3,8 hektar di lereng Gunung Panderman yang udaranya sangat menyegarkan, Museum Angkut sangat populer sehingga menjadi salah satu museum terbaik di Jawa Timur yang perlu kamu kunjungi.

Museum ini diresmikan pada 9 Maret 2014 oleh Grup Jawa Timur sebagai pengembangnya. Hingga saat ini, Museum Angkut adalah museum pertama di Asia Tenggara yang membawa semua moda transportasi sebagai satu-satunya konsep.

Museum Angkut dibangun untuk memberikan pendidikan tentang kendaraan yang digunakan di seluruh dunia dan untuk menghargai semua penemu kendaraan yang telah membantu peradaban. Segala moda transportasi tersedia di museum ini. Dari duplikat gerobak yang ditarik sapi, sepeda motor kuno dan mobil, helikopter, hingga mobil listrik, semuanya ada di sini.

Baca juga  5 kota Teramah di Dunia Bagi Pengguna Sepeda

Museum ini buka setiap hari mulai jam 12 siang hingga jam 8 malam. Harga tiketnya adalah Rp 70.000 pada hari kerja dan Rp 100.000 pada akhir pekan. Kamu akan dikenakan biaya tiket kamera jika membawa Polaroid, DSLR, Kamera Digital, Handycam dan semacamnya, kecuali untuk smartphone milikmu.

Tidak hanya memamerkan koleksinya di dalam dan luar ruangan, Museum Angkut juga menghiasi bangunannya menjadi beberapa zona tempat kendaraan berasal. Misalnya, ketika datang ke Kota Gangster yang diambil dari Broadway, Amerika, kamu akan menemukan desain retro dan mobil retro yang didominasi oleh Ford sejak tahun 1970-an. Dekorasi ini sangat unik dan indah.

Selain Kota Gangster, ada zona dan tempat wisata lain yang pasti bisa kamu nikmati ketika berada di sana. Berikut adalah berbagai hal yang dapat kamu lakukan di Museum Angkut sebagai museum transportasi pertama di Asia Tenggara.

Melihat transportasi klasik di aula utama

Museum Angkut Aula Utama

Aula utama adalah area pertama yang akan kamu masuki begitu mengunjungi Museum Angkut. Ini adalah tempat terbaik untuk pecinta mobil dan motor klasik karena ada segala jenis kendaraan klasik yang datang dari seluruh dunia. Di sana, kamu dapat melihat bahwa kendaraan klasik berfokus pada titik artistiknya sehingga membuatnya terlihat sangat elegan dan mahal.

Baca juga  5 Fakta Menarik Indonesia Sebagai Negara ASEAN

Perluas pengetahuanmu tentang transportasi di zona pendidikan

Museum Angkut Zona Pendidikan

Zona pendidikan masih terletak di aula utama. Ini disebut zona pendidikan karena menceritakan tentang sejarah perkembangan transportasi dari waktu ke waktu bersama dengan penemunya.

Kamu dapat melihat duplikat gerobak yang ditarik oleh sapi, sepeda, sepeda motor, kereta api, dan moda transportasi terbaru seperti mobil listrik. Karena ini menceritakan tentang sejarah, inilah alasan mengapa sangat cocok bagimu untuk membawa seluruh keluarga sehingga setiap orang dapat mempelajarinya.

Melihat helikopter dan mobil kepresidenan

Museum Angkut

Di lantai dua aula utama, kamu akan menemukan helikopter kepresidenan yang dimiliki oleh presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Nama helikopter itu adalah Bell 47J Siwalet yang merupakan hasil negosiasi antara Presiden Soekarno dan Pemerintah AS.

Kamu juga dapat menemukan mobil kepresidenan yang digunakan oleh Ir. Soekarno yang masih dalam kondisi yang sangat baik. Kamu dapat mempelajari spesifikasi mobil antik ini dan berpose di samping mobil.

 

Melihat para gangster di zona kota gangster

Museum Angkut Zona Gangster

Di zona gangster, kamu dapat melihat area dan bangunan yang didekorasi dengan negara Amerika kuno atau gaya retro. Ini adalah duplikat dari kota New York dan California yang dikenal sebagai gangster serta area broadway pada saat itu. Kamu dapat melihat banyak kendaraan antik Amerika retro yang masih berfungsi dengan baik.

Baca juga  Awas, 10 Penipuan Ini Pernah Terjadi Kepada Turis di Asia

 

Menyaksikan sejarah kendaraan Inggris di zona Istana Buckingham

Jelajahi Museum Angkut, Museum Transportasi Pertama di Asia Tenggara 3

Zona ini dinamai Istana Buckingham karena didekorasi mirip dengan Istana Buckingham di Inggris. Di zona ini, kamu dapat melihat dan mempelajari berbagai jenis kendaraan di Inggris dari waktu ke waktu serta melihat perkembangannya.

 

Berbelanja di zona pasar terapung nusantara

Pasar Terapung Museum Angkut

Pasar Terapung Nusantara adalah zona terakhir yang dapatkamu nikmati di Museum Angkut. Zona ini dirancang sebagai pasar terapung di mana toko-toko mengapung di atas air tetapi kamu harus berjalan ke toko-toko jika ingin membeli oleh-oleh. Kamu bisa menyewa perahu seharga Rp 10.000 jika hanya ingin berkeliling pasar.

Ada banyak pilihan jajanan tradisional yang bisa kamu beli di sana. Setiap sudut pasar begitu gamblang sehingga kamu akan menikmati setiap momen yang ada di sana.

Museum Angkut tidak hanya menawarkan pendidikan yang lengkap tetapi juga hiburan di satu tempat. Itulah mengapa ini adalah tempat terbaik untuk pergi bersama keluarga atau orang-orang terkasih jika kamu ingin dididik dan dihibur pada saat yang sama karena belajar tidak bisa lebih baik dari ini.

Jelajahi Museum Angkut, Museum Transportasi Pertama di Asia Tenggara 4


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rado