Traveling   

Liburan Menyenangkan di Berbagai Tempat Rekreasi di Jakarta Timur


jakarta timur

Berbagai tempat rekreasi di Jakarta Timur akan menepis anggapan bahwa Jakarta hanya dipenuhi hutan beton dengan gedung-gedungnya yang menjulang. Banyak destinasi wisata di Jakarta Timur yang justru dijadikan tempat rekreasi karena alamnya yang dihiasi dengan pepohonan yang rimbun dengan udara yang sejuk. Beberapa diantaranya bahkan secara khusus menjual pesona alamnya kepada para wisatawan.

Tempat Rekreasi di Jakarta Timur yang Menawan 

Menghabiskan waktu libur dengan berkunjung ke berbagai tempat rekreasi, bagi masyarakat Jakarta sebenarnya tidak sulit, bahkan tempat rekreasi yang menghadirkan pesona keindahan alam sekalipun.

Karena banyak tempat rekreasi di Jakarta Timur yang memberikan menu utama wisata alam, disamping sarana rekreasi yang lainnya. Tempat rekreasi yang menarik untuk dikunjungi tersebut diantaranya adalah:

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Liburan Menyenangkan di Berbagai Tempat Rekreasi di Jakarta Timur 1

Inilah miniatur Indonesia yang mengusung berbagai macam adat dan kebudayaan masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, lewatbangunan rumah-rumah adat, busana dan tarian daerah, tempat ibadah, juga upacara tradisional serta aktifitas berbau etnik lainnya.

Baca juga  5 Kafe Bertemakan Anime yang Wajib Kamu Kunjungi Saat ke Jepang

TMII juga dilengkapi dengan berbagai macam museum, seperti museum listrik, museum transportasi, musesum serangga, museum olah raga, serta yang lainnya. Selain itu, disediakan pula sarana rekreasi yang lain, seperti: Teater Keong Mas, Kereta Gantung, Snowbay Waterpark, dan sebagainya.

Bumi Perkemahan Cibubur

Liburan Menyenangkan di Berbagai Tempat Rekreasi di Jakarta Timur 2

Bagi masyarakat Jakarta yang ingin menikmati keindahan alam namun tidak memiliki kesempatan untuk berlibur ke luar kota, Bumi Perkemahan Cibubur bisa dijadikan sebagai alternatif penggantinya.

Dengan dipenuhi pepohonan yang lebat, bumi perkemahan Pramuka yang luasnya sekitar 210 hektar tersebut memiliki topografi yang beragam, mulai dari dataran rendah, daerah berbukit, perkebunan karet, hingga danau.

Sejak tahun 1973, tepatnya sejak penyelenggaraan Jambore Nasional Pertama bagi Penggalang se-Indonesia, tempat ini ditetapkan sebagai Bumi Perkemahan Terpadu, yakni selain dijadikan sebagai tempat perkemahan juga menjadi sarana rekreasi, ekowisata, pusat pendidikan, serta agroindustri.

Baca juga  10 Tips Terbaik Bagi Traveler Pemula

Taman Margasatwa Ragunan

Liburan Menyenangkan di Berbagai Tempat Rekreasi di Jakarta Timur 3

Taman Margasatwa Ragunan adalah hutan tropis mini yang menjadi habitat hidup bagi binatang-binatang yang jumlahnya lebih dari 2000 ekor. Di Taman seluas 147 hektar ini tumbuh sekitar 50.000 pohon yang rimbun yang memiliki nilai konservasi tinggi.

Berdiri pada tahun 1964, Taman Margasatwa ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, apalagi pada saat hari libur, karena koleksi binatang yang dimilikinya terbilang lengkap, seperti: harimau, kuda nil, singa, jerapah, banteng, buaya, termasuk sejumlah primata seperti simpanse, gorilla, siamang, kera putih, serta binatang yang lain.

Selain menyuguhkan koleksi berbagai jenis binatang, tempat rekreasi ini juga menyediakan fasilitas bermain dan belajar bagi anak-anak, seperti danau dan pulau buatan, perpustakaan dengan koleksi buku-buku tentang dunia satwa, dan fasilitas yang lainnya.

Baca juga  10 Keajaiban Alam yang Perlu Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidup

Telaga Arwana  

Liburan Menyenangkan di Berbagai Tempat Rekreasi di Jakarta Timur 4

Destinasi wisata ini dibalut dengan atmosfir pedesaan meskipun berada di tengah kota megapolitan Jakarta. Terletak di Pondok Rangon, Cibubur, Telaga Arwana dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas bagi para wisatawan, seperti: water park, kolam renang, trampoline, motor ATV, saung mainan, saung sawah, kolam lumpur, kolam tangkap ikan, paintball, wahana outbond, flying fox, serta berbagai fasilitas yang lain.

Bagi mereka yang memiliki hobby memancing, di sini juga disediakan kolam pemancingan lengkap dengan toko yang menjual umpan. Para pemancing tidak perlu khawatir akan sengatan sinar matahari maupun guyuran hujan, karena di sekitar kolam pemancingan disediakan 100 buah pondok beratap yang siap untuk digunakan.

Selain keempat tempat tersebut, masih banyak tempat rekreasi di Jakarta Timur yang menarik untuk dikunjungi, seperti Kampung China, Jakarta Gems Center, Monumen Pancasila Sakti, serta Cibubur Garden Dairy. (*)

Liburan Menyenangkan di Berbagai Tempat Rekreasi di Jakarta Timur 5

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan