Traveling   

Sapi Bisa Dibawa Oleh Wisatawan Yang Datang Sebagai Oleh-oleh ?


Sapi Bisa Dibawa Oleh Wisatawan Yang Datang Sebagai Oleh-oleh ? 1

Kali ini sapi bisa dibawa pulang ketika agan berkunjung ke objek wisatawan. Hah mana bisa?, terus kalo kita liburan kalau dapet sapi kita harus bawa truk?, enggak akan rugi gitu?. Hahaha bukan itu tenang kali ane mau informasiin nih bahwa bukan sapinya yang akan dibawa pulang, namun hasil dari ternaknya yang bisa gan/sist bawa pulang sebagai oleh-olehnya.

Kini hasil ternak bisa dimanfaatkan sebagai makanan dan minuman dari mulai bolu yang sedang trending saat ini, yougrth, tahu, permen, susu dalam kemasan, dan lainnya. Jadi gini, dari kalian pernah dong mendengar, melihat bahkan memakan dodol.

Sapi Bisa Dibawa Oleh Wisatawan Yang Datang Sebagai Oleh-oleh ? 3

Varian rasa dodol berbeda-beda dan varian dodol bermunculan dari berbagai daerah yaitu: dodol garut yang terletak di kota garut provinsi Jawa Barat, ada pula dodol betawi dari daerah DKI Jakarta, dodol durian dari daerah Sumatera Selatan dan sekitarnya, dodol bali dari Bali, dodol labu kuning dari daerah Pontianak, dodol kandangan dari daerah Kalimantan Selatan, dodol salak dari sleman, dodol susu dari daerah pangalengan, Bandung provinsi Jawa Barat, dodol jahe dari daerah kota Cimahi, dodo lapel malang dari Malang Jawa Timur, dodol kentang dari Jambi, dan yang terakhir ada dodol yang khas ketika tahun baru imlek dia baru muncul yaitu dodol cina atau biasa di sebut kue keranjang dan ada pula biasa disebut nian gao atau ni-kwe.

Baca juga  Liburan Menyenangkan di Berbagai Tempat Rekreasi di Jakarta Timur

Sungguh kaya Indonesia ini yaa, menurut saya ini masih sebagian kecil dari kekayaan dan ragam Indonesia yang ane ketahui, mungkin next ane kabarin ragam kekayaan Indonesia.

Ada yang tau kolostrum? Atau ada yang sudah paham? Baik enggak jika di konsumsi?

Baca juga  7 Tempat Wisata Di Rangkasbitung Yang Keren Abis

Sapi Bisa Dibawa Oleh Wisatawan Yang Datang Sebagai Oleh-oleh ? 4

Kolostrum adalah susu pertama yang dihasilkan oleh induk sapi setelah melahirkan. Kolostrum ini tidak berlangsung lama karena kolostrum ini dibutuhkan untuk bayi dari sapi yang telah lahir oleh induk sapi. Ada pun nutrisi yang ada pada kolostrum ini, yaitu terdiri dari

  1. Vitamin
    B1, B2, B6, B12, E, A, Asam folat, Asam pbaikenat, glikogen, dan retinoic acid.
  2. Mineral
    Isoleusin, leusin, histiden, methionin, lysine, threonine,  phenylalanine, valine, dan tryptophan
  3. Asam Amino Non Esensial
    Arigin, cystine, asam glutamat, alanine, tyrosine, glysine, proline, asam aspartat, dan serine. (Sumber: polahidupsehat.net)

Bahwa kolostrum ini dapat pula dimanfaatkan sebagai olahan makanan yaitu dodol. Kolostrum yang digunakan ini kolostrum produksi 6 hari lebih awal. Umunya kadar air kolostrum hari pertama dan kedua yaitu sedikit lebih rendah dibandingkan hari setelahnya sehingga ketika proses pemanasan maka kolostrum dapat menggumpal.

Baca juga  5 Tempat Wisata Yang Cocok Bagi Kamu Para Jomblo, Agar Bisa Menemukan Jodohnya

Kolostrum hari ketiga sampai keenam umunya lebih baik digunakan dikarenakan jumlah kolostrum sapi pada hari tersebut lumayan banyak berkisar 5-6 liter setiap masa menyusui, jumlahnya juga terlalu banyak bagi kebutuhan anak sapi yang hanya berkisar antra 1-2 liter/ hari. Sehingga lebihnya dapat dimanfaatkan dalam pembuatan dodol. Biasanya dodol yang sering kita jumpai dodol yang terbuat dari tepung beras ketan, santan kelapa, gula, dan varian rasa.

Sapi Bisa Dibawa Oleh Wisatawan Yang Datang Sebagai Oleh-oleh ? 5

Kali ini dodol kolostrum pun sama dalam pembuatan dodol yang lainnya namun, dodol kolostrum ini menggunakan kolostrum sapi. Disamping itu pun dapat digunakan untuk memanfaatkan produksi kolostrum yang termanfaatkan secara ekonomis (sara & sonny 2019).

Sapi Bisa Dibawa Oleh Wisatawan Yang Datang Sebagai Oleh-oleh ? 6

Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Catatan ekspresi