Woman   

5 Cara Mencegah Stretch Mark Pada Ibu Hamil


5 Cara Mencegah Stretch Mark Pada Ibu Hamil 1

Stretch mark adalah permasalahan yang hampir selalu muncul selama masa kehamilan. Menurut sejumlah penelitian, sekitar 70% ibu hamil harus menghadapi persoalan perubahan kondisi kulit yang biasa disebut stretch mark. Perubahan tersebut biasanya berupa guratan-guratan putih dengan pola tidak beraturan. Hal ini disebabkan karena terjadinya peregangan kulit, yang membuat robek jaringan elastis di bagian bawah kulit.

Stretch mark rentan menyerang para ibu hamil karena membesarnya perut selama masa kehamilan membuat terjadinya peregangan pada beberapa bagian kulit tubuh, utamanya pada bagian perut, paha, serta lengan. Karena itulah ibu-ibu yang tengah mengandung bayi, sulit untuk menghindar dari stretch mark.

Baca juga  7 Cara Manfaatkan Susu Untuk Kecantikan

Tapi jangan khawatir, pasca melahirkan, biasanya dalam kurun waktu 6 – 12 bulan, terkandung dari kondisi kulit, stretch mark tersebut akan hilang dengan sendirinya. Artinya, untuk menghilangkan stretch mark tidak perlu dilakukan pengobatan secara khusus, karena problem kulit yang satu ini akan dapat sembuh dengan sendirinya.

Selain itu, sampai sekarang masih belum ditemukan salep, krim, minyak, atau obat lainnya yang dapat dipakai untuk menyembuhkan stretch mark.

Karena tidak ada obat yang dapat menyembuhkannya, maka langkah yang terbaik adalah mencegah serta meminimalisir terjadinya stretch mark selama masa kehamilan dengan berbagai cara sebagai berikut:

Baca juga  7 Tips Makeup Saat Musim Hujan

5 Cara Mencegah Stretch Mark Pada Ibu Hamil 3

1. Lakukan olah raga dengan benar dan aman, sesuai petunjuk dari dokter. Olah raga dapat meminimalisir munculnya stretch marks karena membantu memperlancar sirkulasi darah dan oksigen. Cara lain untuk memperlancar sirkulasi darah dapat dilakukan lewat pijatan-pijatan ringan.

2. Penuhi nutrisi tubuh dengan makanan berserat yang mengandung vitamin A, C, dan E, sepertiu buah-buahan dan sayur-sayuran, susu, serta telor.

3. Ibu hamil harus mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air putih sehari-semalam, guna membantu menjaga elastisitas kulit, sehingga mengurangi terjadinya stretch mark.

4. Pencegahan stretch mark dapat juga dilakukan dengan mengoleskan baby oil sedikitnya 2 kali sehari sebelum mandi pada lipatan-lipatan kulit, utamanya pada perut bagian bawah. Lakukan hal ini sejak awal kehamilan, guna mengantisipasi terjadinya stretch mark yang kerap muncul pada trisemester kedua masa kehamilan.

Baca juga  Antara Cewek Sama Cowok, Siapa Sih yang Lebih Cepat Jatuh Cinta?

5 Cara Mencegah Stretch Mark Pada Ibu Hamil 4

5. Selama masa kehamilan, perhatikan kenaikan berat badan, jangan sampai meningkat terlalu drastis, karena selain tidak baik bagi proses kehamilan itu sendiri (baik ibu maupun bayi), juga dapat membuat kulit mengalami peregangan yang menjadi pemicu munculnya stretch mark.

Perlu diketahui, kenaikan berat badan ibu hamilyang normal berkisar antara 12 – 15 kg. Kurang atau lebih dari angka itu, ada baiknya untuk dikonsultasikan dengan dokter kandungan. (*)

5 Cara Mencegah Stretch Mark Pada Ibu Hamil 5


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments