Woman    , Kesehatan   

7 Tanda Tanda Hamil Yang Penting Anda Ketahui


tanda tanda hamil

Memperoleh berita kehamilan pastinya jadi berita yang sangat menggembirakan bagi pasangan suami istri. Namun yang menjadi masalah, cukup banyak wanita yang tidak menyadari, bahwa dirinya tengah hamil muda. Karena banyak gejala kehamilan ini, yang mirip seperti gejala menstruasi.

Selain menggunakan test pack, berikut ini adalah beberapa tanda-tanda hamil yang perlu Anda ketahui :

Pendarahan ringan dan kram perut

Ketika proses kehamilan terjadi, dan telur sudah dibuahi, untuk kemudian berkembang. Maka telur tersebut, akan menempel pada dinding rahim. Proses menempelnya telur ini, yang nantinya bisa merusak beberapa pembuluh darah di dinding rahim dan menyebabkan pendarahan ringan atau yang kerap disebut dengan flek.

Kemunculan flek ini biasanya terjadi antara 6 hingga 12 hari, setelah sel telur dibuahi. Adapun pendarahan ini biasanya terlihat seperti sebuah bercak pink atau juga coklat, seperti layaknya menstruasi, hanya dalam skala sedikit.

Selain pendarahan ringan, biasanya wanita hamil ini juga akan merasakan kram perut. Kram ini, terjadi hanya sesaat, layaknya kram yang terjadi ketika seorang wanita mengalami menstruasi.

 

Baca juga  Kenali 5 Kondisi Kecemasan, Karena Terlalu Sering Bermain Media Sosial

Terlambat menstruasi

tanda tanda hamil

Ketika calon janin sudah menempel pada dinding rahim, berikutnya tubuh Anda akan mulai memproduksi Human Chorionic gonadotropin /hCG. Ini adalah salah satu hormon yang akan menjaga kehamilan Anda. Salah satu fungsinya adalah untuk menghentikan sementara waktu proses menstruasi bulanan, selama masa kehamilan terjadi.

Kebanyakan wanita, tidak akan mendapatkan menstruasi setidaknya setelah 4 minggu dari masa pembuahan terjadi. Jadi ketika Anda mulai mendapatkan menstruasi yang terlambat, bisa jadi, itu adalah tanda-tanda hamil. Terkecuali bagi Anda yang memang menstruasinya tidak teratur.

 

Payudara yang mulai membesar

Walaupun sepintas terlihat sama, antara menstruasi dan hamil muda. Namun ada perbedaan yang berarti, ketika seseorang memperoleh kehamilan, yaitu, payudaranya jadi terasa lebih berat dan bengkak, serta disertai rasa sakit. Selain itu bagian puting juga mulai berubah jadi gelap.

Tentunya kejadian ini terjadi lantaran tubuh Anda, mulai mempersiapkan diri, untuk proses menyusui kelak. Dimana pada awalnya, aliran darah akan mulai meningkat ke bagian payudara. Selain itu jaringan lemak baru, juga akan mulai terbentuk, dan saluran air susu, juga akan mulai mengembang.

 

Baca juga  Kandungan Nutrisi Pada Pisang Membuat Ibu Hamil Wajib Mengkonsumsi Buah Ini

Cepat merasa lelah

Sejak awal kehamilan, kadar hormon progesteron dalam tubuh akan mulai meningkat. Dimana hormon ini yang akan membuat Anda cepat mengantuk, dan merasa cepat lelah, walaupun aktivitas yang dilakukan sama.

Selain itu, kelelahan ini juga terjadi, karena banyaknya energi yang ada dalam tubuh, digunakan untuk mempersiapkan sebuah kehamilan. Mulai dari memproduksi sel darah, dan hal-hal lainnya. Hal-hal seperti ini yang dapat Anda rasakan 1 minggu setelah proses pembuahan terjadi.

 

Lebih sering buang air kecil

Hormon hCG yang diproduksi tepat pada minggu pertama setelah kehamilan terjadi ini, juga akan menyebabkan peningkatan aliran darah ke bagian panggul. Kondisi seperti ini yang nantinya menyebabkan seorang wanita hamil, cenderung lebih sering buang air kecil, dibanding biasanya.

 

Mual-mual

Ini adalah salah satu gejala yang dinilai cukup umum, ketika seseorang memperoleh kehamilan. Mual-mual, atau disebut juga dengan morning sickness, adalah sebuah kondisi dimana seorang ibu hamil, akan merasa mual di pagi hari. Walau tidak menutup kemungkinan perasaan mual ini terjadi pada sore atau bahkan malam hari.

Biasanya kondisi ini terjadi ketika usia kandungan Anda, memasuki minggu ke 4 hingga ke-6. Kondisi ini akan berakhir setelah kehamilan memasuki trisemester kedua, yaitu pada minggu ke-13 atau minggu ke-14.   

 

Baca juga  7 Manfaat Menyimpan Kosmetik Dalam Kulkas

Perubahan suasana hati

Selama kehamilan, hormon progesteron dan estrogen akan meningkat. Peningkatan seperti ini yang akan menyebabkan suasana hati cenderung cepat berubah, emosi jadi tidak stabil, jadi lebih cepat marah, atau bahkan sensitif.

Selain beberapa tanda-tanda hamil, yang disebutkan diatas, ada juga beberapa ciri lainnya yang biasanya dirasakan oleh wanita hamil, seperti ngidam, keputihan, mudah sakit kepala, sakit punggung, atau bahkan sembelit. Banyak wanita yang hanya merasakan 1 atau 2 ciri saja dari yang disebutkan di atas, ada juga yang hampir merasakan semuanya. Namun demikian, jika Anda merasakan beberapa gejala yang disebutkan di atas, tidak ada salahnya jika mulai menjaga kesehatan, dan jangan lupa mengecek kesehatan Anda ke dokter, siapa tahu, Anda memang benar-benar sedang hamil !

7 Tanda Tanda Hamil Yang Penting Anda Ketahui 1


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Andra Hermawan