Asal Muasal Biskuit Khong Guan, Ternyata Dari Singapura

Asal Muasal Biskuit Khong Guan, Ternyata Dari Singapura 1

Tak asing ditelinga, sebuah sajian biskuit kaleng, yang selalu ada menghiasi momen lebaran, Biskuit Khong Guan.

Selain untuk wadah roti, Kaleng Biskuit Khong Guan ini juga sering mewarnai menghiasi wadah kerupuk maupun makanan cemilan sehari-hari. 

Dengan bentuk nya yang kotak, tampilan kaleng biskuit Kong Guan ini memiliki karakteristik warna nya merah dengan beberapa orang yang dengan beberapa deretan biskuit yang ada di kaleng tersebut.

Menariknya, ditanpilan luar tak jauh berbeda dengan sosok ibu dan dua anaknya yang sedang menikmagi sajian biskuit dan juga teh yang terpapang di kaleng biskuit Khong Guan.

Namun tahukah anda bagaimana sejarah biskuit Khong Guan hingga terkenal sampai saat ini. Yuk kita simak!

Asal Muasal

Asal Muasal Biskuit Khong Guan, Ternyata Dari Singapura 3

Walaupun populer di Indonesia, biskuit Khong Guan ini sebenarnya berasal dari negara tetangga Singapura.

Menurut situs resmi Khong Guan, biskuit Khong Guan ini awalnya didirikan oleh orang pendatang dari Tiongkok, bernama Chew Choo dan Chew Choo Han yang merupakan kakak beradik.

Mereka sejati nya datang ke Singapura dengan tujuan untuk mencari penghasilan guna memenuhi kebutuhan keluarga mereka di Tiongkok.

Dan alhasil mereka pun diterima di Perusahaan biskuit lokal di Singapura.

Namun nasib mereka tak baikz ketika ada perang antara Jepang dengan Singapura, dan Jepang menginvansi Singapura yang membuat kedua bersaudara itu eksodus ke negara sebelah, Malaysia.

Disana mereka membuat ide untuk menciptakan usaha biskuit dengan hasil karya mereka sendiri.

Tak lama berselang, setelah dikabarkan Jepang pergi dari Singapura, mereka memutuskan untuk kembali ke Singapura.

Saat di Malaysia mereka terkendala bahan baku berupa tepung dan gula, dan akhirnya menjual garam dan sabun.

Sekembalinya mereka di Singapura, mereka pun melanjutkan misi mereka untuk membuat biskuit dengan langkah terakhir untuk diperjualbelikan.

Berbagai upaya mereka tempuh demi memenuhi kebutuhan mereka, dan juga tetap melanjutkan mata pencahariannya demi keluarga.

Menemukan Mesin Produksi Biskuit Tua

Cerita dibalik kesuksesan mereka diawali dari keberhasilan Chew Choo Han yang secara tidak sengaja menemukan mesin yang dipergunakan untuk memproduksi Biskuit yang telah lama tak dipakai dan rusak.

Itu sebuah peninggalan di jaman perang yang ada di perusahaan dimana ia dulu bekerja. Dan merupakan sisa dari Pabrik tua tempat ia bekerja.

Karena tertarik, lantas ia membeli nya dan melihat potensi yang akan dihasilkan dari mesin tua ini.

Dengan begitu langkah mereka untuk membuat biskuit dengan sistem semi otomatis dipermudah.

Dengan mengandalkan rantai sepeda lalu ia bisa dengan mudah memindahkan biskuit ke dalam mesin khusus.

Khong Guan Biscuit Factory

Akibatnya, pada tahun 1947, pabrik bermana Khong Guan Biscuit Factory (Singapore) Limited akhirnya resmi berdiri di Singapura. 

biskuit pun laris terjual, dan mengalami peningkatan pesat, lantas pabrik-pabrik Khong Guan pun mulai banyak dibuat di sejumlah negara di Asia Tenggara.

Khsusnya di Singapura, Indonesia juga, serta Malaysia, diawal tahun 1980 an pabrik Khong Guan ini mulai dibuat di wilayah pinggiran di Tiongkok.

Sementara di Indonesia sendiri, Khong Guan memenuhi beberapa pasar seperti Biskuit Malkist, Khong Guan besar atau jumbo, dan juga beberapa produk Khong Guan ternama Biskuit.

Begitulah sejarah awal mula biskuit Khong Guan yang populer hingga saat ini. Tak jarang yang tahu, awal mula apalagi biskuit yang sudah dikenal secara turun temurun ini.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.