Asal-Usul Nama Rungrado May Day, Stadion Terbesar di Dunia

Asal-Usul Nama Rungrado May Day, Stadion Terbesar di Dunia

Berbicara soal terbesar di dunia, jawabannya bukan di Eropa yang terkenal dengan atau juga bukan di Amerika Serikat dengan ajang NFL. terbesar di dunia ada Asia yaitu di Korea Utara, yakni .  

berkapasitas 150.000 atau 114.000 tempat duduk, menjadi terbesar di dunia mengalahkan besar lainnya di Eropa maupun Amerika, mengalahkan wembley di

Siapa yang menyangka jika Korea Utara memiliki terbesar di dunia,   dikabarkan dibangun setelah Korea Selatan berhasil menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 1988. Kemudian pada tanaggal 1 Mei 1989 diresmikan Korea Utara, atau bertepatan pada Hari Buruh.   

Baca juga  Intip Kemegahan Stadion St. James Park, Rahasia Dibalik Keuntungan Newcastle United
Asal-Usul Nama Rungrado May Day, Stadion Terbesar di Dunia
Sejarah stadion

Stadion berada di lahan seluas 20,7 hektare di Pulau Rungrado, Pyongyang, di dekat Sungai Taedonggang, Korea Utara.

memiliki desain yang cukup menarik diluarnya. Stadion tersebut memiliki 16 lengkungan seperti topi di bagian atas sehingga mirip seperti kelopak bunga magnolia. Stadion ini juga memiliki ketinggian 60 meter dengan total luas lantai lebih dari 207.000 meter persegi.

Tepat pada 1 Mei 1989 stadion olahraga terbesar di muka bumi resmi dibuka. 

Bukan di benua Eropa atau Amerika, stadion terbesar di dunia berada di benua Asia yakni di Korea Utara.

Asal-Usul Nama Rungrado May Day, Stadion Terbesar di Dunia
Photo by Feng Li/Getty Images

Stadion ini memiliki 150.000 kursi, yang merupakan stadion non-balap mobil berkapasitas terbesar di dunia.   Nama Rungrado sendiri diambil dari nama pulau kecil bernama Rungra, pulau dimana stadion itu berdiri dan bersebelahan dengan Sungai Taedong. dan nama May Day berarti hari buruh, maka stadion ini bernama stadion hari buruh.

Baca juga  Mengenal Stadion Sir Hubert Murray Stadium, Kebanggan Papua New Guinea

Selain untuk acara olahraga ( dan cabang olahraga lainnya), biasanya stadion Rungrao May Day dipergunakan untuk kegiatan festival hiburan dan upacara parade militer.

Agenda tahunan yang biasa dilakukan di Stadion , tentu dilakukan setiap tanggal 1 Mei, dimana upacara akan digelar bertepatan pada hari buruh internasional.

Asal-Usul Nama Rungrado May Day, Stadion Terbesar di Dunia
Asal-Usul Nama Rungrado May Day, Stadion Terbesar di Dunia
Penampakan Stadion Rungrado May, Pyongyang, Korea Utara.(DOK. StadiumDB.com/KCNA/stadiumdb.com)

Stadion ini dibangun sebagai sebuah stadion utama untuk edisi 13 Festival Pemuda dan Pelajar Dunia pada tahun 1989. Saat ini digunakan untuk pertandingan , atletik, beberapa buah pertandingan, tetapi paling sering untuk Festival Arirang. 

Baca juga  10 Stadion Terbaik di Australia

Stadion ini menjadi tempat penyelenggaraan olahraga senam kolosal d yang terkoreografi bernama “Arirang” serta penampilan artistik.

Pertunjukan megah ini melibatkan untuk kali pertama sekitar lebih dari 100.000 orang, yang melebihi jumlah penonton yang dibuka pula bagi warga negara asing, ini hal yang jarang terjadi.

   Stadion ini kini menjadi acara tahunan di Pyongyang yang digelar antara bulan Agustus hingga September, dan tercatat di Buku Rekor Guinness mencatat acara ini sebagai yang terbesar di dunia.  

 Nah, itu tadi asal-usul nama , stadion terbesar di dunia saat ini. 

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra