Asam Sitrat, Si Kecil Banyak Manfaat


Asam Sitrat, Si Kecil Banyak Manfaat 1

Saat haus, makan manisan buah terasa sangat menyegarkan. Rasa manis dan sedikit asamnya membuat tubuh kembali fres. Rasa masam pada manisan buah bukan hanya berasal dari buahnya saja, melainkan dari asam sitrat yang ditambahkan.

ASam sitrat merupakan senyawa yang berasal dari tumbuhan genus sitrus. Zat ini merupakan bahan pengawet alami yang aman untuk kesehatan. Selain berguna dalam makanan, asam sitrat ternyata sangat ampuh sebagai bahan pembersih yang aman bagi kulit dan peralatan. Asam sitrat berbentuk butiran putih, hampir sama dengan bentuk garam atau gula pasir. Berikut beberapa kegunaan asam sitrat:

1. Membersihkan noda kopi dan teh

Noda kopi dan teh yang menempel pada cangkir sangat sulit dibersihkan meskipun sudah kita rendam dengan cairan pencuci piring. Untuk menghilangkan noda ini campurkan satu sendok asam sitrat pada 100 ml, tambahkan cairan pencuci piring. Gosok cangkir menggunakan spon yang sudah dibasahi dengan cairan tersebut. Cangkir bernoda akan kembali bersih mengkilap.

2.  Membersihkan lantai kamar dan dinding kamar mandi

Lantai dan dinding yang menguning karena kotor dapat menjadi sarang kuman yang berbahaya. Biasanya kotoran ini baru hilang jika dibersihkan dengan cairan kimia khusus pembersih toilet. Sayangnya selain mahal, cairan tersebut juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Sebagai gantinya kita dapat menggunakan asam sitrat.

Untuk lantai kamar mandi, basahi semua permukaan lantai. Taburkan asam sitrat secukupnya, terutama di bagian yang banyak terdapat kerak. Diamkan sekitar 30 menit. Gosok dengan sapu khusus kamar mandi. Siram dengan air. Lantai akan kembali bersih dan bebas kuman.

Untuk dinding kamar mandi, larutkan satu bungkus asam sitrat dengan satu ember air. Siram dinding kamar mandi dengan air tersebut. Diamkan 30 menit. Gosok dengan sikat kamar mandi. Pada bagian yang membandel bisa juga dengan menaburkan sedikit asam sitrat di sikat, kemudian gunakan untuk menyikat dinding. Setelah itu siram dengan air secukupnya.

3. Membersihkan noda membandel pada baju

Noda pada baju sering membuat repot. Terlebih pada baju berwarna. Jika salah menggunakan pembersih noda, dapat mengakibatkan warna baju menjadi pudar. Asam sitrat dapat digunakan untuk menghilangkan noda tersebut dan aman untuk warna pakaian. Larutkan asam sitrat dan detergen dengan air secukupnya. Rendam pakaian yang kotor selama 30 menit. Kucek sebentar dan noda membandel akan hilang.

4. Membersihkan kerak pada panci

Panci yang sudah lama digunakan bisa timbul kerak yang membuat panci terlihat kotor. Kerak pada panci dapat dihilangkan dengan asam sitrat. Caranya rendam panci dengan menggunakan larutan asam sitrat, diamkan sekitar 15 menit. Gosok menggunakan spon. Kerak akan hilang dan panci akan terlihat bersih kembali.

5. Menghilangkan ketombe

Selain menyebabkan rasa gatal, ketombe juga dapat merusak rambut. Ketombe yang membandel dapat dihilangkan dengan menggunakan asam sitrat. Larutkan ½ sendok asam sitrat, olehkan pada kulit kepala secara merata. Bilas sampai bersih. ketombe akan segera hilang.

Selain mempunyai banyak manfaat, asam sitrat juga mudah didapatkan di toko bahan kue, toko kelontong dan di warung. Harga asam sitrat juga cukup murah. Karena banyaknya manfaat asam sitrat, tidak ada salahnya jika kita selalu sedia di rumah.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Isnaini

   

Mantan bankir, ibu rumah tangga yang mempunyai hobi menulis dan merajut. Menulis merupakan cara untuk menambah teman, ilmu dan wawasan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap