Atasi Susah Nafas, 5 Tips Menjaga Pernafasan Kita Tetap Longgar


Atasi Susah Nafas, 5 Tips Menjaga Pernafasan Kita Tetap Longgar 1

Paru-paru adalah organ pernafasan di tubuh manusia. Pada manusia, paru-paru merupakan organ sangat penting yang berhubungan  sirkulasi darah menujuke otak.  Berbagai penyakit pernapasan bisa muncul dan menurunkan kualitas hidup seseorang bahkan dapat memicu kematian apabila kita tidak dapat menjaganya dengan baik.

Ingin atasi susah nafas atau sesak nafas, menjaga kesehatan paru-paru perlu kita lakukan. Berikut 5 tips menjaga pernafasan kita agar tetap longgar :

1. Berhenti merokok

Atasi Susah Nafas, 5 Tips Menjaga Pernafasan Kita Tetap Longgar 3
Photo by Cameron Spencer/Getty Images.com

Bukan rahasia lagi merokok sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, tak terkecuali masalah paru-paru. Merokok telah dikaitkan sebagai pemicu sebagian besar penyakit paru, mulai dari asma hingga kanker.

Setiap kali kalian menghisap rokok, ribuan bahan kimia masuk ke dalam paru-paru, termasuk nikotin, karbon monoksida, dan tar. 

Racun-racun atau lebih dikenala dengan toksin ini masuk dan merusak paru-paru Anda. Mereka meningkatkan lendir, dan mengiritasi serta mengobarkan jaringan. 

Secara bertahap, saluran pernafasan anda menyempit, membuatnya lebih sulit untuk bernapas.

2. Melatih pernafasan

Atasi Susah Nafas, 5 Tips Menjaga Pernafasan Kita Tetap Longgar 4
Photo by Cameron Spencer/Getty Images.com

Menurut penelitian beberapa ahli, melatih pernafasan diri kita sendiri sangat baik untuk menjaga pernafasan kita tetap longgar, teknik pernafasan ini terbukti bisa membuang toksin racun juga secara perlahan, tanpa kita sadarai paru-paru kita kembali sehat.

Teknik ini dilakukan dengan menarik nafas kita dalam-dalam selama beberapa detik, kemudian membuangnya perlahan.

Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari, jika rutin dilakukan maka sistem pernafasan kita akan menjadi longgar.

3. Menegakkan Punggung 

Atasi Susah Nafas, 5 Tips Menjaga Pernafasan Kita Tetap Longgar 5
Photo by Charles Ommanney/Getty Images.com

Tips ini belum pernah kita dengar sebelumnya, dengan metode menegakkan punggung dalam posisi duduk di kursi, punggung dalam posisi tegak lurus sambil mengangkat paru-paru ke depan, tangan lurus ke depan bawah, kemudian mengambil nafas melalui mulut kemudian membuangnya perlahan, cara ini akan membantu mengatasi susah nafas.

Cara ini dilakukan dalam posisi relaks atau tenang, selain untuk kesehatan paru-paru, cara ini juga berguna untuk menyehatkan jantung, yang mana dua organ ini saling berkorelasi.

4. Tidur terlentang posisi punggung dan kaki lurus, serta antara kaki dan dada saling menarik berlawanan.

Atasi Susah Nafas, 5 Tips Menjaga Pernafasan Kita Tetap Longgar 6
GEOFFROY VAN DER HASSELT/AFP via Getty Images

Cara ini belum pernah dilakukan oleh siapapun, dengan posisi badan lurus tidur terlentang, dan antara dada dengan ujung kaki saling menarik berlawanan, maka dapat berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah dari bawah sampai atas.

Cara ini sangat baik membuat nafas kita menjadi longgar.

5. Minum air putih banyak

Atasi Susah Nafas, 5 Tips Menjaga Pernafasan Kita Tetap Longgar 7
Darren England/Getty Images.com

Ketika Anda minum air putih cukup air setiap hari, hal ini akan menjaga paru-paru bekerja dengan baik. Selain itu, dapat membuat lebih mudah mengeluarkan lendir dari dalam paru-paru.

Air putih dalam jumlah banyak asal tidak berlebihaan dapat menjaga stabilitas oksigen dalam tubuh. Racun-racun dalam tubuh, khususnya dalam paru-paru akan keluar sendirinya melalui kencing maupun kotoran.Demikian cara mengatasi susah nafas dengan tips-tips diatas.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap