Aturan Minum Saat Puasa


Aturan Minum Saat Puasa 1

Selama bulan ramadhan, umat Islam menjalankan ibadah puasa dan tidak makan dan minum dari Subuh hingga Maghrib. Saat berpuasa di bulan ramadhan ini banyak sekali diantara kita yang mengalami kekurangan cairan.

Banyak orang tidak bagus kualitas hidupnya karena kurang minum, mulai dari terganggunya emosional karena mengalami dehidrasi, mengalami sakit kepala, pusing, lemas sampai yang paling berat bisa menderita batu ginjal karena kebiasaan tidak suka minum atau karena tidak mengetahui aturan minum yang benar.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, orang dewasa saat berpuasa idealnya minum dua liter atau 8 gelas cairan dalam sehari di bulan puasa. Tapi kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda bisa bertambah tergantung dengan aktivitas, cuaca dan keadaan metabolisme masing-masing orang.

Di Indonesia yang beriklim tropis terutama saat musim kemarau, kebutuhan akan cairan tentu akan meningkat. Namun banyak yang tidak dapat melakukannya dengan berbagai macam alasan. Ada yang mengatakan karena waktu untuk minum sedikit, telah kenyang duluan, atau tidak mengetahui kapan waktu minum yang tepat.

Nah kementrian kesehatan negara kita telah membuat suatu pedoman bagi kita. Pedoman ini bertujuan memudahkan kita dalam mengatur jadwal minum sehingga kebutuhan cairan minimal kita saat puasa tercapai dan kita bisa menjalankan puasa dengan baik dan sehat. Tentunya jika sehat kita bisa menimba pahala sebanyak-banyaknya selama bulan ramadhan.

Berikut waktu yang dianjurkan untuk kita minum 1 gelas air saat :

  1. setelah bangun sahur
  2. setelah sahur
  3. saat berbuka puasa
  4. setelah makan
  5. setelah sholat magrib
  6. setelah sholat isya
  7. setelah sholat tarawih
  8. sebelum tidur

Saat sahur cukup minum dua gelas air, yaitu satu gelas saat bangun ketika akan sahur dan satu gelas setelah makan sahur. Kebanyakan dari kita malah minum sebanyak-banyaknya saat sahur. Namun minum berlebih saat sahur tidak akan menjaga kita dari kehausan saat puasa siangnya. Saat berbuka puasa sebaiknya minum segelas air hangat.

Cairan yang diminum tidak harus air putih. Kita bisa mengkonsumsi susu atau jus buah-buahan tanpa gula atau sayuran. Namun yang paling bagus tentunya minum air putih delapan gelas sehari. Selain murah, mudah didapat juga mengandung segudang manfaat. 

Selama bulan puasa sebaiknya dihindari meminum minuman yang mengandung cafein seperti kopi dan juga minuman bersoda, karena akan membuat kita sulit tidur dan bisa menyebabkan penimbunan lemak pada tubuh kita. Selain itu cafein juga bisa membuat kita cepat kehilangan cairan tubuh yang menyebabkan kita lebih cepat haus. Jadi, minum bersoda dan bercafein hanya bisa melepas dahaga sesaat. 

Selain minum delapan gelas air sehari, kita juga di anjurkan mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan airnya. Kita bisa mengkonsumsi buah-buahan, sayuran dan juga makanan yang mengandung kuah, seperti sup. Selain mencukupi kebutuhan air, kita juga mendapatkan banyak manfaat dari vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran.

Nah, sudah tau ya sobat bagaimana aturan dan saat yang tepat bagi kita minum untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita selama puasa di bulan ramadhan. Semoga sobat dapat menerapkannya selama berpuasa. Mudah-mudahan kita semua terhindar dari dehidrasi selama berpuasa dan bisa berpuasa sampai akhir bulan ramadhan.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

shy_gals21

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap