Bagaimana Cara Memulai Bisnis Tanpa Takut Gagal ?

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Tanpa Takut Gagal ? 1

Memiliki pekerjaan tetap di suatu perusahaan terkemuka merupakan impian setiap orang. Banyak orang berlomba-lomba menjadi pegawai di suatu perusahaan agar bisa mendapatkan penghasilan tetap tiap bulan. Dengan memiliki pekerjaan tetap disuatu perusahaan, sebagian orang merasa cukup dan tidak perlu melakukan hal lain lagi. Namun, Pernahkah kita memikirkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui bisnis kita sendiri? Mungkin banyak orang yang pernah memikirkannya dan bahkan sedang memikirkannya. Namun banyak juga yang sulit untuk merealisasikannya.

Memulai bisnis bagi kebanyakan orang tidaklah mudah. Apalagi memang pada dasarnya orang tersebut tidak memiliki jiwa pengusaha atau entrepreneur. Banyak orang yang “takut gagal” dalam memulai bisnis meskipun mereka memiliki modal yang cukup untuk menjalankannya.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Tanpa Takut Gagal ? 3

Berikut merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis tanpa takut gagal.

1. Lakukan Persiapan Untuk Menghindari Kegagalan

Untuk menghindari ketakutan dalam berbisnis akibat kegagalan, ada baiknya Anda melakukan persiapan dalam bisnis Anda terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi resiko kegagalan dalam bisnis Anda.  berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan persiapan dalam memulai bisnis :

A. Pertimbangkan kemungkinan terburuk. Dalam beberapa bisnis tentunya akan ada kemungkinan terburuk yang akan terjadi di di tengah perjalanan. Kemungkinan terburuk itu bisa saja dari bencana alam, bahan baku yang langkah ataupun kompetitor. Jika kita telah mempertimbangkan kemungkinan terburuk dalam bisnis kita, tentunya kita dapat memilah bisnis apa yang memiliki resiko yang kecil. Hal ini tentunya dapat meminimalisir kegagalan dalam bisnis kita.

B. Selalu siapkan rencana darurat. Rencana darurat penting untuk dibuat jika kita ingin menjalankan sebuah usaha. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kerugian jika sewaktu-waktu usaha yang kita lakukan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. 

C. Analisa terlebih dahulu bisnis Anda dengan baik sebelum memulainya. Hal ini penting dilakukan supaya Anda mengetahui bagaimana gambaran kedepannya saat Anda menjalankan bisnis Anda. 

2. Berfikir & bersikap positif

Sebagai pengusaha, tentunya sangat dibutuhkan pikiran positif dalam menjalankan bisnisnya. Pikiran positif mampu membuang rasa ragu saat Anda ingin memulai suatu usaha.

Dengan berfikir positif, kita juga akan kebanjiran ide-ide dalam menjalankan suatu bisnis. Pikiran yang positif juga mampu membantu kita saat menghadapi masalah dalam menjalankan usaha nantinya.

Kepercayaan dalam diri kita tidak akan datang saat ingin menjalankan usaha jika kita selalu berfikiran negatif. Sebenarnya bukan hanya dalam berbisnis, tentunya pikiran positif juga sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Ini tentunya sangat berguna untuk psikis kita.

3. Buat konsep bisnis yang Simpel tetapi rinci

Jika Anda ingin memulai suatu bisnis, tentunya Anda harus memiliki gambaran jelas mengenai bisnis yang akan Anda jalankan nantinya. Ini dilakukan agar nantinya Anda dapat dengan mudah mengelola bisnis sesuai dengan gambaran diawal. Misalnya jika Anda ingin membuka bisnis minuman, tentukan bisnis minuman apa yang ingin anda buat.

Cari tahu juga minuman yang sedang hits pada masa sekarang ini namun masih sedikit kompetitor. dengan demikian Anda lebih mudah memasarkan produk Anda nantinya. Setelah Anda mengetahui produk minuman apa yang akan dijual, kemudian cari supplier atau pemasok bahan baku usaha anda nantinya. Carilah suplier yang memiliki bahan baku berkualitas bagus namun harganya masih sangat terjangkau sehingga harga produk Anda masih bisa bersaing di pasaran.

Selain itu pastikan apakah anda nantinya hanya akan berjualan langsung saja atau apakah ingin memanfaatkan aplikasi pembantu seperti grabfood dan gofood untuk memasarkan produk anda. Dengan perencanaan yang matang, tentunya akan meminimalisir kegagalan.

4. Hitung modal yang diperlukan

Pada umumnya, hal yang membuat orang takut memulai sebuah usaha adalah karena modal. Sebenarnya, Anda masih tetap bisa menjalankan usaha jika anda tidak memiliki modal. Anda bisa mencoba menjadi reseller ataupun dropshipper dari produk orang lain. Anda tinggal mencari supplier yang menawarkan produk dengan harga yang murah.

Namun, jika Anda ingin membuat usaha sendiri tentunya diperlukan modal. Agar anda yakin nantinya usaha bisa berjalan, anda bisa menghitung modal yang diperlukan terlebih dahulu. Anda bisa memulai usaha dengan modal yang lebih kecil terlebih dahulu. Jika usaha Anda sudah di kenal orang, barulah mulai menambahkan modal untuk melakukan ekspansi atau pengembangan usaha Anda.

5. Lakukan riset pasar/ konsumen

Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui respon konsumen terhadap bisnis yang akan Anda jalankan. dengan melakukan riset awal, setidaknya kita bisa mengetahui gambaran dari bisnis kita nanti apakah akan diminati pasar atau tidak.

Misalnya jika Anda ingin berjualan makanan, coba buat tester terlebih dahulu lalu berikan kepada beberapa tetangga Anda. Jangan lupa untuk meminta kritik dan saran terhadap produk Anda untuk menjadi perbaikan agar di dapatkan produk dengan kualitas dan rasa yang baik. 

Jika langkah-langkah di atas sudah Anda jalankan, sebaiknya langsung saja mulai untuk menjalankan bisnis Anda. jangan menunda-nunda untuk menjalankan suatu bisnis, karena nantinya bisnis Anda tidak akan terealisasi. yang terpenting jangan pernah takut mencoba. jika Anda sudah mulai mencoba menjalankannya, maka nantinya Anda akan tahu sendiri apa yang akan Anda lakukan untuk memajukan bisnis Anda. Selamat Mencoba !!!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

RZN