Bagaimana cara memunculkan tekad, sang penentu kesuksesan?

Bagaimana cara memunculkan tekad, sang penentu kesuksesan? 1

Banyak orang yang merasa takut untuk mulai melangkah atau mengambil keputusan. Hal itu dikarenakan adanya bayanyangan kegagalan yang begitu besar di benak mereka. Untuk menjadi seorang yang sukses memang tidak mudah. Selain kecerdasan, tekad merupakan salah satu hal yg harus dimiliki. Kecerdasan mungkin bisa kita dapatkan melalui Pendidikan, akan tetapi bagaimana dengan tekad? Untuk itu, kita terlebih dahulu harus memahami arti kata tekad itu sendiri.

Tekad adalah kemauan kuat yang pasti, bermula dari keyakinan yang teguh dengan maksud yang baik dan benar untuk mencapai tujuan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tekad adalah kemauan (kehendak) yang pasti; kebulatan hati; iktikad.

Pada 1980-an, muncul teori yang dapat diterima secara umum. Teori itu menyebutkan bahwa kekuatan tekad merupakan keahlian yang bisa dipelajari, sesuatu yang bisa diajarkan dengan cara yang sama seperti matematika dan mengucapkan “terima kasih” yang diajarkan kepada anak-anak.

Akan tetapi, teori ini memunculkan pertanyaan-pertanyyan yang sepertinya tidak terjawab. Kekuatan tekad sebagai keahlian dianggap bukan jawaban yang memuaskan, karena keahlian merupakan sesuatu yang bersifat konstan dari hari ke hari. Sedangkan tekad tidak konstan. Ada hari dimana tekad kita menjadi kuat dan akan ada hari dimana tekad kita memudar atau bahkan hilang sama sekali.

Setelah itu, banyak peneliti yang melakukan penelitian lebih lanjut mengenai tekad. Pada pertengahan 1990-an, Mark Muraven (salah satu anggota kelompok kandidat Ph.D psikologi di Case Western) menemukan bahwa kekuatan tekad bukan sekadar keahlian, melainkan otot layaknya otot pada lengan dan kaki. Otot tersebut bisa lelah jika digunakan untuk melakukan pekerjaan yang semakin melelahkan, sehingga tenaga yang tersisa untuk pekerjaan lain semakin berkurang.

Oleh karena itu, jika kamu ingin melakukan sesuatu yang membutuhkan kekuatan tekad di akhir hari, maka kamu harus menghemat otot kekuatan tekad hari itu. Jika kamu sudah menghabiskan tekad di awal harimu, maka kamu akan kehilangan tekad pada akhir harimu.

Bagaimana cara memunculkan tekad, sang penentu kesuksesan? 3

Untuk bisa melatih kekuatan tekad yang kita miliki, kita harus memaksa diri kita untuk mulai melangkah dan melakukan sesuatu. Sewaktu kita memaksa diri kita untuk melakukan sesuatu, cara berpikir kita akan berubah dan kita akan menjadi lebih baik dalam menata dorongan hati atau keinginan. Kita akan belajar untuk menolak keinginan serta mulai memahami irama kekuatan tekad, dan otak kita akan membantu kita untuk fokus pada tujuan.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa otot kekuatan tekad bisa menjadi mudah lelah ketika ada instruksi yang tidak ramah. Saat orang diminta untuk melakukan sesutau yang mereka anggap sebagai urusan pribadi atau sesuatu yang mereka sukai, maka hal itu tidak akan terlalumembuat lelah. Dan jika mereka merasa tidak punya kekuasaan dan hanya menuruti perintah, maka mereka akan cepat merasa lelah.

Jadi, untuk menumbuhkan kekuatan tekad penuh, latihlah dengan menghemat kekuatan tekad yang kita miliki pada hari itu. Ketika kita ingin menumbuhkan kebiasaan yang memerlukan kekuatan tekad penuh, penting untuk menghemat kekuatannya dengan tidak terlalu menguras energi di kegiatan lainnya.

Selain itu, anggap kebiasaan itu ada di bawah kendali kita, agar kita dapat meningkatkan fokus dan energi ketika membentuknya. Serta paksakan diri kita untuk mulai melangkah dan melakukan sesuatu yang baru.  

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Shabrina