Bagaimana Cara Mengatasi Stres Yang Baik Dan Benar?

Bagaimana Cara Mengatasi Stres Yang Baik Dan Benar? 1

Setiap orang pastinya memiliki kesibukannya masing-masing. Ada yang bersekolah, bekerja hingga melakukan aktiftitas di rumah seperti misalnya ibu rumah tangga.

Dari banyak kesibukan itu, terkadang kita juga diperhadapkan dengan berbagai tantangan seperti misalnya masalah ekonomi, masalah keluarga dan bahkan masalah dalam bersosialisasi. Hal ini tentunya tidak bisa kita hindari, dan  berikut ada beberapa tips untuk mengurangi stres yang berlebihan. 

1. Berhentilah sejenak dari kesibukan dan mulainya lah untuk berdoa dan beribadah

Seringkali kita dikejar oleh deadline dan disaat yang bersamaan juga ada masalah yang menghadang sehingga kita sering merasa stres dan mulai lelah dalam menjalani kehidupan ini.

Banyak sekali orang yang mulai lupa bahwa sejatinya manusia butuh istirahat dan paling utama kita butuh Tuhan Yang Maha Esa untuk menolong dan menguatkan diri kita. Berhenti yang dimaksud adalah beristirahat dalam jangka waktu yang dibutuhkan karena tubuh kita tidak bisa diforsir berlebihan.

Bagaimana Cara Mengatasi Stres Yang Baik Dan Benar? 3

Ketika kita merasa stres, ada baiknya jika kita berdoa kepada Yang Maha Kuasa untuk mendampingi kita dan menemani kita di situasi yang sulit. Kita adalah manusia yang lemah dan tentunya perlu pertolongan Yang Maha Kuasa untuk memberikan kita kekuatan.

Kita berdoa agar bisa menjadi lebih kuat karena masalah akan tetap ada selama kita hidup sehingga kita perlu kekuatan untuk bertahan. Ada kalanya kita berdoa sambil menangis kepada Yang Maha Esa ketika dilanda masalah, tetapi percayalah bahwa berdoa dan mengandalkan Tuhan itu lebih baik jika kita hanya mengeluh dan memikirkan masalah kita. 

2. Mulai mengatakan hal yang positif dan kata-kata yang bisa menyemangati diri

Bagaimana Cara Mengatasi Stres Yang Baik Dan Benar? 4

Ada kalanya ketika kita merasa stres, diri kita tidak bisa antusias atau semangat dalam menjalani kehidupan. Berpikiran positif dan mengatakan hal yang baik kepada diri sendiri bisa menjadi salah satu obat yang membantu kita ketika sedang stres. Jika kita melihat cermin, katakanlah pada diri anda sendiri bahwa anda bisa melakukan tugas ini / saya pasti bisa melewati tantangan ini.

Selain berbicara pada diri sendiri, mungkin anda bisa mengungkapkannya dalam hati sambil berdoa kepada Yang Maha Esa bahwa anda kuat untuk menjalani semua tantangan dalam hidup anda.

Pada waktu anda bekerja, anda juga bisa menyemangati diri sendiri dengan menulis di secarik kertas tentang apa saja yang anda rasakan. Tuang semua rasa sedih, kesal, marah dan kecewa kedalam tulisan itu agar hati anda bisa lega dan bisa meringankan sedikit pikiran anda.

Setelah merasa baikan dengan kekesalan yang ditulis secarik kertas. Buanglah kertas itu dan ambil kertas baru. Kertas baru itu bisa digunakan untuk menulis quotes yang bisa menyemangati diri anda. 

3. Lakukan hal yang disukai seperti misalnya hobby atau Me Time

Bagaimana Cara Mengatasi Stres Yang Baik Dan Benar? 5

Saat sedang stres, seringkali kita tidak bisa melakukan hobby yang dahulu sering dilakukan sebelum pekerjaan ataupun tugas melanda. Carilah waktu yang tepat dimana anda bisa melakukan hobby tersebut. Tiap orang tentunya memiliki hobby yang berbeda ada yang menggambar, menyanyi, bermain musik, menulis hingga memasak.

Ketika kita melakukan hobby ada rasa ketenangan dan rasa bahagia karena kita bisa melakukan hal yang disukai dengan melupakan sejenak kesibukan yang biasanya kita jalani. Tidak masalah jika hobby dilakukan untuk menghilangkan stres asalkan sifatnya positif dan tidak merugikan orang disekitar ya! Mungkin diantara kita ada yang bingung dengan hobby nya dan bahkan tidak memiliki hobby.

Jadi bagaimana caranya menghilangkan stress? Jawabannya adalah dengan melakukan Me Time. Banyak sekali kegiatan Me Time yang membantu kita untuk menenangkan pikiran seperti misalnya memutar lagu di sore hari sambil menikmati secangkir kopi atau teh. Disaat seperti itu, kita bisa menghela nafas sambil menikmati minuman kesukaan.

Atau bisa juga dengan pergi ke suatu tempat yang disukai sambil berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan dari tempat yang kita sukai. Dengan melakukan hal yang positif dan menyenangkan, pikiran kita akan kembali segar seperti sedia kala.

4. Yang terakhir adalah tetap semangat dan jangan putus asa!!

Keep smiling and have a nice day peeps!
Keep smiling and have a nice day peeps!

Seseorang yang hebat adalah seseorang yang terus berjalan meskipun tertatih-tatih dan berjalan lambat. Banyak sekali orang yang berhenti begitu saja karena kehilangan semangat akibat tidak bisa mengendalikan stress. Teruslah berjalan walau langkah kita terasa berat.

Ingat kita hidup pasti memiliki tujuan dan setiap orang memiliki keistimewaannya masing-masing jadi kita tidak perlu merasa risau atau putus asa jika kita belum bisa mencapai apa yang kita inginkan. Segala sesuatu ada waktunya, ingat selalu untuk terus mengandalkan Tuhan dalam segala kegiatan maupun aktivitas yang kita jalani.

Hidup ini bukan perlombaan, semua orang sudah memiliki porsi dan berkatnya masing-masing. Jadilah orang yang hebat karena saya yakin anda yang membacanya ini adalah orang yang kuat dan luar biasa!. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

YellowSky