Bagaimana Cara Mengucapkan atau Tone Bahasa Mandarin Secara Tepat (Part 2)


Bagaimana Cara Mengucapkan atau Tone Bahasa Mandarin Secara Tepat (Part 2) 1

Pada penulisan artikel sebelumnya, penulis telah memperkenalkan 5 (lima) macam nada atau tone yang digunakan dalam Bahasa Mandarin dan bagaimana cara mengucapkan nada – nada tersebut, sehingga dapat diucapkan secara tepat. Hal ini karena dalam Bahasa Mandarin jika beda nada, maka dapat memberikan arti yang berbeda, sehingga dapat menimbulkan salah paham antara Anda dan native speaker baik dari China maupun Taiwan. Jika Anda belum melihat artikel sebelumnya, dapat klik tautan ini https://digstraksi.com/bagaimana-cara-mengucapkan-nada-atau-tone-bahasa-mandarin-secara-tepat-part-1/

Penulisan artikel hari ini, penulis ingin menginformasikan 1 (satu) peraturan perubahan bunyi dalam Bahasa Mandarin, sehingga Anda dan saya harus memperhatikan saat melatih dan meningkatkan speaking skill, yaitu:

 Jika kata pertama menggunakan nada ketiga dan kata kedua juga menggunakan nada ketiga, maka cara membaca untuk kata pertama berubah menjadi nada kedua dan kata kedua tetap dibaca dengan menggunakan nada ketiga. Bagaimana maksud dari peraturan ini? Agar tidak menjadi bingung penulis akan memberikan beberapa contoh untuk memudahkan Anda memahami mengenai perubahan tersebut:

Sumber: Dokumentasi Penulis
Sumber: Dokumentasi Penulis

Jika kedua kata tersebut diucapkan secara sendiri – sendiri, maka kata “你” akan dibaca dengan nada ketiga dan kata “好” juga akan dibaca dengan nada ketiga. Apabila kedua kata tersebut digabungkan menjadi satu, kemudian dibaca dengan menggunakan nada ketiga dan nada ketiga, maka akan menyulitkan Anda dalam mengucapkan kata tersebut, sehingga untuk memudahkan pengucapan, diberikan solusi menjadi kata “你” mengalami perubahan cara membaca, sehingga dibaca dengan nada kedua dan kata “好” tetap akan dibaca dengan nada ketiga. 

Sumber: Dokumentasi Penulis
Sumber: Dokumentasi Penulis

Apabila kata “可以” memiliki arti bisa atau dapat melakukan sesuatu dibaca kata per kata, maka  kata ” akan dibaca dengan nada ketiga dan kata “以” juga akan dibaca dengan nada ketiga. Jika kedua kata tersebut digabungkan menjadi satu, kemudian dibaca dengan menggunakan nada ketiga dan nada ketiga, secara dampak akan menyulitkan Anda dalam mengucapkan kata tersebut, sehingga untuk memudahkan pengucapan, diberikan solusi menjadi kata ” akan mengalami perubahan cara membaca, yaitu dibaca dengan nada kedua dan kata ” tetap akan dibaca dengan nada ketiga.   

Demikianlah penulisan artikel hari ini tentang peraturan perubahan bunyi jika kata pertama dan kata kedua sama – sama menggunakan nada ketiga dan bagaimana cara pengucapannya? Jika ada contoh lain silahkan Anda bagikan melalui kolom komentar, jika ada kritik dan saran dapat juga berbagi melalui kolom komentar. Jika kesalahan yang dilakukan penulis secara sengaja maupun tidak sengaja mohon maaf sebesar – besarnya. Selamat bertemu di artikel selanjutnya karena topik nada atau tone dalam Bahasa Mandarin masih berlanjut. Terima kasih!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

ho_erik_hosan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap