Bagaimana Jepang Berhasil Tangani Pandemi Corona Secara Mengejutkan

Bagaimana Jepang Berhasil Tangani Pandemi Corona Secara Mengejutkan

Selalu ada hal yang mengejutkan dari . Negeri asal olahraga sumo itu mengakui berhasil menangani virus pada akhir bulan Mei 2020 ini.

Padahal di saat yang sama, di berbagai belahan dunia mulai dari Serikat sampai Indonesia, masih menjadi momok yang memporak-porandakan tatanan normal yang ada. Berbagai bidang dan dimensi harus dipaksa berubah total setidaknya beradaptasi.

Lalu seperti apa pemandangan saat ini. Tercatat di negara asal Miyabi itu, pemerintah telah menormalkan berbagai bidang dan aktivitas masyarakat.

Perdana Menteri (PM) Abe juga telah mencabut label keadaan darurat di 42 dari 47 wilayah yang ada. Bandingkan dengan Indonesia yang masih harus berkutat dengan pandemi ini.

memang sempat menyatakan keadaan darurat pada 7 April lalu. Walau begitu tercatat jumlah kematian hanya 800an orang hingga akhir Mei ini.

Baca juga  Fakta Menarik Boruto Episode 177, Ao Akhirnya Muncul

Lantas apa saja kunci keberhasilan . Banyak pakar masih berdebat mengenai hal ini. Mereka ternyata masih tergagap-gagap mengetahui bahwa dari 126 juta penduduk, jumlah kematian ‘hanya’ 800 orang. Bandingkan dengan Jerman dan Italia dengan presentasi kematian jauh lebih tinggi.

Padahal tercatat sebagai salah satu negara dengan persentasi jumlah penduduk usia lanjut yang tinggi. Para manula di mendominasi struktur penduduk negeri sakura itu.

Beberapa dugaan yang muncul terkait kunci sukses dalam mengendalikan Covid 19 pun bermunculan.

 

bangsa dinilai menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan negeri itu menahan laju serangan .

Warga memang sangat familiar dengan penggunaan , hand sanitizer, pola , dan bahkan berolah-raga.

Baca juga  10 Fakta Serangan Pearl Harbor, Salah Satu Pemicu Perang Dunia II

Mayoritas masyarakat juga sangat memperhatikan lingkungan dan diri sendiri. Ini menjadi kunci bagi kemenangan atas .

 

Kualitas Kesehatan

Pelayanan kesehatan yang berkualitas dengan standard tinggi memang menjadi salah satu ciri khas orang Jepang.

Hal ini juga dinilai sebagai salah satu faktor begitu kecilnya angka kematian di negeri yang memiliki lebih dari 100 juta penduduk itu.

 

Mempersiapkan New Normal

Perdana Menteri Shinzo Abe beberapa waktu lalu sudah menerapkan kebijakan yang cenderung ‘berbeda’ dibanding pemerintah lainnya di seluruh dunia.

Alih-alih melakukan pembatasan luar biasa, Abe justru melakukan ringanĀ yang unik, dengan tidak menerapkan pinalti atau tindakan hukum bagi mereka yang melanggar.

Baca juga  Aman Nggak Sih Potong Rambut Ketika Corona Begini?

Pemerintah Jepang juga sudah menyusun beberapa kebijakan, seperti mengijinkan restoran dan bar buka hingga pukull 10 malam. Otoritas berwenang di Jepang juga sudah mulai membuka kembali kantor dan sekolah.

 

Tantangan bagi Jepang

Walau begitu seperti negara-negara lain di seluruh dunia, Jepang juga merasakan hantaman yang luar biasa di bidang ekonomi dan keuangan.

Ada banyak sektor yang terdampak pandemi virus ini. Untuk mengatasi hal tersebut, Jepang berencana memberikan stimulus berupa bantuan ekonomi dengan berbagai bentuk senilai 1.5 triliun dolar.

Lalu bagaimana dengan masyarakat Indonesia. Kita bisa mencontoh Jepang dalam bidang disiplin dan kepedulian tinggi akan . Semoga Indonesia segera bisa menyusun Jepang serta menangani dan mengendalikan pandemi Covid 19 ini.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.