Bagaimana Rem Angin Bekerja?


Bagaimana Rem Angin Bekerja? 1

Rem merupakan komponen yang sangat vital pada sebuah kendaraan,sebagai sarana keselamatan,tentunya rem harus mempunyai daya yang kuat untuk menahan laju kendaraan,semakin besar kendaraan nya,maka daya cengkraman rem juga harus lebih besar.

Berbeda kendaraan tentunya mekanisme pengereman juga berbeda,seperti hal nya truk dan bus,sistem pengereman pada kendaraan seperti ini berbeda dengan kendaraan konvensional pada umumnya,yakni menggunakan angin sebagai tenaga utama pengereman.

Lalu,bagaimana sistem kerja rem angin?

Perlu di ketahui bahwa rem angin merupakan mekanisme rem yang memanfaatkan energi tekanan angin sebagai pendorong atau penggerak kampas rem,sistem kerja rem ini hampir serupa dengan air suspension.

Rem ini terdiri dari beberapa komponen utama yakni:

COMPRESSOR

Bagaimana Rem Angin Bekerja? 3

Fungsinya ialah mengkompresi udara dari luar untuk masuk ke dalam penyimpanan yang di gerakkan oleh tenaga mesin,compressor juga dilengkapi dengan regulator yang mana fungsinya ialah menghentikan suplai udara ke dalam penyimpanan secara otomatis pada saat udara telah terisi maksimal.

 

AIR TANK

Bagaimana Rem Angin Bekerja? 4

Adalah tangki udara sebagai media penyimpanan udara bertekanan yang berasal dari compressor,air tank sendiri telah di lengkapi dengan air dryer yaitu alat yang berfungsi menyaring uap air yang terbawa di udara,uap air akan di tampung pada suatu wadah khusus dan akan di buang melalui check pot.

 

BRAKE CHAMBER

Bagaimana Rem Angin Bekerja? 5

Komponen ini berfungsi mengubah tenaga angin menjadi gerakan mekanis,rangkaian ini terdiri dari membran,pegas diafragma,tuas dan slack adjuster.

 

KATUP UDARA

Bagaimana Rem Angin Bekerja? 6

Yang mana fungsinya ialah membuka dan menutup aliran udara bertekanan dari air tank ke brake chamber.

 

AIR HOSE

Bagaimana Rem Angin Bekerja? 7

Adalah selang khusus untuk mengalirkan udara bertekanan,selang ini terbuat dari karet sintetis dan logam sehingga memiliki daya tahan terhadap tekanan udara dengan lebih baik.

 

KAMPAS REM

Bagaimana Rem Angin Bekerja? 8

Umumnya bus di Indonesia memakai rem tromol,namun pada bus premium sekelas scania sudah memakai rem cakram atau disk brake.

Pada saat mesin hidup,compressor akan menyuplai udara ke dalam air tank,sehingga tekanan udara di dalam penyimpanan meningkat,pada saat tekanan udara melebihi batas,secara otomatis air tank akan membuang udara keluar,suara inilah yang terdengar khas pada truk ataupun bus.

Ketika tekanan udara di dalam penyimpanan rendah, compressor secara otomatis menyuplai kembali udara di dalam tangki penyimpanan,hal ini lah yang membuat tekanan udara pada rem stabil.

Ketika pedal rem di injak,secara otomatis katup udara terbuka dan menyuplai udara dari air tank ke brake chamber,semakin dalam pedal di tekan maka semakin besar supply udara yang mengalir dan menghasilkan energi pengereman yang besar pula.

Pada saat udara masuk ke dalam brake chamber maka akan menekan kampas rem yang bergesekan dengan drum brake hal ini lah yang membuat kendaraan melambat.

Sedangkan rem angin yang memakai disk brake,sistem kerjanya juga hampir serupa,hanya saja pada komponen nya memakai piston yang di kompresi udara sehingga membuat kampas bergesekan dengan disk brake,alhasil membuat kendaraan melambat atau bahkan berhenti.

itulah sekilas gambaran singkat tentang bagaimana mekanisme sistem rem angin,silahkan tinggalkan komentar anda di bawah.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Sayyid Aulia Akbar Alhabsyi

   

Menempuh dan fokus di jurusan halu selama beberapa dekade,hingga mencapai master

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap