Bagaimana Struktur Kalimat dalam Bahasa Mandarin? (Part 1)

Bagaimana Struktur Kalimat dalam Bahasa Mandarin? (Part 1) 1

Menulis adalah suatu cara yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan dalam lubuk hati lewat kata – kata yang tertuang dalam bentuk tulisan. Dengan menulis, akan membuat suasana hati menjadi lega karena telah diungkapkan dan menjadi suatu kenangan yang dapat diabadikan serta menjadi sejarah kehidupan.

Tulisan tersebut tidak hanya dibaca oleh diri sendiri, tetapi dibaca oleh orang lain, sehingga dalam menulis diperlukan penggunaan kalimat efektif.

Arif HP, 2013

Kalimat efektif dipahami sebagai sebuah kalimat yang dapat membantu menjelaskan sesuatu persoalan secara lebih singkat, jelas, padat, dan mudah dimengerti serta diartikan.

Nasucha, Rohmadi, dan Wahyudi, 2009

Kalimat efektif dipahami sebagai kalimat yang dapat menyampaikan informasi dan informasi tersebut mudah dipahami oleh pembaca.

Berdasarkan definisi para ahli, penulis setuju dalam menulis harus menggunakan kalimat efektif agar pembaca mudah memahami maksud penulis dan tidak menimbulkan perbedaan persepsi antara penulis dan pembaca. Pada penulisan artikel hari ini, penulis ingin berbagi bagaimana cara menulis kalimat efektif dengan menggunakan struktur kalimat versi Bahasa Mandarin? Semua akan dibahas dalam penulisan artikel dibawah ini. Selamat membaca!

Saat menulis dalam bahasa apapun termasuk dalam Bahasa Mandarin suatu kalimat harus memenuhi beberapa unsur, yaitu:

Subject (S)
Dalam Bahasa Mandarin, istilah subject disebut sebagai 主语 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 主語 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca zhǔ yǔ merupakan orang, benda, suatu hal atau masalah yang menjadi pokok pembicaraan.

Contoh Subject dalam Bahasa Mandarin, Jika tunggal. Sumber: Dokumentasi Penulis
Contoh Subject dalam Bahasa Mandarin, Jika tunggal. Sumber: Dokumentasi Penulis
Contoh Subject dalam Bahasa Mandarin, Jika dalam Bentuk Jamak. Sumber: Dokumentasi Penulis
Contoh Subject dalam Bahasa Mandarin, Jika dalam Bentuk Jamak. Sumber: Dokumentasi Penulis

Predikat (P)
Dalam Bahasa Mandarin, istilah predikat disebut sebagai 动词 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 動詞 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca dòng cí merupakan tindakan apa yang sedang dilakukan oleh subject dalam kalimat yang diungkapkan. 

Contoh Kata Kerja atau Predikat dalam Bahasa Mandarin. Sumber: Dokumentasi Penulis
Contoh Kata Kerja atau Predikat dalam Bahasa Mandarin. Sumber: Dokumentasi Penulis

Object (O)
Dalam Bahasa Mandarin, istilah object disebut sebagai 受词 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 受詞 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca shòu cí merupakan pelaku yang kena derita dan menjadi pelengkap untuk predikat atau kata kerja. 

Keterangan (K)
Dalam Bahasa Mandarin, istilah keterangan disebut sebagai 副词 (dalam aksara Chinese Simplified) atau 副詞 (dalam aksara Chinese Traditional) dibaca fù cí merupakan bagian kalimat yang sifatnya menerangkan subject, predikat dan object tersebut. Jenis keterangan terdiri dari berbagai macam, yaitu keterangan waktu, keterangan tempat, keterangan cara, dan lain – lainnya.

Dalam bahasa apapun termasuk Bahasa Mandarin pasti memiliki unsur S, P, O, K dalam kalimat yang disusun. Perbedaan kalimat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin akan dijelaskan melalui contoh dibawah ini:

Saya membaca buku di kamar (Bahasa Indonesia)
我看书在房间 dibaca Wǒ Kàn Shū Zài Fáng Jiān (Bahasa Mandarin). Kalimat ini termasuk salah karena keterangan tempat tidak boleh diletakkan setelah predikat maupun object. Untuk keterangan tempat harus diletakkan setelah subject atau sebelum predikat, sehingga kalimat yang benar untuk contoh tersebut menjadi:
我在房间看书 dibaca Wǒ Zài Fáng Jiān Kàn Shū

Dalam Bahasa Indonesia, struktur kalimat adalah S P O K dan kata keterangan sifatnya bebas dapat diletakkan di awal kalimat maupun di akhir kalimat, tetapi bagaimana struktur kalimat versi lengkap dalam Bahasa Mandarin? Untuk lebih detail akan dibahas pada artikel selanjutnya. Demikianlah penulisan artikel hari ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua orang, jika ada kritik dan saran mengenai artikel ini dapat bagikan melalui kolom komentar. Jika ada kesalahan yang dilakukan oleh penulis secara sengaja maupun tidak sengaja mohon maaf sebesar – besarnya. Terima kasih dan selamat membaca!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

ho_erik_hosan