Bagaimanakah Pasir Pantai Bisa Terbentuk?

Bagaimanakah Pasir Pantai Bisa Terbentuk?
beautiful sand beach

Ketika Anda ke pasti tidak akan pernah lepas dari yang namanya bermain . Karena di samping menyenangkan, juga dapat kita nikmati dengan aman dan nyaman. Tetapi pernahkah Anda bertanya-tanya dari manakah asal muasal sebelum bisa muncul di pinggiran ?

Asal-usul sangat berhubungan erat dengan pegunungan. Dari waktu ke waktu batuan yang ada di gunung terkikis mengalami proses pelapukan, akibat adanya tekanan gaya dari luar terutama pengaruh dan suhu sehingga batuan tersebut menjadi terurai dan menjadi bagian-bagian yang kecil atau fragmen yang ditransfer ke oleh aliran . Ketika fragmen itu sampai di selanjutnya akan dipindahkan ke sepanjang yang disebabkan oleh gelombang arus untuk membentuk tumpukan di .

Baca juga  Menakjubkan, Deretan 4 Pantai Rekomendasi di Kabupaten Rembang

Bagaimanakah Pasir Pantai Bisa Terbentuk?

juga bisa berasal dari batu karang dan - serta endapan sedimen yang ada di perairan dalam yang terbawa gelombang arus ke pinggiran . Selain berasal dari proses pelapukan batuan dari gunung tadi, ternyata ada jenis yang membantu proses keberadaan di , tersebut bernama Parrotfish atau biasa disebut juga dengan kakatua. yang memiliki rata-rata panjang empat puluh centi meter ini banyak menghuni perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Baca juga  Manfaat Kerang Hijau Bagi Ekosistem Pantai

Mereka hidup di termbu karang, yang berkarang, dan rerumputan di dalam untuk memakan alga. Selain memakan alga, kakatua ini juga memakan baktri dan mikroba lainnya. Uniknya, semua itu kemudian diuraikan dan dihaluskan dalam pencernaannya untuk kemudian dikeluarkan lagi dalam bentuk kalsium karbonat murni.

Bagaimanakah Pasir Pantai Bisa Terbentuk?

kakatua mampu menghasilkan sedimen baru lebih dari 85% pada terumbu karang di sekitar - yang menjadi habitatnya. Hal itu terjadi karena hanya dalam satu menit, kakatua berwarna cerah ini bisa makan sampai dua puluh kali. Dan seekor kakatua dewasa bahkan bisa menghasilkan 362 kg pada setiap tahunnya. Dan itu baru satu ekor, bayangkan jika ada puluhan, ratusan bahkan ribuan? Maka jumlah yang dihasilkan akan lebih banyak lagi dalam waktu satu tahun saja.

Baca juga  Pengaruh Perubahan Suhu Air Laut Terhadap Pertumbuhan Ikan

Itulah tadi penjelasan asal-usul pasir yang sering kita nikmati ketika adalah pilihan kita untuk melepas segala macam kepenatan.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

El-Pedia