Bagaimanakah Sejarah Negara Vietnam?

Bagaimanakah Sejarah Negara Vietnam? 1

Vietnam merupakan sebuah negara yang masuk di kawasan Asia bagian Tenggara. Vietnam berada satu kawasan dengan negara Indonesia. Namun apakah kalian tahu bagaimana sejarah Negara ini hingga terbentuk sebuah negara yang berdaulat sampai sekarang ini. 

Sejarah negara Vietnam cukup panjang dan berkelumit. Dinasti China menguasai wilayah Vietnam cukup lama, namun beberapa waktu kemudian keberadaan Dinasti China mulai tak lagi berkuasa, saat munculnya kekuasaan Dinasti Vietnam yang mulai memberontak dan mengambil alih kuasa.

Oleh karenanya munculah Monarki vietnam yang dikuasai dinasti vietnam secara silih berganti mulai mengambil alih kekuasaan yang dipimpin oleh raja-raja Vietnam.  Mereka dengan kekuatan luar biasa sanggup melawan dominasi kekuasaan Dinasti China yang telah lama menjadi penguasa munculnya kerajaan di Vietnam.

Begitulah akhir dari Dinasti China yang menguasai Vietnam cukup lama, yang kemudian perlahan mulai mundur karena tak sanggup melawan kekuatan dinasti Vietnam yang cukup kuat.

Namun beberapa tahun kemudian setelah dinasti vietnam dinasti oleh dinasti yang baru, banyak perlawanan yang mengatasnamakan anti dinasti yang baru. Mereka adalah orang-orang yang tak sependapat dengan kepemimpinan dinasti yang baru tersebut.

Alhasil, kerajaaan pun pecah menjadi dua kelompok, yakni wilayah utara dan wilayah selatan. Hal itulah yang menyebabkan kelumit yang dinamakan perang saudara di Vietnam, karena perbedaan kesepahaman yang terjadi hampir selama 200 tahun. Namun kelumit segera berakhir, setelah Dinasti baru membuat dua kelompok itu bersatu dan membuat nama baru menjadi negara Dai Nam dengan ibukota Hue.

Hal itu tak berlangsung lama, setelah bangsa Prancis mulai menduduki wilayah dai nam dengan mulai melancarkan serangannya tahun 1858, dan perang antara Prancis dengan Dai nam pun dimulai. Puncaknya saat Prancis menggempur hebat wilayah ibukota Hue, akibat serangan itu Dinasti Nguyen akhirnya sepakat menandatangani perjanjian perdamaian tahun 1883-1884 dengan Prancis.

Wilayah Dai Nam atau Negara Vietnam pun akhirnya dideklarasikan menjadi negara dibawah kekuasaan Prancis. Kekuasaan Perancis harus berakhir, saat Jepang mengambil alih Vietnam. Namun Jepang juga harus menyerah kepada AS tahun 1945, kemudian pada 2 September 1945, Vietnam mendeklarasikan kemerdekaan bangsa ini.

Setelah itu Prancis mencoba masuk kembali menduduki wilayah Vietnam, dengan alasan ingin membantu penyerahan tentara Jepang kepada AS. Namun Vietnam tak terima, perang pun dimulai. Serangan Vietnam mengenai benteng terakhir Prancis, Prancis pun menyerah dan dari situlah akhir dari penjajahan Prancis di Vietnam.

Setelah bersatunya Vietnam Utara dan Selatan pada 2 Juli 1976, Vietnam memproklamirkan sebagai Negara Sosialis Vietnam hingga sekarang.   

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.