Bagian Tubuh Manusia Yang Belum di Pahami Apa Fungsinya

Bagian Tubuh Manusia Yang Belum di Pahami Apa Fungsinya
Bagian Tubuh Manusia Yang Belum di Pahami Apa Fungsinya

Tubuh manusia merupakan hasil dari evolusi selama ribuan tahun, sehingga menghasilkan bentuk sempurna yang bisa beradaptasi dalam lingkungan ekstrem di bumi.

Mungkin itulah yang kita percayai selama ini, namun kenyataannya sedikit berbeda, tubuh manusia yang dianggap sempurna ini ternyata memiliki bagia-bagian yang sebenarnya tidak, atau belum di ketahui apa fungsinya.

Saya akan mengulas beberapa bagian tubuh manusia yang fungsinya masih di pertanyakan oleh para ilmuan.

1. Puting Pada Laki-laki

Bagian Tubuh Manusia Yang Belum di Pahami Apa Fungsinya

Seperti kita tahu, puting susu pada wanita berfungsi sebagai jalur keluarnya air susu yang di produksi oleh kelenjar susu. Tujuannya untuk menyalurkan nutrisi ke anak bayi yang belum bisa memakan makanan padat.

Baca juga  Mengenal Substansi Kehidupan: Kromosom

Sedangkan pada laki-laki, mereka tidak menyusui, lalu kenapa laki-laki tetap memiliki puting yang tidak ada gunanya?

Menurut para ilmuan memang benar, dalam tahap awal pengembangan embrio, saat kita semua masih dalam kandung ibu, bentuk fisik kita semua adalah wanita, pada usia kehamilan 18 minggu baru bisa kelihatan jenis kelamin dari calon bayi akan menjadi laki-laki atau perempuan. 

Sama dengan hewan mamalia juga seperti itu, mereka memiliki puting namun tidak di ketahui apa fungsinya.

2. Beberapa Otot Yang Tidak Memiliki Fungsi

Bagian Tubuh Manusia Yang Belum di Pahami Apa Fungsinya

Otot kapsul vibrissal (Otot getaran) merupakan sebuah otot yang berada di bawah hidung manusia. Kalau dalam hewan mamalia seperti kucing, otot ini berfungsi untuk menggerakkan kumis kucing, fungsinya sebagai sensor navigasi hewan mamalia saat dalam keadaan gelap. 

Baca juga  Wawancara My Modern Met dengan Wu Yung-Sen, Fotografer “Alien” Blackwater

Otot kapsul vibrissal ini masih ada tersimpan di dalam tubuh manusia, namun sudah kehilangan fungsinya, hal ini menandakan leluhur kita jaman purba, kemungkinan memiliki kumis seperti hewan mamalia, karena jaman dulu mungkin penerangan yang ada hanya cahaya bintang dan bulan.

Bagian Tubuh Manusia Yang Belum di Pahami Apa Fungsinya

Otot temporal pada telinga manusia, merupakan sebuah otot yang fungsinya untuk sedikit menggerakkan posisi kuping kita, para pembaca semua tentu bisa menggerakkan otot dari kuping tersebut, namun apa fungsinya bagi manusia? Sedang pada hewan otot ini berfungsi sangat vital, fungsi otot ini untuk menggerakkan posisi kuping dan mengarahkan posisi kuping ke arah asal suara yang tidak di kenal.

Baca juga  15 Fakta Sains Mencengangkan: Setengah Tubuhmu Terdiri dari Bakteri hingga Berkerabat dengan Jamur!

Hewan seperti kucing, anjing dan serigala sering menggunakan teknik ini, jika ada suara yang tidak di kenal maka kuping mereka akan bergerak mengarah ke asal suara tersebut, untuk menghindari kemungkinan ancaman yang sedang mendekat.

3.  Tumbuhnya Gigi Bungsu

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Setya Panca