Bahas Arti Josee, The Tiger and The Fish, Judul Anime dari Novel Seiko


Bahas Arti Josee, The Tiger and The Fish, Judul Anime dari Novel Seiko 1

Anime Josee, The Tiger and The Fish yang baru rilis di Indonesia tanggal 19 Mei berhasil mendapatkan respon positif dan diminati banyak penonton. Anime garapan studio Bones ini diangkat dari Novel karangan Seiko Tanabe yang berjudul Joze to tora to sakana-tachi (ジョゼと虎と魚たち) Adaptasinya menjadi film live action sudah dilakukan oleh Jepang tahun 2003 dengan judul yang sama dan juga oleh Korea tahun 2020 dengan judul Josee.

Kotaro Tamura, Sutradara Anime Josee, The Tiger and The Fish tetap memakai judul yang sama dengan novelnya karena judul ini memiliki makna mendalam yang hanya bisa dipahami mereka yang sudah menontonnya sendiri. Judul unik ini menjadi daya tarik tersendiri untuk membuat orang penasaran ingin menontonnya, termasuk penulis. Penasaran dengan artinya? Berikut pembahasan arti judul Josee dan arti The Tiger and The fish. Hati-hati dengan spoiler Josee untuk yang belum nonton.

Arti Josee

Josee di kursi roda
Josee di kursi roda

Josee adalah nama panggilan Kumiko Yamamura, gadis yang lumpuh sejak lahir. Kumiko menyebut dirinya Josee sesuai karakter di buku cerita favoritnya. Kumiko yang harus memakai kursi roda seumur hidupnya sangat suka membaca novel karangan Francoise Sagan, penulis dari Prancis. Nama Josee diambil dari novel berjudul Wonderful Clouds yang bercerita mengenai kehidupan cinta seorang wanita bernama Josee dengan suaminya Allan. Kehidupan Josee dalam novel Wonderful Clouds karangan Sagan tidak mudah karena dia banyak dikekang oleh suaminya. Kumiko merasakan hal yang sama karena neneknya berusaha menjaganya dari bahaya di luar dengan mengurungnya di rumah.

Arti The Tiger

Kucing Hitam Yukichi
Kucing Hitam Yukichi

Sewaktu awal bertemu, Josee sangat benci dengan Tsuneo dan berusaha mengusirnya terus. Hal ini disebabkan karena ajaran nenek Josee yang mengatakan kalau Josee harus hati-hati dengan para harimau di luar rumah. Harimau adalah sebutan bagi orang lain. Ibarat seperti harimau yang suka menyerang mangsanya tiba-tiba, orang-orang ini bisa berbuat jahat pada Josee yang tidak bisa melawan. Dalam animenya, kursi roda Josee didorong sampai dua kali oleh orang tidak dikenal dan menyebabkan kursi rodanya meluncur tajam di jalanan menurun tanpa bisa dikendalikan. Jika tidak ada Tsuneo, Josee bisa luka parah atau bahkan meninggal.

Nenek Josee, Chizu Yamamura ingin menghindari kejadian itu sehingga membohongi Josee dan menghalanginya pergi ke luar. Padahal tidak semua orang di luar adalah harimau. Ada juga orang yang baik seperti Tsuneo Sukuzawa, Kana Kishimoto, Mai Ninomiya dan Hayato Matsura yang peduli pada orang-orang berkebutuhan khusus seperti Josee.

Arti The Fish

Tsuneo membuat Lampu Clarion Angelfish untuk Josee
Tsuneo membuat Lampu Clarion Angelfish untuk Josee

Impian Tsuneo adalah pergi ke Meksiko untuk melihat langsung kumpulan ikan Clarion Angelfish yang sedang berenang di bawah laut. Sewaktu kecil dia sering melihat ikan ini di akuarium dekat rumahnya. Kedua orang tua Tsuneo bercerai dan melihat Clarion Angelfish membuatnya terhibur. Tsuneo akhirnya menjadi penyelam demi mewujudkan impiannya. Sementara Josee selalu teringat dengan lautan yang pernah ditunjukkan ayahnya sebelum dia meninggal. Karena neneknya melarangnya pergi ke laut, Josee hanya bisa membayangkannya sendiri lewat gambar dari buku. Dia senang menggambar berbagai hewan laut dan bahkan membayangkan dirinya seperti ikan duyung.

Minat Josee dan Tsuneo terhadap lautan berhasil mendekatkan mereka berdua. Melihat hobi Josee, Tsuneo memberikan replika patung ikan kesayangannya yang bisa menyala. Josee membalasnya dengan membuat buku cerita bergambar berjudul The Mermaid and Wings.

Menurut penulis, bagian terbaiknya adalah after ending scene Josee. Jangan beranjak dulu ya dari bioskop setelah film usai. Tontolah semua gambar epilogue di credit scene Josee sambil mendengarkan lagu yang dinyanyikan Eve (Ao no Waltz). Kemudian diakhiri dengan Post credit scene Josee tentang pertemuan kembali Josee dan Tsuneo.

ilustrasi karakter Nao Emoto dan Haruto Iizuka di anime Josee 
ilustrasi karakter Nao Emoto dan Haruto Iizuka di anime Josee 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Elysia

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap