Bahasa Sebagai Kekayaan Budaya

Bahasa Sebagai Kekayaan Budaya 1

Tidak dipungkiri Indonesia sangat kaya akan kebudayaannya yang beragam. Keberagaman suku bangsa, Bahasa Daerah, agama dan kepercayaan, ras ada di Indonesia. Dari banyaknya keberagaman yang ada di Indonesia bahasa menjadi salah satu hal yang menarik untuk di bahas.

Lalu apa pengertian bahasa itu sendiri? menurut Wikipedia bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya tanda dan gerakan. Atau secara garis besar bahasa merupakan alat komunikasi agar kita berkomunikasi dengan orang lain. Bahasa daerah merupakan bahasa yang digunakan di suatu wilayah dalam sebuah negara yang berdaulat, yaitu  di suatu daerah kecil, provinsi, atau teritori yang lebih luas.

Di Indonesia bahasa daerah ada bahasa sunda, bahasa Jawa, bahasa Minangkabau, bahasa Madura, bahasa Banjar, bahasa Batak, bahasa Aceh, bahasa Melayu, bahasa Bugis dan masih banyak lagi bahasa-bahasa daerah lainnya yang ada di Indonesia.

Indonesia memiliki 4 rumpun bahasa yaitu rumpun Austronesia, rumpun bahasa melayu-polinesia, rumpun bahasa melayu-polinesia inti dan rumpun bahasa melayu-sumbawa. Namun bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang bahasa daerahnya berbeda dengan bahasa daerah kita?

Indonesia yang dikenal dengan keberagaman bahasanya memiliki jumlah bahasa Daerah  sebanyak 718 bahasa Daerah dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional kita. banyaknya bahasa Daerah di Indonesia dipengaruhi oleh bentuk negara kita yang berbentuk kepulauan yang di mana setiap pulau memiliki bahasanya masing-masing.

selain karena negara kita yang terdiri dari banyak pulau latar belakang budaya, sejarah, letak geografis juga menjadi hal yang memengaruhi adanya perbedaan bahasa di setiap daerah.

Seperti yang kita ketahui semboyan negara kita Bhinneka tunggal ika yang memiliki arti “meski berbeda-beda tetap satu tujuan” yang mana meskipun kita berbeda-beda kita tetap bangsa Indonesia yang satu. Perbedaan yang kita miliki tidak bisa menghalangi kita untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Seperti yang kita tahu Indonesia memiliki bahasa nasional yaitu yang disebut bahasa Indonesia. Bahasa nasional atau bahasa kebangsaan adalah suatu bahasa yang mewakili identitas nasional suatu bangsa atau negara. Bahasa nasional merupakan bahasa suatu negara yang digunakan untuk berkomunikasi masyarakat di dalam negara tersebut.

Begitu pun dengan adanya bahasa daerah yang beragam tidak bisa menghalangi kita untuk berkomunikasi dan saling memahami dengan orang lain yang memiliki bahasa daerah yang berbeda dengan kita. Dengan adanya bahasa nasional bahasa persatuan kita masih bisa berkomunikasi dan saling memahami satu sama lain. Jangan menjadikan perbedaan menjadi alasan pemecah belah persatuan kita. 

Dengan perbedaan yang ada di negara kita harus menjadikan kita lebih mencintai Indonesia karena hal tersebut merupakan keunikan yang tidak semua negara miliki. Kita harus saling menghormati dan menghargai, tidak menjelekkan setiap perbedaan budaya daerah yang ada di Indonesia, tidak mengunggulkan kebudayaan sendiri sehingga memandang rendah kebudayaan lain karena setiap kebudayaan yang berbeda-beda yang ada di Indonesia merupakan kekayaan bangsa yang harus kita jaga dan lestarikan termasuk bahasa daerah itu sendiri. Kita merupakan generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan negara ini.   

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Aulia Rahma