Ban Masa Depan, Tak Perlu Khawatir Kena Paku

Ban Masa Depan, Tak Perlu Khawatir Kena Paku 1

Sebuah inovasi terbaru dari dunia otomotif, dimana sebuah perusahaan ban MICHELIN membuat gebrakan dengan sebuah teknologi ban tanpa menggunakan udara dalam kinerjanya.

Inovasi ban tanpa udara ini dibuat dan digagas oleh salah satu perusaan besar ini, dan dipastikan akana memberikan pengalaman berbeda dari sebelumnya.

Selain itu juga, pengguna kendaraan seperti mobil tak perlu lagi khawatir akan adanya resiko ban kempes, atau ban bocor sewaktu dipergunakan dijalan raya.

Ban tanpa udara memang sejatinya telah lama dirancang dan digagas, sebagai produk masa depan, dan akan memberikan dampak yang positif di masa yang akan datang, meski akan mendapatkan respon baik positif maupun negatif dari beberapa pihak, salah satunya pastinya dari tambal ban yang nantinya akan sepi.

Ban Masa Depan, Tak Perlu Khawatir Kena Paku 3

Tahun depan rencanya ban inovasi terbaru ini akan diproduksi dan dipasarkan secara masal oleh Pabrikan asal Prancis ini dan nantinya akan dapat dipergunakan sebagai ban dengan standar internansional.

Ban tanpa udara ini mempunyai desain yang terlihat simpel dimana ada rongga-rongga yang akan menopang ban, dan struturnya yang elastis mampu menyesuaikan dengan berbagai medan tanpa khawatir ban tertusuk paku, atau kempes ketika sedang dipergunakan di jalan.

Penyangga ban ini didesain sedemikian rupa, sehingga nampak tak jauh berbeda dengan ban konvensional, meski didesain tanpa menggunakan dukungan udara sebagai media penyangga ban. Ban ini juga dinilai lebih kuat dan awet, dengan adanya goncangan atau medan yang terjal sekalipun, dan mampu menopang bobot kendaraan meski penuh penumpang.

Bahan

Ban Masa Depan, Tak Perlu Khawatir Kena Paku 4

Untuk bahannya sendiri, ban ini dibuat dari bahan bahan berkualitas, dengan komposisi berupa perpaduan antara plastik dna juga serat kaca  yang akan menbuat ban dengan bahan karet lebih kuat dan elastis serta mampu menyesuaikan dengan kondisi jalan.

Minim Resiko Bocor dan Aman dipergunakan

Ban Masa Depan, Tak Perlu Khawatir Kena Paku 5

Dari rencana awalnya, memang ban didesain agar menghindari resko ban kempes dan bocor ketika ditengah jalan. Dengan demikian kita tak perlu khawatir dan membawa ban serep atau ban cadangan di dalam mobil.

Kita juga taka perlu mengecek tekanan ban, karena strukturnya sama, hal demikian maka kita leboh efisien waktu dan tinggal tancap gas saja, mobil akan lancar.

Ban Masa Depan, Tak Perlu Khawatir Kena Paku 6

Ramah Lingkungan

Selain itu ada sisi manfaatnya, selain diatas, ban tanpa udara juga dapat menguranagi kadar karbondioksida yang keluar dimana ada 90 persen kekuatan yang muncul dalam mobil ini akan lenyap, karena memang ban tanpa udara memiliki struktur yag sederhana dan simpel sehingga dapat mengakibatkan kendaraan akan hemat energi.

Rencana Rilis

Ban Masa Depan, Tak Perlu Khawatir Kena Paku 7

Rencananya ban ini akan rilis pada 2025 dan akan mulai dipoduksi secara massal oleh dua perusahaan ternama pada tahun 2024, secara resminya tahun 2025 akan mulai diperkenlakan ke umum.

Harga

Ban Masa Depan, Tak Perlu Khawatir Kena Paku 8

Perihal harganya, ban ini rencananya dibanderol dengan harga kisaran 600-900 ribu rupiah, lebih mahal dibandingkan dengan ban biasa selama ini, dan kekurangannya meski banyak kelebihannya, ban ini konon tak bisa pisah dari velg dan memang desainnya menyatu dengan velg, berbeda dengan ban udara selama ini yang bisa di bongkar pasang. 

Nah itu tadi preview dari ban tanpa udara sebagai inovasi ban masa depan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Muhammad Endri Setyawan