Bank Indonesia Meluncurkan Uang Baru 2022, Intip Perbedaanya

Bank Indonesia Meluncurkan Uang Baru 2022, Intip Perbedaanya

Bank Indonesia (BI) dan Pemerintah Indonesia telah resmi meluncurkan uang baru di tahun 2022 dengan total cukup banyak yakni tujuh pecahan.

Marlison Hakim selaku Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI mengungkapkan perbedaan dalam uang emisi pada tahun 2016 dan tahun 2022 sekarang.

Lantas perbedaan apa saja yang dapat masyarakat ketahui tentang uang baru 2022 dengan sebelumnya?

Perbedaan Desain

Yang pertama tentunya cukup jelas, yaitu desain. Desain pada uang baru 2022 di upayakan agar lebih di kenali oleh masyarakat.

Baca juga  Mengenal Aplikasi BRImo dari BRI Lebih dalam Lagi

Marlison mencontohkan bagaimana desain uang pecahan Rp 2000 dengan Rp 20.000 pada sebelumnya mendapati perbedaan yang sangat mirip dan sulit di bedakan akan tetapi pada uang baru 2022 kali ini mempunyai perbedaan yang cukup signifikan yaitu lebih color full atau lebih mencolok.

Teknologi Keamanan

Yang kedua yaitu dari segi peningkatan keamanan.

Salah satunya yaitu dengan teknologi benang pengaman atau microlens, ini merupakan dari best practice pencetakan uang kertas di sejumlah negara, kemudian unsur pengaman ultraviolet dengan perluasan sebaran area UV yang keragaman warna.

Baca juga  Mengenal Aplikasi BRImo dari BRI Lebih dalam Lagi

Sebagai contoh uang kertas Rp. 100.000 akan muncul peta negara Indonesia jika dilihat dengan ultraviolet.

Masa Edar yang Lama

BI menggunakan teknologi yang dinamakan coating atau varnish, yaitu dengan tujuan penguatan bahan yang dapat meningkatkan lebih lama masa edarnya.

Tingkat kelesuhan dan tingkat kerusakan bisa di tekan dan tentunya dengan begitu masa edar uang baru 2022 akan lebih lama.

Baca juga  Mengenal Aplikasi BRImo dari BRI Lebih dalam Lagi

Jika uang yang lama pecahan kecil masa edar uang pecahan kecil hanya bertahan 15 bulan atau kurang.

Sekarang uang Rp 1.000, Rp 2.000 dan Rp 5.000 yang baru masa edarnya bisa 19 sampai 20 bulan.

Itulah perbedaan antara uang emisi baru 2022 dengan 2016 yang resmi diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Pemerintah Indonesia di tahun 2022 ini.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Azis Supriyadi