Banyaknya Hambatan saat Praktikum Online


Banyaknya Hambatan saat Praktikum Online 1

Siapa yang suka bereksperimen? Kalo kamu suka bereksperimen, pasti kamu sangat menyukai adanya praktikum saat pembelajaran.

Praktikum sudah menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu karena banyak hal yang bisa didapatkan dari kegiatan ini. Namun karena adanya pandemi Covid-19, praktikum tatap muka dihilangkan dan diganti menjadi praktikum online. Hal ini sangat disayangkan karena sensasi melaksanakan praktikum tatap muka tentu berbeda dengan praktikum online. Praktikum yang dilaksanakan secara online juga dapat menyebabkan kita melakukan beberapa kesalahan saat praktikum berlangsung. Wah, kira-kira apa saja kesalahan yang sering kita lakukan saat praktikum online ya?

Berikut merupakan hambatan atau kesalahan yang harus Anda hindari saat melakukan praktikum online:

Tidak menggunakan APD yang lengkap

Hambatan pertama yang sering kita lakukan ialah menyepelekan penggunaan alat pelindung diri. Alat pelindung diri seperti jas lab, masker dan sarung tangan mampu mengurangi resiko terjadinya kecelakaan saat melaksanakan praktikum. Bahan-bahan berbahaya bisa saja melukai diri kita saat melakukan kecerobohan. Kecerobohan kita juga bisa menimbulkan luka yang serius jika tidak segera ditangani. Maka dari itu jangan lupa untuk selalu menggunakan APD yang lengkap ya guys !

Terkendala jaringan internet

Kita harus mempersiapkan jaringan internet saat akan melaksanakan praktikum online. Saat asisten laboratorium sedang menjelaskan hal-hal terkait praktikum, tentulah menjadi hal yang menyebalkan jika tiba-tiba jaringan internet kita terganggu oleh cuaca atau penyebab lainnya. Hal ini menyebabkan informasi yang disampaikan kurang jelas dan mengakibatkan kesalahan langkah-langkah dalam melaksanakan praktikum. Jika sudah salah langkah, maka praktikum pun mengalami beberapa kendala atau hambatan. Hmm, pastikan jaringan internet kita selalu stabil agar hal ini tidak terjadi ya!

Kondisi sekitar yang tidak kondusif

Kondisi rumah maupun tempat kita sedang praktikum sangat berpengaruh. Terkadang hewan peliharaan, adik atau pun orang tua bisa menjadi penghambat saat kita sedang melaksanakan praktikum online. Hal ini tentu membuat kita sering kali kehilangan fokus pada saat melaksanakan praktikum online. Kita harus menyiapkan tempat yang kondusif dan aman saat memulai kegiatan ini.

Sulitnya mencari alat dan bahan

Pada praktikum secara tatap muka, alat dan bahan biasanya sudah tersedia di dalam laboratorium. Hal ini tentu saja berbeda saat kita sedang praktikum online. Alat dan bahan yang dibutuhkan haruslah dicari secara individu. Selain terkadang sulit dicari, alat dan bahan untuk praktikum tidaklah selalu terjangkau atau murah. Hal ini menjadi beban tersendiri saat melakukan praktikum secara online. Kita juga harus menyiapkan alat dan bahan dari jauh-jauh hari agar tidak ada yang terlupakan.

Ternyata banyak sekali hambatan atau kendala yang terjadi saat sedang dilaksanakannya praktikum online ya. Hal ini tentu saja membuat kita harus lebih siap dalam berbagai aspek agar praktikum online dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya. Hambatan-hambatan di atas semoga mampu membuat kita lebih mengerti apa saja hal yang harus dipersiapkan secara matang saat akan melakukan praktikum online agar tidak mendapatkan hambatan saat kegiatan berlangsung. Jangan lupa untuk mempelajari materi praktikum agar tidak kebingungan saat ditanya oleh asisten laboratorium ya guys !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Indri Haryanti

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap