Bau Badan Tidak Sedap? Inilah Penyebab & Cara Mengatasinya


bau badan

Persoalan bau badan sedikit banyak akan mengurangi rasa percaya diri. Hal itulah yang membuat banyak orang mencari berbagai macam cara untuk mengatasi bau badan, baik cara instan maupun melalui pencegahan.

Untuk mengatasi bau badan sudah barang tentu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, karena dengan mengetahui penyebabnya akan lebih mudah untuk mencari cara mengatasinya.

Penyebab Bau Badan

Bau Badan Tidak Sedap? Inilah Penyebab & Cara Mengatasinya 1

Penyebab dari persoalan bau badan memang cukup kompleks, sehingga terkadang dibutuhkan beberapa cara untuk mengatasinya.

Beberapa dari penyebab bau badan tersebut diantaranya adalah makanan yang dapat memicu bau badan, pakaian yang tidak menyerap keringat dan tidak memberi kesempatan bagi kulit untuk bernapas, paparan asap rokok, dan berbagai penyebab lainnya.

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa penyebab bau badan adalah bakteri yang bercampur dengan keringat. Sementara keringat, dihasilkan oleh kelenjar accrine dan apocrine yang keduanya memiliki fungsi dan peranan yang berbeda.

Fungsi dari kelenjar accrine adalah penghasil kelenjar bening dengan sifat tidak berbau yang keluar dari telapak tangan, punggung, dan dahi. Kelenjar ini sudah ada sejak seseorang masih bayi.

Sedang kelenjar apocrine berada di tempat-tempat tertentu yang menjadi tempat tumbuhnya rambut, seperti pada hidung, ketiak, dan kemaluan. Produksi dari kelenjar apocrine akan meningkat tajam pada masa pubertas yang jika bercampur dengan bakteri akan menghasilkan bau tidak sedap yang kita sebut sebagai bau badan.

Mengatasi Bau Badan

Bau Badan Tidak Sedap? Inilah Penyebab & Cara Mengatasinya 2

Berdasarkan penjelasan tersebut ada dua hal yang dapat digarisbawahi, pertama mereka yang rentan terserang bau badan adalah anak-anak remaja yang memasuki masa pubertas, dan kedua bayi dan anak-anak cenderung tidak mengeluarkan bau badan yang tidak sedap.

Itu sebabnya praktis tidak ada cara mengatasi bau badan pada anak secara khusus kecuali dengan menyuruh anak untuk rajin mandi, minimal sehari 2 kali.

Berbeda dengan orang dewasa, baik pria maupun wanita, untuk mengatasi bau badan harus dilakukan dengan cara-cara khusus, dan tidak cukup hanya sekedar mandi sehari 2 kali. Cara mengatasi bau badan pada priabiasanya dilakukan dengan cara instan, seperti penggunaan parfum, bedak khusus penghilang bau badan, serta deodorant atau antiperspirant.

Berbagai macam produk penghilang bau badan tersebut memang cukup ampuh untuk menghilangkan bau badan, namun sifatnya hanya sementara waktu. Pada saat dipakai, saat itu juga bau badan akan hilang, tapi setelah pengaruhnya habis, maka bau badan akan muncul kembali. Selain itu, produk-produk penghilang bau badan juga berisiko terjadi peradangan kulit dan tidak jarang justru memicu timbulnya biang keringat.

Berbeda dengan pria, cara mengatasi bau badan pada wanita umumnya lebih bersifat pencegahan. Pencegahan yang dimaksud dapat berupa mencegah mengkonsumsi makanan yang menjadi pemicu bau badan, mengenakan pakaian yang mudah menyerap keringat, serta pencegahan dengan cara mengkonsumsi jamu dan ramuan-ramuan tertentu untuk mencegah munculnya bau badan.

Indonesia yang kaya dengan tanaman herbal, memang memiliki begitu banyak tanaman yang dapat dimanfaatkan oleh para wanita untuk mencegah bau badan. Diantara sekian banyak tanaman herbal tersebut, 2 jenis tanaman yang paling banyak digunakan untuk mencegaah bau badan adalah daun sirih dan jahe.

Daun Sirih

Penggunaannya cukup mudah, yakni dengan merebus 3 – 5 lembar daun sirih segar ke dalam 2 gelas air dan dibiarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan tersebut sehari sekali untuk menghasilkan bau badan yang segar.

Air rebusan daun sirih juga dapat digunakan untuk mandi dengan cara merebus 30 lembar daun sirih dengan air secukupnya hingga mendidih, kemudian menggunakan air rebusan tersebut untuk mandi.

Jahe

Memanfaatkan jahe untuk menghilangkan bau badan dilakukan dengan cara menjadikannya sebagai bahan minuman atau yang dikenal dengan wedang jahe. Dapat juga dengan menggosok-gosokkan jahe yang sudah dipotong atau dibelah pada bagian ketiak.

Selain kedua bahan alami tersebut, cara mengatasi bau badan yang lainnya adalah dengan mengkonsumsi daun kemangi, memanfaatkan cengkih, menggunakan jeruk nipis dan kapur sirih, serta masih banyak lagi cara yang lain. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments