Bawang Bombai Merah & Bawang Bombai Putih, Apa Bedanya?

Bawang Bombai Merah & Bawang Bombai Putih, Apa Bedanya?

Selain bawang merah dan bawang putih, ada satu lagi jenis bawang yang tentunya sudah tidak asing di telinga kamu, yaitu bawang bombai. Sama seperti bawang merah dan bawang putih, bawang bombai juga biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Bawang bombai akan menambah cita rasa yang sedap pada masakan dan memberikan aroma harum yang segar yang dapat menggugah selera makan.

Di pasaran, terdapat dua jenis bawang bombai yang biasa digunakan pada masakan, yaitu bawang bombai merah dan bawang bombai putih. Bukan hanya warnanya saja yang berbeda, bawang bombai merah dan bawang bombai putih juga memiliki beragam perbedaan lain. Berikut merupakan beberapa perbedaan antara bawang bombai merah dan bawang bombai putih yang perlu kamu tahu.

1. Rasa

Bawang bombai merah dan bawang bombai putih sebenarnya memiliki rasa yang hampir sama, yaitu ada sensasi rasa manisnya dan renyah. Bawang bombai merah dapat digunakan untuk mengentalkan saus dan kuah sup karena bawang bombai merah memiliki daging yang lebih tebal daripada bawang bombai putih. Selain itu, bawang bombai merah juga memiliki rasa yang lebih tajam dan kuat daripada bawang bombai putih.

2. Bentuk dan ukuran

Bawang bombai merah berbentuk seperti bawang merah pada umumnya, tetapi dengan ukuran yang lebih besar. Bawang merah dan bawang putih memiliki ukuran yang relatif sama besar. Hanya saja, bawang merah memiliki daging yang lebih tebal, sehingga terlihat sedikit lebih besar.

3. Penggunaan pada masakan

Meski sama-sama menambah cita rasa dan aroma pada masakan, tetapi biasanya bawang bombai merah dan bawang bombai putih digunakan pada jenis masakan yang berbeda. Bawang bombai merah biasa digunakan pada jenis masakan Eropa, seperti salad, pizza, hingga burger. Di Indonesia, bawang bombai putih lebih mudah ditemukan untuk campuran pada masakan daripada bawang bombai merah. Bawang bombai putih ini biasa digunakan pada masakan tumis, capcai, sup, dan aneka saus. Selain dicampur atau sebagai bumbu pada masakan, baik bawang bombai merah maupun bawang bombai putih ini dapat dikonsumsi secara langsung, loh. Biasanya, bawang bombai ini akan digoreng untuk diolah menjadi sajian bernama onion ring.

4. Masakan yang dihasilkan

Sesuai dengan namanya, bawang bombai merah yang diolah bersama masakan ternyata dapat meninggalkan sedikit warna merah pada masakan tersebut. Selain itu, penggunaan bawang bombai merah ini dapat mempercantik visual masakan. Berbeda dengan bawang bombai merah, bawang bombai putih tidak meninggalkan warna pada masakan. Bawang bombai putih hanya meninggalkan rasa yang lebih lezat pada masakan dan aroma yang lebih harum yang dapat menggugah selera makan.

Bawang bombai ini, baik bawang bombai merah maupun bawang bombai putih memiliki harga yang relatif mahal daripada bawang merah atau bawang putih. Jadi, banyak orang yang lebih memilih menggunakan bawang merah dan bawang putih biasa untuk bumbu masakan sehari-hari. Bawang bombai biasa mereka gunakan apabila akan memasak masakan yang spesial. Bawang bombai ini bisa dibeli satuan ataupun kiloan. Kamu dapat membeli jenis bawang bombai ini di pasar tradisional maupun supermarket terdekat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh