Bawang Putih, si Kecil yang Memiliki Segudang Manfaat untuk Kesehatan


Bawang Putih, si Kecil yang Memiliki Segudang Manfaat untuk Kesehatan 1

Di Indonesia, salah satu bumbu dapur yang selalu ada disetiap masakan adalah bawang putih.  Bahan dasar setiap masakan membutuhkan bawang putih. Bawang putih dapat digunakan sebagai sambal maupun dikonsumsi mentah. Kandungan antibiotik dan nutrisi di dalamnya membuat bawang putih kini populer sebagai salah satu makanan super.

Banyak orang yang juga menjadikannya sebagai suplemen makanan. Mengkonsumsi bawang putih mentah memberikan dampak luar biasa bagi tubuh manusia. Berikut adalah manfaat mengkonsumsi bawang putih:

1. Meredakan infeksi, pilek dan radang

Bawang putih mengandung allicin, yang memiliki senyawa antivirus anti mikroba dan anti jamur yang diperlukan oleh tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi bawang putih akan mampu menekan infeksi dan radang yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Penelitian oleh Advances of Therapy membuktikan bahwa mengkonsumsi bawang putih mentah pada musim tertentu yang menyebakan flu dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan terhindar dari penyakit tersebut.

2. Menurunkan risiko kanker

Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa bawang putih mengandung senyawa sulfur bioaktif yang dapat mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh manusia. Caranya adalah dengan mengkonsumsi bawang putih akan memperbaiki sel yang rusak dan menghambat penyebaran sel rusak terjadi. Menurut National Cancer Institute, mengkonsumsi bawang putih setidaknya dua kali seminggu mampu menurunkan 44 persen risiko terkena kanker paru.

3. Menurunkan kolestrol darah

Pada lain juga membuktikan bahwa mengkonsumsi bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan akan menurnkan kadar kolestrol darah yang cukup banyak.  Juga dapat meningkatkan kolestrol baik dan menekan kolestrol jahat. Sehingga disarankan untuk setiap penderita kolestrol tinggi sebaiknya memasukkan bawang putih dalam asupan nutrisi harian anda.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Berdasarkan hasil penelitian juga membuktikan sari bawang putih (Allium sativum L.) memiliki aktivitas sebagai antikoagulan yang dapat mencegah pembentukan bekuan darah (koagulasi). Bawang putih mentah dapat membantu mengurangi penumpukan plak pada pembuluh darah arteri coroner yang bertugas memompa darah menuju jantung. Hal ini berarti khabar baik bagi anda yang mendedrita penyakit jantung dengan mengkonsumsi bawang mentah maka anda akan meningkatkan kesehatan jantung anda.  

5. Mengobati Jerawat

Bagi anda yang mengalami masalah jerawat, hal ini merupakan khabar baik. Karena salah satu bahan yang mampu mengatasi jerawat anda ada di dapur anda. Kandungan allicin didalam bawang putih dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat serta meringankan bekas jerawat pada wajah anda.  

6. Menjadikan tulang sehat

Mengkonsumsi bawang putih dapat meningkatkan kadar hormon estrogen pad awanita serta mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

7. Mengatasi kerontokan rambut

Seiring perjalanan usia, maupun hormonal, kadang kerontokan rambut tidak dapat dihindari. Normal apabila rambut jatuh setiap harinya kurang dari 100 helai. Bagaimana kalau rambut sudah sangat rapuh dan mudah rontok? Tentunya akan merasa kuatir terjadi kebotakan.

Salah satu pilihan untukmeningkatkan kesehatan rambut adalah dengan mengkonsumsi bawang putih.  Keratin didalam bawang putih tinggi dan mampu memperkuat akar rambut dan mendorong rambut untuk tumbuh kembali.

Banyak manfaat yang kita dapatkan dari bawang putih. Oleh karena itu, masukkan bawang putih dalam asupan nutrisi anda untuk mendapatkan manfaat yang lebih banya. Bawang putih sikecil dengan sejuta manfaat mudah dijangkau dan ada disekitar kita.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Bawang Merah

   

Seorang yang menumpahkan kekesalan, sedih, amarah, bahagia dan rasa syukur dengan menulis. Menulis adalah teman suka duka. Juga seorang Konselor Menyusui, Pegiat Anak, dan peduli dengan seputar anak.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap