Bayam Sayuran Murah Kaya Manfaat, Apa Saja? Simak Yuk!


Bayam Sayuran Murah Kaya Manfaat, Apa Saja? Simak Yuk! 1

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman bayam. Bayam merupakan tanaman asli Amerika yang sudah menyebar ke seluruh dunia. Bertani bayam cukup menguntungkan karena selain sangat mudah dalam perawatan juga berumur pendek, yaitu dua puluh satu hari sudah bisa dipanen. Kita juga dapat menanam bayam di halaman rumah. Jadi sewaku-waktu dapat dipanen.

Cara memasak bayam sangat mudah. Bayam dapat dimasak menjadi sayur bening dengan ditambah kecambah kacang hijau, gambas atau jagung muda. Selain itu bayam juga enak dimasak sebagai urap atau menjadi pelengkap sambal pecel.  Harganya pun cukup murah. Namun mempunyai manfaat yang sangat banyak. Apa saja, kita simak yuk!

1. Dapat Mengurangi Anemia

Anemia adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Akibat kekurangan zat besi, darah tidak dapat membawa oksigen secara maksimal sehingga menyebabkan badan lemas dan mudah terserang penyakit. Kandungan zat besi yang tinggi dalam sayuran bayam dapat mengatasi anemia.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Senyawa luthein dan zexanthin yang terkandung di dalam sayuran bayam dapat menghindari risiko katarak dan melindungi mata dari efek buruk sinar matahari. Cara kerja luthein adalah dengan menyerap gelombang cahaya biru yang berbahaya bagi mata.

3. Anti Penuaan Dini

Bayam mengandung anti oksidan dan beta karotin yang dapat menjaga kulit dari penuaan dini. Selain itu, bayam juga banyak mengandung vitamin E dan magnesium yang dapat menjaga kekebalan tubuh.

4. Mencegah Diabetes

Bayam mengandung asam Alfa-lipoid yang dapat menjaga kadar gula dalam darah. Dengan konsumsi bayam secara cukup penyakit diabetes dapat dihindari.

5. Mencegah kanker

Kandungan zat klorofil atau zat hijau daun yang cukup tinggi pada bayam dapat mencegah proses karseogenik yang menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Selain itu, antioksidan yang banyak terdapat dalam sayuran bayam juga dapat melawan sel kanker.

6. Menguatkan Tulang

Vitamin K, Vitamin D, kalsium ydan magnesium yang banyak terdapat pada bayam dapat meningkatkan kepadatan tulang sehingga risiko terjadi patah tulang lebih sedikit. Kandungan Kalsium pada bayam dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

7. Mencegah Asma

Kandungan beta karotin dan magnesium adalah senyawa yang dapat mengurangi gejala asma. Sayuran bayam banyak mengandung beta karotin, magnesium, vitamin A dan vitamin E yang dapa mengurangi gejala asma. Dengan mengonsumsi bayam secara teratur dan cukup, kita dapat terhindar dari asma.

8. Baik untuk pertumbuhan janin dan ibu hamil

Asam folat atau vitamin B kompleks sangat penting bagi kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan janin. Dalam 30 gr bayam terdapat kandungan asam folat yang memenuhi 15% dari kebutuhan tubuh.

Asam folat dapat mencegah terjadinya kelahiran prematur dan mencegah bayi lahir dengan berat badan kurang. Selain itu bayam  juga berguna untuk ibu hamil karena mengandung anti inflamasi dan glikolipid yang dapat mengurangi rasa nyeri.

Bayam dengan mudah dapat dijumpa di pasar-pasar tradisional dan supermarket. Dengan pengolahan yang tepat dan bervariasi, sayur bayam dapat menjadi menu kesukaan keluarga. Begitu banyak manfaat bayam bagi kesehatan tubuh. Tidak salah jika Anda memasukkan bayam dalam daftar sayuran yang harus dikonsumsi keluarga.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Isnaini

   

Mantan bankir, ibu rumah tangga yang mempunyai hobi menulis dan merajut. Menulis merupakan cara untuk menambah teman, ilmu dan wawasan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap