Be with Your Emotions, Inilah 5 Tips Coping Stress Ala Laurie Santos

Be with Your Emotions, Inilah 5 Tips Coping Stress Ala Laurie Santos 1

Stres adalah kondisi umum yang sering terjadi pada manusia sebagai reaksi terhadap ancaman, tekanan, dan  atau perubahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Stres memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Namun, akan menjadi mala petaka jika terjadi secara berlebihan dan berlangsung dalam waktu yang lama.

Stres yang berkepanjangan bisa berdampak pada kesehatan. Ketika mengalami stres, tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang membuat jantung bekerja lebih cepat. Hormon-hormon tersebut juga bisa membuat penderita stres lebih mudah lelah. 

Selain itu, stres juga bisa menurunkan daya tahan tubuh penderitanya. Akibatnya, tubuh mengalami kesulitan untuk melawan virus dan bakteri sehingga ia  lebih mudah terkena penyakit.

Tips Coping Stress Ala Laurie Santos

 Untuk menghindari stres berkepanjangan, berikut ini adalah beberapa tips dari Professor Psikologi Laurie Santos yang bisa anda lakukan ketika terjebak dalam masa-masa sulit itu.

Olahraga secara rutin

Olahraga dapat membebaskan tubuh Anda dari hormon stres dan secara bersamaan dapat meningkatkan kadar endorfin yang bertanggung jawab atas rasa bahagia.

Santos merekomendasikan Anda untuk melakukan kardio. Menurutnya, kardio selama setengah jam setiap pagi dalam beberapa kasus stres sama efektifnya dengan penggunaan sebuah resep zoloft.

*Zoloft adalah obat antidepresan yang mengandung sertraline HCl. Obat ini bermanfaat untuk mengatasi gangguan obsesif kompulsif, gangguan kecemasan sosial, gangguan stres pascatrauma, serangan panik, dan lainnya.  

Bersyukur

Orang yang bahagia cenderung berfokus pada hal-hal baik dan bersyukur. Anda bisa melatih pikiran untuk fokus kepada hal-hal baik dengan mudah. Salah satu caranya adalah dengan mencatat hal-hal baik yang Anda alami setiap harinya dalam sebuah buku catatan harian. Anda bisa mencatat 3-5 hal baik pada setiap malam. Kegiatan ini bisa meningkatkan perasaaan well-being secara signifikan setelah dilakukan selama 2 minggu berturut-turut.

Tidur Cukup dan Teratur

Tidur yang berkualitas bisa membantu otak untuk mengelola stres. Ketika tidur, terjadi pemulihan dan pengembalian cadangan energi manusia.

Tidurlah dengan cukup dan teratur. Jauhkan gadget Anda sebelum tidur untuk menghindari kecemasan yang diakibatkan oleh internet.

Bersosialisasi

Orang yang bahagia lebih banyak bersosialisasi dengan teman dan keluarganya. Menghabiskan waktu bersama dengan orang lain bisa membuat Anda merasa lebih baik dan dalam jangka panjang bisa mengurangi risiko mengalami depresi.

Be with your emotions

Manusia tidak bisa mengendalikan emosi layaknya kita mengendalikan kecemasan atau stres. Maka dari itu, ketika anda merasa stres, cobalah untuk merasakan emosi itu, kenali, terima, dan jangan berusaha untuk melawan atau mengendalikannya.

Untuk melakukan proses penerimaan emosi ini, Santos memberi rekomendasi kepada Anda untuk melakukan meditasi dengan teknik “RAIN” (Recognize, Accept, Investigate, Native) yang dikembangkan oleh Tara Brach.

Demikianlah 5 tips yang bisa membantu anda untuk melakukan coping stres ketika berada dalam situasi yang sulit dan menegangkan. Namun, jika stres tidak kunjung membaik meskipun telah melakukan berbagai cara, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

“Berikan stresmu sayap dan biarkan mereka terbang jauh.” (Terri Guillemets)

Sumber:

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Siti Hasna Afifah