BeautyKesehatan

5 Cara Membuat Shampo & Kodisioner Homemade

Keramas salah satu rutinitas yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Rambut akan selalu butuh untuk dibersihkan menggunakan shampo. Oleh karena itu, shampo menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Namun terkadang orang tidak cocok dengan berbagai produk shampo yang ada di pasaran. Karena terkadang justru menimbulkan masalah rambut lainnya, seperti, ketombe, rambut menjadi merah atau bercabang, rambut kering dan sebagai.

Oleh karena itu, membuat shampo dan kondisioner dengan bahan-bahan alami menjadi alternatif untuk masalah rambut kamu. Berikut 5 cara membuat shampo dan kondisioner dari bahan alami yang dapat kamu praktikkan.

1. Sampo dari madu murni

Bahan alami yang satu ini memang selalu ada saat berbicara kecantikan, tak terkecuali masalah rambut. Monosakarid, glukosa, fruktosa dan mineral merupakan kandungan terbaik yang didapat dalam madu mentah. Madu juga mengandung antibakteri dan antiseptik. Berbagai kandungan inilah yang menjadikan madu baik untuk membuat shampo.

Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan dua sendok makan madu murni dan segels air. Campurkan kedua bahan ini. Kemudian aplikasi setelah rambut selesai keramas. Pijat dengan lembut selama 5 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

 

2. Sampo dari santan kelapa

Santan kelapa memiliki kandungan folat dan niasin, yang dipercaya dapat memperlancar peredaran darah di kepala. Selain itu, dalam santan kelapa juga terkandung lemak dan vitamin E, yang berfungsi melebabkan dan memerangi kerusakan rambut.

Anda bisa menyiapkan kelapa yang sudah banyak santannya. Peraut kemudian peras untuk diambil santannya. Diamkan sebentar, kemudian masukan santan kedalam kulkas selama satu hari. Gunakan sampo kesesokan harinya, untuk mendapatkan rambut yang sehat dan lembut.

 

3. Sampo dari cuka apel

Cuka apel selain bermanfaat untuk kecantikan wajah, juga bisa digunakan untuk mempercantik rambutmu. Untuk membuat sampo dari cuka apel, kamu perlu mencamournya dengan baking soda. Namun, perlu di ingat, jika kamu keramas menggunakan campuran dua bahan ini, saat pertama kali keramas , rambutmu akan sangat berminyak. Hal ini karena rambut perlu penyesuaian.

Cara untuk membuatnya, masukan 1-2 sendok makan baking soda kedalam  otol bekas kemudian campur dengan air panas. Kocok hingga kedua bahan tercampur. Jika tidak suka dengan baunya, kamu bisa menambahkan essential oil. Aplikasikan ke rambut yang sudah di bilas terlebih dulu. Langkah selanjutnya mencampurkan setengah gelas cuka apel ke rambut. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

 

Baca juga  Inilah 5 Cara mengatasi Kulit Kering yang Dapat merusak Penampilanmu

4. Deep conditioner

Untuk membuat deep conditioner membutuhkan beberapa bahan, yaitu olive oil, telur yang sudah di kocok, minyak kelapa, mayonise, yogurt, dan alpukat atau pisang yang sudah di hancurkan hingga lembut. Campurkan bahan-bahan tersebut menjadi satu. Aplikasikan pada rambutmu, setelah rambut di basahi. Lalu bungkus dengan handuk selama 20 menit kemudian kamu bisa lanjutkan dengan keramas seperti biasa.

Deep conditioner ini bermanfaat untuk rambut yang rusak akibat keseringan menggunakan alat pengering rambut, akat keriting, atau alat pelurus. Dengan kondisi rambut yang rusak ini kamu perlu melakukan deep conditioning setidaknya satu minggu sekali.

 

5. Kondisioner dari kuning telur

Untuk membuat kondisoner dari kuning telur caranya cukup mudah. Siapkan 1 kunjng teour, 1/2 sendok teh olive oil, dan 3/4 gelas air hangat. Kocok kuning telur hingga berbusa, kemudian masukan olive oil dan kocok lagi, setelah itu masukan air selagi kamu mengocoknya.

Aplikasikan bahan ini kerambut yang masih basah dan sisir dengan jari. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan kondisoner ini sebelum keramas.

Related posts
Beauty

Produk Terbaru Dari Love Beauty & Planet Kini Hadir di Indonesia

Beauty

7 Cara Bleaching Rambut Dengan Mudah Dirumah

Beauty

5 Cara Keringkan Rambut Tanpa Takut Rusak

Beauty

5 Cara Untuk Mengatasi Rambut Lepek & Berminyak