Beauty

5 Cara Untuk Mengatasi Rambut Lepek & Berminyak

Rambut adalah mahkota wanita. Oleh karena itu, selain muka, rambut adalah bagian tubuh yang paling penting untuk merawat penampilan. Namun, Rambut tidak akan selalu tampil prima dan akan ada saat dimana rambut mengalami masalah seperti lepek dan berminyak. Rambut lepek dan berminyak dapat membuat penampilan kita terlihat tidak menarik dan kucel. Terkadang, meski kita sudah berdandan, wajah tetap saja terlihat kurang segar. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa tips yang dapat digunakan untuk membuat rambut terlihat lebih indah, Simak artikel berikut!

1. Menggunakan Bedak Bayi

Saat rambut terasa lepek dan berminyak. Kamu dapat menggunakan bedak bayi. Dilansir dari femaledaily.com, Bedak bayi cukup efektif dalam menyerap minyak berlebih di kulit kepala, terutama ketika kulit kepala dalam kondisi yang berkeringat banyak.

Cara menggunakannya adalah dengan menyisir terlebih dahulu rambut anda, kemudian taburkan bedak bayi tersebut ke kulit kepala, dan rambut mu. Goyangkan rambut secara perlahan dan gunakan jari tangan untuk menghilangkan sisa bedak.

 

2. Jangan menggosok rambut terlalu kasar

Saat mengeringkan rambut, hindari menggosok bagian akar rambut terlalu kasar. Hal ini dikarenakan menggosok atau menggaruk kulit kepala dengan kasar dapat menyebabkan lecet, ketombe, dan dapat merangsang kelenjar minyak untuk menghasilkan lebih banyak sekresi minyak yang menjadi penyebab utama dari permasalahan rambut lepek.

 

3. Menggunakan Kertas minyak untuk wajah

Seperti pada wajah, kertas minyak dapat digunakan untuk menyerap dan mengatasi minyak berlebih pada rambut. Ini adalah cara mudah untuk mengatasi masalah rambut lepek, karena tidak seperti bedak bayi, kamu tidak perlu mempersiapkan bedak bayi dan sisir. Apalagi pada zaman sekarang, kertas minyak adalah salah satu item penting yang seringkali dibawa oleh wanita dimana – mana.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu cukup menepuk dan menekan kertas minya ke bagian akar rambut / bagian rambut yang berminyak.

 

Baca juga  6 Hal Sederhana Jadi Kartini Masa Kini

4. Jangan terlalu sering berkeramas

Sebagian dari pembaca mungkin akan bingung dengan tips yang satu ini, tapi percayalah. Tips ini adalah tips paling ampuh dari semua tips disini namun tips ini membutuhkan jangka waktu yang cukup lama. Setiap kali kita mencuci rambut / berkeramas, kita menghilangkan minyak alami di rambut kita, dan tubuh berasumsi bahwa kulit kepala kita tidak memiliki minyak alami sehingga dalam usaha mengganti minyak tersebut, kepala justru memproduksi minyak secara berlebihan. Oleh karena itu keramas cukup 2 – 3 kali seminggu.

 

5. Produk yang salah!

Permasalahan rambut yang berbeda tentu saja membutuhkan solusi yang berbeda juga. Menggunakan produk rambut untuk rambut kering pada rambut yang lepek tentu saja akan memberikan efek sebaliknya. Oleh karena itu, bacalah dengan jelas apa yang tertera pada produk yang anda gunakan sebelum membelinya.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui penyebab kenapa rambut lepek, maka kamu dapat melihatnya di artikel “Penyebab Rambut kering dan Lepek”. Apabila kamu memiliki tipe rambut yang kering maka kamu dapat melihat artikel berikut “4 Cara mengatasi rambut kering”.

Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan untuk mengatasi rambut lepek. Jika kamu memiliki beberapa pertanyaan, silahkan komen di bawah agar kami dapat menjawabnya.

Related posts
Beauty

5 Cara Keringkan Rambut Tanpa Takut Rusak

Woman

6 Hal Sederhana Jadi Kartini Masa Kini

BudayaWoman

6 Negara Ini, Peringati Hari Perempuan Internasional Dengan Cara Unik, Perempuan wajib tahu!

BeautyKesehatan

5 Cara Membuat Shampo & Kodisioner Homemade