fbpx
Beauty

Berhati – hatilah, 5 Produk Skincare Ini Tidak Boleh Digunakan Pada Area Mata

Terkadang kita tidak memperhatikan petunjuk yang ada pada cara penggunaan skincare yang kita pakai. Pada petunjuk penggunaan skincare tersebut terdapat peringatan keras yang mengatakan “hindari daerah mata” atau “tidak dianjurkan untuk digunakan di daerah mata”. Dan semua peringatan keras itu ternyata memang harus kamu perhatikan dan patuhi karena dapat bisa menyebabkan efek buruk pada kesehatan matamu. Lalu produk skincare apa saja yang pada umumnya tidak boleh digunakan pada area mata ? Yuk simak berikut ini ada 5 produk skincare yang harus kamu hindari pada area sekitar mata.

1. Produk Skincare Yang Mengandung Parfum, Minyak dan Alkohol

Berbagai macam produk dengan kandungan seperti alkohol, minyak dan parfum memang sudah seharusnya dihindari pada area mata. Hal ini karena bahan – bahan keras tersebut bisa mengiritasi kulit dengan mudah pada area sensitif seperti bagian kulit mata. Selain itu hindari juga penggunaan produk dengan kandungan minyak di area mata karena akan dapat memicu timbulnya milia.

2. Produk Skincare Khusus Jerawat

Perlu diperhatikan juga bahwa produk skincare yang khusus untuk kulit jerawat ternyata juga sangat berbahaya untuk kulit pada area mata. Hal ini karena produk skincare khusus jerawat mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide. Kedua bahan tersebut bisa menyebabkan iritasi pada kulit yang mudah sensitif. Oleh sebab itu selalu bersihkan wajah dengan benar dan bersih agar terhindar dari jerawat dan tidak perlu memakai produk skincare khusus jerawat.

3. Clay Mask

Seperti yang kita tahu bahwa masker ini sangat kuat untuk menyerap kelebihan minyak dan sebum pada kulit wajah. Tetapi perlu diperhatikan bahwa produk ini sebaiknya tidak dipakai pada area sekitar kulit mata karena dapat berdampak buruk untuk kesehatan mata. Dan jika kamu sering memakai clay mask pada area kulit mata, maka area kulit akan terasa cepat kering dan keriput.

Baca juga  5 Tips Mengatasi Masalah Kulit Pada Wanita Berhijab

4. Produk Skincare Yang Mengandung Retinol

Berbeda dari produk kandungan lainnya, produk dengan kandungan retinol ini memang banyak digunakan sebagai antiaging. Tetapi perlu diperhatikan adalah sebaiknya tidak digunakan pada daerah mata karena kandungan retinol ini memiliki sifat yang keras dan dapat mengiritasi kulit pada daerah mata. Walaupun memang ada beberapa krim mata yang mengandung retinol, tetapi biasanya produk tersebut memiliki kandungan retinol yang sangat rendah sehingga aman untuk digunakan.

5. Produk Eksfoliator

Hampir sama halnya seperti retinol, Eksfoliator juga memiliki sifat yang keras dan dapat mengikis kulit untuk mendapatkan hasil kulit yang lebih muda. Tetapi produk eksfoliator ini sangat tidak dianjurkan untuk digunakan pada kulit di area mata. Karena biasanya kulit di area mata memiliki kulit yang lebih tipis dibandingkan dengan kulit pada area lainnya.

Itulah ke – 5 produk skincare yang wajib kamu hindari dan sangat berbahaya untuk kesehatan kulit matamu. Karena itu, sebelum membeli dan menggunakan produk skincare, sebaiknya terlebih dahulu kamu membaca dan memperhatikan kandungan dari produk yang ingin kamu beli. Semoga bermanfaat ya !

Related posts
Beauty

Tips Mencerahkan dan Memutihkan Kulit Ketiak Hitam Dengan Minyak Kayu Putih

Beauty

5 Kesalahan Wanita Yang Sering Dilakukan Terhadap Rambutnya

Beauty

5 Trik Membuat Kamu Terlihat 10 Tahun Lebih Muda

Beauty

Inilah Rekomendasi Beauty Sponge Dibawah Harga 100 Ribu