Beberapa Contoh Orang – Orang Yang Mudah Tertipu Dengan Berita Yang Tidak Benar


Beberapa Contoh Orang - Orang Yang Mudah Tertipu Dengan Berita Yang Tidak Benar 1

Pada umumnya orang – orang terkadang menerima atau melihat sebuah berita dan langsung memakannya mentah – mentah dan tidak mencari tahu kebenaran dan sumber berita itu berasal. Sebagian orang ada yang iseng untuk menyebarkan berita – berita yang tidak benar guna untuk mengisi kekosongan waktunya atau hanya sekedar ingin mencari perhatian semata. Berikut ini ada beberapa contoh kasus atau berita yang orang – orang mudah tertipu seperti dilansir dari quora.com.

Seperti contoh kasus orang di luar negeri sana yang ceritanya dia diserang oleh beruang dan kemudian diculik oleh beruang itu lalu diseret  dan dibawa ke sarangnya, dijadikan sebagai makanan cadangan. Orang itu terluka parah dan sudah tidak kuat untuk bergerak, ditambah lagi dia sangat kelaparan dan hanya bisa minum air kencing, sehingga hanya bisa diam menunggu pertolongan datang. Sementara dia ketakutan sepanjang waktu karena beruang itu bisa sewaktu-waktu memakannnya hidup-hidup. Sebulan kemudiandia ditemukan oleh warga. Dan ternyata orang itu masih hidup. Bentuknya sudah mengerikan dan menyerupai seperti mumi tapi masih hidup.

Beberapa Contoh Orang - Orang Yang Mudah Tertipu Dengan Berita Yang Tidak Benar 3

“Postingan ini dan jumlah upvotes yang diperoleh adalah bukti sempurna betapa mudahnya menipu orang. Begitu kamu tahu permainannya, kamu bahkan tak perlu latihan. Tinggal ceritakan kisah yang luar biasa, tak peduli seberapa konyol, tambahkan gambar, dan publikasikan.

Dan tak peduli berapa kali orang-orang diberi tahu untuk tidak langsung mempercayai semua yang mereka lihat atau yang mereka dengar di media. Tak peduli berapa kali mereka diberitahu tentang “berita palsu”. Sepertinya itu tidak berpengaruh.

Masih ada jutaan jiwa yang gampang tertipu di luar sana yang akan memakan apa saja dan bereaksi dengan sangat emosional tanpa memeriksa faktanya terlebih dahulu. Orang-orang sangat mudah dimanipulasi. Dan “era informasi” tampaknya tidak membuat perbedaan apa pun”.

Tetapi banyak yang berkomentar pada berita tersebut itu adalah berita hoax karena memang memiliki banyak kejanggalan yang ada.

Beberapa Contoh Orang - Orang Yang Mudah Tertipu Dengan Berita Yang Tidak Benar 4

Komentar jawaban di atas sudah terlihat bahwa jumlah upvote dan pengguna yang membagikan jawaban orang tersebut. Orang-orang bisa dengan sangat mudah percaya, tanpa mencari tahu fakta yang ada.

Sama halnya dengan berita-berita hoax yang beredar di sosial media seperti grup WA atau di Facebook tanpa dicek valid atau tidaknya, sudah langsung share ke berbagai media lainnya. Kalau tidak disebarkan takut masuk neraka, Kalau tidak ketik Amin, tidak boleh masuk surga.

Selanjutnya, kalau kita balik ke tahun 2016. I Wayan Sumardana atau biasa dipanggil Tawan ini dijuluki sebagai Iron Man Indonesia karena berhasil menciptakan tangan robot yang dapat digerakkan dengan otak. Tawan yang bekerja sebagai tukang las, pada saat itu jatuh sakit dan menderita stroke ringan. Akibatnya, tangan kirinya lumpuh total.

Beberapa Contoh Orang - Orang Yang Mudah Tertipu Dengan Berita Yang Tidak Benar 5

beberapa waktu setelah dia merenung, dia sedikit kejang lalu tangan kirinya yang tadinya lumpuh ternyata bisa berfungsi dengan normal kembali berkat alat bantunya.

Beberapa Contoh Orang - Orang Yang Mudah Tertipu Dengan Berita Yang Tidak Benar 6

“Alat ini belum sempuran, tapi sudah lumayan membantu. Tanpa alat ini, saya sama sekali tidak bisa menggunakan tangan kiri”, ujar Tawan

Beberapa Contoh Orang - Orang Yang Mudah Tertipu Dengan Berita Yang Tidak Benar 7

Dia mendemonstrasikan bagaimana dia mengangkat beban seberat 10kg dengan tangan kiri yang seharusnya lumpuh itu.

“Tapi karena pakai sinyal otak, energi saya terkuras habis. Saya harus berkonsentrasi dan fokus pada benda yang mau diambil atau saat mengerjakan sesuatu. Kalau tidak fokus, susah”, sambungnya.

Beberapa Contoh Orang - Orang Yang Mudah Tertipu Dengan Berita Yang Tidak Benar 8

Dan menariknya, pria asal bali ini sempat menggemparkan seluruh media di indonesia. Mulai dari Kompas TV, CNN, Tibunnews, Detik, Liputan6, Tempo sampai blog berita amatiran semua mengulasnya. Soal YouTuber maupun sosial media jangan di tanya lagi.

Beberapa Contoh Orang - Orang Yang Mudah Tertipu Dengan Berita Yang Tidak Benar 9

Selain itu, bukan cuma Wartawan, tetapi Gubernur dan Pejabat setempat juga sempat berkunjung untuk melihatnya. Dan beberapa kampus juga mengunjunginya karena penasaran. Ada dari Dosen UGM, dan Universitas Udayana.

Beberapa Contoh Orang - Orang Yang Mudah Tertipu Dengan Berita Yang Tidak Benar 10
( foto : Tribun Bali )

“Saya tadi sempat mencoba. Memang ada power pada alat itu, cuma saya belum bisa mengerakkan alat itu. Di dalam alat itu ada yang namanya bass, sebagai penyimpan data. Yang mana penyimpan data itu merupakan sensornya. Energinya cukup sehingga bisa mengerakkan. Ini nanti mampu menginspirasi masyarakat Indonesia untuk merancang”, kata Dr. Gede Ary Subagya, Dosen Teknik Mesin Udayana.

“Seorang Wayan selaku individu dapat membuat alat bantu seperti itu hebat. Hasil buatan Tawan itu, sebenarnya masuk dalam kategori alat bantu karena tidak ada sistem kepintaran. Tetapi, meski begitu hal tersebut juga positif karena kreatif dan tepat guna,” Ujar Direktur Pusat Teknologi BPPT, Yudi Purwantoro di website resmi BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi).

Dan akhirnya setelah banyak orang menganalisa dan meragukan tangan robotnya ini, mulailah muncul hujatan-hujatan dari netizen. Jadi yang awalnya patriotik overproud nasionalisme tidak sudi merendahkan karya anak bangsa, akhirnya ramai-ramai menyerang. Masalahnya, sampai titik darah penghabisan, Tawan ini sama sekali tidak mau mengakui bahwa tangan robotnya itu adalah hoax.

“Sudah jangan diberitakan lagi. Nanti kalau diberitakan terus, orang-orang pintar yang di luar sana itu malah sakit hati sama saya. Saya ini bukan siapa-siapa. Saya ini orang bodoh,” ujar Tawan sambil tertawa.

Kemudian ada lagi contoh proyek banyu geni yang kira – kira 10 tahun lalu. Disitu orang heboh dan bangga ada peneliti indonesia yg bisa bikin bahan bakar dari air. Sampai Universitas muhamadiyah jogja rela mengeluarkana dana buat penelitian tersebut, kemudian viral beras plastik, Crackers yang bisa dibakar dan sebagainya.

Beberapa Contoh Orang - Orang Yang Mudah Tertipu Dengan Berita Yang Tidak Benar 11

Dan yang lucunya ada berita bahwa katanya anak durhaka yang dikutuk bisa menjadi ikan pari ternyata juga hanya berita hoax.

Karena itulah, dalam setiap membaca atau menerima berita kita perlu lagi untuk memahami, mencerna dan mencari tahu asal mula sumber kebenaran dari berita tersebut dan tidak tergesa – gesa untuk menyebarkannya.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments