Beberapa Faktor Pemicu Jerawat pada Wajah


Beberapa Faktor Pemicu Jerawat pada Wajah 1

Tau gak sih kalian kalau kulit kita ini memiliki lubang kecil bernama pori-pori atau folikel. Pori-pori ini dapat tersumbat minyak, bakteri, sel kulit mati, dan kotoran. Saat pori-pori tersumbat, jerawat bisa muncul di kulit. Jerawat biasanya muncul di wajah, dahi, dada, punggung atas, dan bahu. Jika wajah sudah berjerawat, hal apapun akan kita lakukan demi menghilangkannya.

Seperti menggunakan face wash yang memiliki kandungan untuk menghilangkan jerawat, masker, acne patch, dan hal-hal lainnya. Tapi tahukah kamu beberapa faktor yang menyebabkan jerawat baik itu faktor dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh? Contohnya adalah banyaknya mengkonsumsi makanan berminyak, mengkonsumsi makanan bermanis dan makeup yang tidak dibersihkan dengan benar.

Beberapa Faktor Pemicu Jerawat pada Wajah 3

Nah, siapa sih yang tidak tau dengan gambar diatas ini? Gorengan pasti menjadi cemilan favorit banyak orang. Rasanya yang enak dan kriuk ini pasti menggugah selera banget kan, tapi tau gak sih kalau gorengan adalah salah satu penyebab jerawat loh. Sebaiknya kurangi, atau bahkan hentikan, ya. Alasannya, makanan berminyak mengandung lemak trans, lemak jenuh, dan minyak yang dihidrogenasi. Lemak-lemak tersebut dapat menumpuk dalam sel tubuh dan menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga memicu komedo dan jerawat.

Tidak hanya gorengan, makanan junkfood pun salah satu makanan yang dapat menyebabkan jerawat loh. Dan sejauh ini banyak yang menganggap makanan pedas sebagai biang kerok jerawat, namun satu penelitian menunjukkan bahwa makanan pedas tidak berpengaruh pada jerawat. Justru makanan yang tinggi lemak dan garam yang berpengaruh pada munculnya jerawat.

Beberapa Faktor Pemicu Jerawat pada Wajah 4

Makanan manis, siapa sih yang bisa menolak jika ditawarkan permen, coklat atau makanan manis lainnya? Makanan manis ini juga biasa kita cemil jika sedang bermalas-malasan di rumah. Menurut penelitian, makanan yang mengandung gula dapat menyebabkan hilangnya antioksidan yang bertugas menjaga kesehatan kulit. Inilah yang menyebabkan kulit lebih rentan terserang infeksi bakteri, yang juga menyebabkan kulit meradang sehingga muncullah jerawat di wajah kita.

Dan mengkonsumsi makanan manis terlalu sering juga dapat memicu produksi hormon androgen loh. Dimana hormon ini adalah hormon yang dapat memicu kelenjar minyak untuk bekerja lebih keras. Sebagai akibatnya, produksi minyak akan sangat berlebih. Hal ini yang akhirnya membuat kotoran, debu dan bahan asing lebih mudah menempel dan menyumbat pori-pori kulit.

Selain itu, hormon androgen juga mempercepat produksi sel kulit baru yang menyebabkan penumpukan sel kulit mati pada lapisan kulit terluar. Alhasil. kulit juga akan terlihat kusam.

Beberapa Faktor Pemicu Jerawat pada Wajah 5

Bagi para kaum wanita pasti banyak sekali yang suka bermakeup untuk membuat wajah semakin cantik. Menggunakan full makeup dengan jangka waktu yang lama dan penggunaan setiap hari juga tidak bagus loh teman-teman. Memang pada dasarnya, makeup tidak menyebabkan jerawat, tapi makeup bisa memperparah jerawat atau membuat jerawat semakin meradang jika kita menggunakan makeup pada saat wajah kita berjerawat.

Terkadang ini adalah hasil dari pemakai makeup yang tidak menyadari bahwa kulit wajah mereka sensitif atau alergi terhadap bahan tertentu dalam kosmetik yang mereka gunakan. Beberapa bahan dalam produk makeup bersifat komedogenik, yang terkenal mampu menyumbat pori-pori. Minyak, pewarna, pewangi adalah bahan makeup yang paling umum menyebabkan jerawat.

Beberapa dari kita mungkin juga terbiasa memulas makeup langsung dengan tangan tanpa mencucinya terlebih dahulu, yang bisa memicu perpindahan bakteri dari tangan ke wajah. Atau mungkin kita pernah lupa untuk menghapus makeup setelah seharian beraktivitas di luar rumah, dan karena kecapean kita akan langsung tidur dan hal tersebut dapat menyumbat atau menghalangi pori-pori loh.

Meski kita sudah membersihkan makeup dan menurut kita sudah terasa bersih mungkin secara tidak sadar kita tidak benar-benar membilas bersih semua sisa makeup sepenuhnya.

Jadi jangan lupa atur pola makan dan membersihkan wajah dengan sebersihnya ya untuk menghindari wajah dari jerawat.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Puput Raja

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap