Beberapa Kesalahan yang Membuat Kita Dianggap Gagal sebagai Photographer


Beberapa Kesalahan yang Membuat Kita Dianggap Gagal sebagai Photographer 1

Mengambil photo saat sedang jalan-jalan merupakan keharusan. Semua orang pasti senang bila memiliki kenangan dari jalan-jalan, melalui photo. Sebab bisa jadi bukti kalau ia memang melakukan aksi petualangan tersebut. Sudah banyak cerita konyol terjadi hanya lantaran tak memiliki photo sebagai bukti. Seperti pendaki perempuan pertama Indonesia yang pergi ke Everest, Clara Sumarwati. Prestasi tersebut menjadi pertanyaan besar, hanya karena ia tak memiliki photo yang membuktikan kalau ia memang pernah berada di puncak gunung tertinggi dunia tersebut.

Photo juga menjadi catatan memori yang tak terkalahkan. Ada pepatah mengatakan, sebuah gambar mewakili ribuan kata-kata. Jadi bisa saja ratusan lembar kalimat-kalimat yang dibuat, bisa terwakili hanya dalam satu gambar photo saja.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah bagaimana sebenarnya membuat photo yang diinginkan? Bagaimana bila photo yang dibuat ternyata jelek? Satu-satunya cara cuma menjelaskan berbagai trik photografi yang menunjukan bagaimana sebuah photo dapat dikatakan gagal.

Melawan Matahari

Coba saja mengambil photo dengan cara melawan sinar matahari. Biasanya gambar di kamera akan terlihat gelap. Karena lensa tak mampu menyerap cahaya yang terlalu silau tersebut. Hasilnya bisa dikatakan pasti akan over light atau berwarna kebanyakan gelap.

Kalau anda melakukan teknik ini, sangat jelas dijamin gambar-gambar yang muncul bukan menampilkan wajah-wajah cerita kawan perjalanan anda. Namun wajah-wajah gelap yang menampilkan kesuraman. Setelahnya bisa dipastikan anda akan didepak dari jabatan photographer tim perjalanan.

Beberapa Kesalahan yang Membuat Kita Dianggap Gagal sebagai Photographer 3

Mengambil Gambar dari Belakang

Lucu kalau ada orang yang senang melihat gambar belakang tubuh orang. Mungkin juga ia psikopat yang mencintai bagian tubuh belakang seseorang. Sebab pada umumnya orang akan terlihat dari depan. Mau baik atau buruk, sedang kelelahan atau senang, terluka atau sedih, photo dari depan merupakan refleksi emosi dan peristiwa yang terjadi.

Maka usahakan photo seseorang dari belakang. Kalau perlu ambil gambar bokongnya saja. Maka jelas-jelas posisi sebagai perekam gambar di tim perjalanan juga akan terancam digusur.

Gambar Blur

Teknik gambar blur sebenarnya juga bisa dipraktekan untuk membuat posisi kita sebagai photographer dianggap tidak professional. Apalagi kalau blur yang diciptakan terjadi pada keseluruhan gambar. Sehingga photo yang tercipta akan terlihat buram semua, tak jelas.

Kalau teknik blur hanya disekeliling fokus utama, mungkin bisa dibilang indah. Kalau gambar sangat tak jelas semua, maka pasti akan terlontar pertanyaan. Gambar apa nih? Tinggal bilang ini photo bintang dilangit. Selesai, dan secepatnya anda akan dibuang dari posisi photographer.

Beberapa Kesalahan yang Membuat Kita Dianggap Gagal sebagai Photographer 4

Gambar Terpotong

Tiap gambar photo pasti memiliki fokus utama sebagai pusat. Fokus itu yang akan mengantarkan gambar pada cerita atau nilai yang akan disampaikan. Bisa berupa orang yang sedang mandi di sungai yang kotor, atau tentang satwa yang ingin ditampilkan.

Coba saja membuat gambar photo terpotong fokus utamanya. Seperti gambar panorama hutan yang luas, atau gunung yang terpotong setengah, atau kalau perlu seperempat saja. Bisa juga berupa gambar photo rombongan peserta jalan-jalan yang berdiri, dengan latar belakang rumah terpotong setengah. Bis juga gambar orang-orang dengan wajah setengah atau tiga perempat.

Yang ini jelas-jelas akan membuat posisi photographer dan kamera ditangan akan segera direbut oleh orang lain.

Bukan maksud artikel ini membuat anda menjadi seorang photographer yang gagal. Justru untuk menjadi photographer handal, anda bisa belajar dari berbagai penjelasan diatas. Jangan justru dijalankan, dan diamalkan sebaik-baiknya. Kecuali kalau anda memang sedang sakit hati pada objek photo yang sedang dituju. Bisa saja semua hal diatas dipraktekan. Maka misi balas dendam anda akan terkabulkan dengan sangat sukses.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

sulung

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap