Beberapa Suku di Indonesia Yang Terpinggirkan

Beberapa Suku di Indonesia Yang Terpinggirkan

Kita berada di , merupakan negara yang unik karena memiliki ribuan pulau, ribuan , dan ribuan bahasa. Namun sayang, kebijakan pembangunan sepertinya tidak berpihak dan mengancam kelestraian budaya asli . Akibatnya banyak asli yang terancam punah. Padahal tempat mereka terancam adalah daerah mereka sendiri yang mereka diami sejak turun temurun.

Lantas - apa saja yang saat ini terancam tersebut? Berikut beberapa dari mereka yang akan disampaikan di bawah ini.

Hutan 

Beberapa Suku di Indonesia Yang Terpinggirkan

Merupakan salah satu di Batam. Mereka terancam punah karena kurang mendapat perhatian. Pada tahun 1970-an, ada 70 kepala keluarga atau 150 jiwa hutan yang mendiami pulau Rempang di Batam. Kini, jumlahnya hanya 13 jiwa dari 8 kepala keluarga. Menurut anak sesorang sesepuh mengatakan, kalau penyebab ini hampir punah karena kebiasaan yang pindah keluar daerah dan tidak kembali lagi setelah berada di rantau. Selain itu, kebiasaan hutan yang gemar minum tuak menyebabkan mereka jatuh sakit dan meninggal.

Baca juga  Dayak Pitap, Satu Dari Sekian Sub Etnis Dayak di Kalsel

Suku Mentawai

Beberapa Suku di Indonesia Yang Terpinggirkan

Merupakan suku kuno yang berada di kepulauan Mentawai bagian dari wilayah sumatera Barat dan utara. Asal-usulnya yang misterius menjadi perdebatan di kalangan peneliti. Ada yang berpendapat bahwa suku ini termasuk dari bangsa polinisesa ada pula yang mengatakan suku ini berasal dari bangsa proto-malaya atau melayu tua. Tempatnya yang terisolasi membuat budayanya sangat berbeda dengan dengan suku-suku yang ada di dekatnya.

Sejak masuknya orang luar dan seiring perkembangan zaman, suku mentawai sudah berada pada generasi akhir karena banyaknya anak-anak suku mentawai yang tidak mengikuti budaya tradisional yang telah ditanamkan oleh para leluhurnya.

Suku Togutil

Beberapa Suku di Indonesia Yang Terpinggirkan

Adalah suku yang mendiami hutan Halmahera yang terancam punah akibat aktivitas pertambangan. Suku Togutil sendiri merupakan komunitas etnis dimana hidup mereka berpindah-pindah di hutan mereka tinggal di hutan Totodoku dan hutan Lolobata. Menurut Wahana Lingkungan Hidup , jika perusahaan penambang terus menambang di kawasan hutan, maka suku terpencil ini akan terancam punah.

Baca juga  5 Hal Yang Menandakan Bahwa Kamu Masih di Indonesia

Karena area tersebut merupakan sumber kehidupan mereka. Kerusakan habitat suku Togutil merupakan bentuk pelanggaran hak azasi manusia.

Suku Sakai

Beberapa Suku di Indonesia Yang Terpinggirkan

Merupakan suku asli yang berada di provinsi Riau, mereka dikenal hidup nomaden atau suka berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Sesuai dengan arti namanya, Sakai, yang berarti anak-anak negeri, yang hidupnya di sekitar sungai. Mata pencaharian suku ini pun bersumber dari hasil kekayaan yang ada di sungai, yakni ikan. Banyak masyarakat yang beranggapan suku Sakai jauh dari kemajuan sehingga mereka diremehkan bahkan dianggap rendah.

Kini suku Sakai sendiri sudah sangat sedikit populasinya bahkan terancam punah. Penyebabnya ialah karena tanah yang di tinggali mereka yang kaya akan minyak, dan hutannya pun rimbun dengan jutaan pohon. Banyak orang yang kemudian mengekpoitasinya secara berlebihan. Kini suku Sakai sudah tidak memiliki ruang untuk hidup. Sistem kebijakan yang diterapkan oleh negara justru membuat suku ini terasing dari tanah leluhur mereka.

Baca juga  5 Etika yang Perlu Diperhatikan Saat Mengunjungi Suku Badui

Suku Rimba

Beberapa Suku di Indonesia Yang Terpinggirkan

Keberadaan mereka di Jambi terancam punah akibat hutan yang digunakan sebagai tempat tinggal telah dijadikan kawasan perusahaan. Bahkan tidak jarang dari mereka justru terpaksa harus lari dari wilayah yang sudah mereka tempati selama turun temurun. Keberadaan mereka saat ini semakin menurun. Terlebih sejak adanya kawasan sebuah perusahaan di kawasan hutan harapan.

Sejak tahun 2006 masyarakatnya yang sebelumnya ada ratusan kepala keluarga harus meninggalkan kampung halamannya akibat kawasan mereka yang masuk ke dalam konsesi perusahaan tersebut. Orang rimba merupakan salah satu komunitas terasing di provinsi Jambi. Mereka terbagi ke dalam berbagai macam-macam suku tergantung daerahnya. Pemerintah setempat memutuskan menyebut mereka dengan sebutan suku anak dalam.

Demikian beberapa suku-suku yang keberadaannya kian terpinggirkan karena perkembangan zaman yang beberapa darinya tidak berpihak kepada mereka. Semoga pemerintah setempat bisa membuat kebijakan yang seharusnya tidak membuat keberadaan mereka tergerus dan terpinggirkan.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

El-Pedia