Bedanya Olahraga Pagi dan Sore, Ini Efek Kesehatannya Untuk Tubuh


Bedanya Olahraga Pagi dan Sore, Ini Efek Kesehatannya Untuk Tubuh 1

Bagi setiap orang mempunya preferensi masing – masing apakah lebih baik olahraga itu dilakukan pada saat pagi hari atau sore hari. Kebanyakan orang mengetahui bahwa olahraga pagi itu lebih baik, namun sebagian orang yang melakukan aktifitas kerja di pagi hari tidak sempat untuk berolahraga pagi dan memilih untuk berolahraga pada sore hari. Yang katanya, Berolahraga di sore hari juga membawa efek kesehatan pada tubuh.

Bedanya Olahraga Pagi dan Sore, Ini Efek Kesehatannya Untuk Tubuh 3

Tapi, manakah menurut kamu yang lebih baik ? Sebenarnya baik olahraga di pagi hari atau sore hari tidak ada bedanya karena masing – masing memiliki efek kesehatan tersendiri. Tetapi, menurut penelitian yang dilakukan di University of Copenhagen The Faculty of Health and Medical Sciences, menemukan bahwa olahraga di pagi hari dan sore hari memiliki efek kesehatan untuk tubuh yang berbeda – beda.

Berolahraga di pagi hari mampu meningkatkan respon metabolisme tubuh ke otot, sedangkan kalau berolahraga pada sore hari mampu meningkatkan energi yang ada di dalam tubuh untuk nantinya di simpan dan digunakan dalam jangka waktu yang panjang saat melakukan aktifitas.

Bedanya Olahraga Pagi dan Sore, Ini Efek Kesehatannya Untuk Tubuh 4

Bisa disimpulkan bahwa, olahraga pagi adalah waktu yang sangat baik untuk membentuk otot tubuh dan memperbaiki metabolisme tubuhmu, sedangkan untuk olahraga sore sangat baik jika kamu ingin menambah stamina dan kekebalan tubuhmu sehingga saat melakukan aktifitas kamu tidak akan cepat merasa lelah.

Menurut penelitian bahwa perbedaan antara olahraga pagi dan sore ini disebabkan oleh jam ritme sirkardian tubuh, yaitu proses alami yang mempengaruhi di dalam tubuh saat melakukan aktifitas untuk mengatur jam – jam biologis pada tubuh. Peneliti, Jonas Thue Treebak mengatakan olahraga pagi merangsang gen dalam sel otot sehingga mampu menjaga metabolisme tubuh seperti gula dan lemak.

Jadi, tak perlu khawatir jika kamu ingin berolahraga pagi tapi tidak punya waktu untuk itu, bisa kamu lakukan pada sore hari. Karena olahraga pagi dan sore sama – sama memberi efek kesehatan bagi tubuh dan semuanya kembali lagi kepada diri kita masing – masing. Semoga bermanfaat !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap