Begini 6 Cara Menimbang Berat Badan yang Benar

Begini 6 Cara Menimbang Berat Badan yang Benar

Mungkin sebagian orang agak sensitif dengan aktivitas menimbang . Terutama bagi wanita, menimbang berat sendiri kadang dihantui oleh bisikan sejauhmana badannya telah melar dan beranjak gemuk.

Sebenarnya aktivitas ringan ini sangat berguna sekali sebagai peringatan dini. Pasalnya, tubuh memiliki berat yang sebaiknya ditaati agar tidak muncul risiko kesehatan.

Saat ini orang dengan berat berlebih seperti kena cela. Jika ditengok dari sisi kesehatan, berat di atas ambang wajar () diketahui menjadi pemicu hadirnya banyak penyakit. Paling memungkinkan yaitu tingginya kadar kolesterol dan hipertensi.

Lemak tubuh sebagian menjadi plak dalam pembuluh darah dan membuat aliran darah menjadi tidak lancar. Sementara itu, tekanan darah ikut naik. Orang yang memiliki masalah biasanya tidak lepas dari masalah kardiovaskular seperti ini. Padahal kolesterol tinggi dan hipertensi menjadi pencetus serangan jantung koroner dan stroke.

Baca juga  5 Cara untuk Membantu Anak Anda Menerima Berat dan Tipe Tubuh Mereka!

Begini 6 Cara Menimbang Berat Badan yang Benar

Sebenarnya masih banyak risiko kesehatan lainnya. Misalnya munculnya diabetes, osteroarthritis, dan sebagainya. Oleh karena itu, kontrol berat dengan selalu menimbang berat dengan rutin. Lakukan gaya hidup untuk mengurangi risiko kesehatan tersebut.

Namun dalam menimbang berat , ada aturan yang mesti diperhatikan agar pembacaan angkanya benar. Berikut adalah langkah-langkah menimbang berat yang benar.

1. Jika menimbang secara rutin, tempatkan timbangan pada tempat yang sama saat mengukur

Pasalnya setiap tempat memiliki tekanan udara, kelembaban, sampai gaya gravitasi yang berlainan. Ini mempengaruhi pengukuran.

Baca juga  Sedang Jalani Diet? Ini 6 Hal Yang Harus Diperhatikan Demi Diet Sukses

2. Pakai timbangan yang sama setiap kali menimbang

Begini 6 Cara Menimbang Berat Badan yang Benar

Setiap timbangan memiliki ketepatan yang berbeda. Sebab, pada setiap timbangan punya masa kalibrasi berlainan. Untuk membuktikannya hal ini, Anda bisa menimbang dengan dua alat yang berbeda. Biasanya akan ada sedikt selisih. Jadi, jangan ganti timbangan saat mengukur berat .

3. Mengukur di waktu yang sama

Jika sebelumnya Anda mengukur pada siang hari, maka sebaiknya pengukuran selanjutnya juga pada waktu yang sama. Sementara itu, waktu yang tepat untuk menimbang adala pagi hari setelah bangun pagi. Dan, penimbangan secara rutin ada baiknya dikerjakan satu minggu sekali.

4. Mengenakan baju yang sama

juga dipengaruji oleh pakaian yang dipakai. Sehingga, bila melakukan pengukuran secara rutin, selalu gunakan pakaian dengan jenis yang sama. Misalnya kaos dalam dengan celana boxer. Dengan cara ini Anda akan melihat berat riil dengan lebih tepat.

Baca juga  Gimana Cara Turun Berat Badan Dalam Waktu Seminggu ?

5. Hindari bergerak terlalu sering

Begitu naik di atas timbangan, usahakan tidak banyak goyang. Pembacaan jarum sangat dipengaruhi oleh goyangan badan. Ambil sikap tenang sembari membaca jarum timbangan.

6. Mencatat hasil pengukuran secara kontinyu

Bagi yang sedang menjalankan , hal ini sangat penting. Membandingkan hasil penimbangan minggu lalu dengan sekarang, bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan terhadap rencana selanjutnya.

Demikian 6 yang benar, agar memberikan hasil yang akurat. (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan