Belajar Dengan Efisien Menggunakan Teknik ‘Podomoro Study’

Belajar Dengan Efisien Menggunakan Teknik 'Podomoro Study' 1

Susah berkonsentrasi saat belajar atau mengerjakan tugas ? Merasa kurang efisien saat belajar atau mengerjakan tugas sendirian ? 

Nah ada nih cara buat kalian bernama teknik Podomoro Study. Teknik ini telah digunakan selama lebih dari 20 tahun dan efektif. Teknik ini dikembangkan oleh Francesco Cirillo di tahun 1980.

Teknik ini membagi waktu belajar menjadi 25 menit dan terdapat jeda waktu istirahat selama 5-10 menit di setiap sesinya. Waktu belajar 25 menit inilah yang disebut Podomoro atau Tomat dalam bahasa Italia. 

Mengapa Tomat ? Karena timer yang digunakan pertama kali oleh Francesco Cirillo untuk belajar berbentuk tomat.

Teknik belajar ini dilakukan dengan menggunakan jeda waktu. Sehingga tugas yang besar juga di bagi-bagi menjadi tugas yang lebih kecil sehingga lebih efektif. Alasan mengapa tugas perlu dibagi-bagi adalah untuk mengurangi rasa takut seseorang dalam belajar atau mengerjakan tugas mereka.

Bagaimana teknik ini dilakukan ?

1. Tentukan waktu kalian ingin belajar atau mengerjakan tugas lalu bagi menjadi beberapa bagian. Misal selama satu jam atau 2 jam.

2. Siapkan materi atau tugas yang akan dikerjakan atau di pelajar. Akan lebih baik jika materi yang dipersiapkan sudah di pisah-pisah terlebih dahulu sehingga dalam satu sesi podomoro tugas atau belajar telah mencapai target.

3. Pasang alarm atau timer menjadi 25 menit lalu mulailah belajar atau mengerjakan tugas. Sehingga jika memilih 1 jam, kalian dapat melakukannya selama 4 kali.

Mengapa 25 menit ? Karena 25 menit tidak cukup lama untuk menunda atau tidak terlalu sebentar untuk mengerjakan tugas. Intinya tidak terlalu lama. 25 menit juga akan menciptakan rasa urgensi atau keperluan yang harus di selesaikan.

4. Usahakan untuk tidak terganggu selama waktu 25 menit ini. Jika tidak benar-benar penting sebaiknya jangan teralihkan. 

Jika perlu, matikanlah notifikasi handphone atau sedikit jauhkan handphone kalian.

5. Setelah 25 menit, ambil lah istirahat selama 5-10 menit. Rilekslah terlebih dahulu, minum air, melakukan perenggangan, menelfon atau menjawab pesan. 

6. Setelah itu, lakukanlah beberapa kali lagi. Jika sudah melakukan 25 menit selama 4 kali, ambillah istirahat panjang 20-30 menit. Hal ini untuk mengistirahatkan otak sehingga tidak akan terlalu lelah.

Jika tugas atau latihan selesai sebelum interval waktu podomoro (25 menit) ini selesai. Lakukan review, membaca materi lain atau menyiapkan materi untuk waktu belajar berikutnya. 

Teknik ini dapat dilakukan selama sesi belajar atau mengerjakan tugas. Teknik ini bisa dilakukan selama 8 jam sehari atau kurang.

Teknik Podomoro Study ini sudah banyak di lakukan oleh orang-orang dan cukup efektif. Karena jangka waktu dalam podomoro study tidak terlalu lama atau terlalu singkat sehingga tidak akan merasa kelelahan. Selain itu, dengan seringnya melakukan teknik ini akan meningkatkan konsentrasi dan akan lebih rajin tanpa takut dan malas mengerjakan tugas.

Saran lain, jika teknik ini sedikit sulit dilakukan sendiri, maka cobalah untuk membuka YouTube dan mencari siswa atau pekerja yang melakukan ‘Study With Me’. Cara ini cukup ampuh karena kita bisa terfokus dengan melihat orang lain juga fokus dengan pekerjaannya. Tren ini juga cukup banyak dilakukan oleh orang-orang, karena atmosfir yang berbeda akan menciptakan perasaan belajar yang berbeda pula.

Sekian informasi yang bisa diberikan, semoga kalian yang kesulitan belajar bisa fokus belajar dengan teknik baru ini. Good Luck!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.